Cara Merancang Budidaya Tanaman Pangan

42973 views

Cara merancang budidaya tanaman pangan itu bagaimana sih ? Makanan dan manusia adalah dua komponen yang saling berkaitan erat. Manusia sudah barang tentu membutuhkan makanan setiap harinya bagi tubuh. Makanan juga sebagai sumber energi. Untuk itu, tanaman pangan menjadi kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup manusia. Tanaman pangan sendiri memiliki banyak jenis. Baik itu sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, jenis kacang dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Baca juga = tanaman buah yang menguntungkan

Karena perannya tersebut membuat budidaya terhadap tanaman pangan terus dilakukan. Dalam menjalankannya, pasti diperlukan adanya suatu rancangan budidaya tanaman pangan. Kira-kira apa saja langkahnya ? Berikut penjabarannya :


Cara Merancang Budidaya Tanaman Pangan


  • Pemilihan Jenis Tanaman

Tahap pertama cara merancang budidaya tanaman pangan yakni pemilihan jenis tanaman yang akan dibudidayakan. Hal tersebut pastinya dengan memperhatikan berbagai faktor seperti keberhasilan akan budidaya tanaman pangan. Keberhasilan bisa didapatkan dengan adanya faktor penunjang yakni kondisi tanah, iklim yang meliputi temperatur, cahaya matahari, kadar karbon dioksida yang ada di udara, kelembaban udara yang relatif, polutan, kecepatan angin serta zona pengakaran.

cara merancang budidaya tanaman pangan (budidaya kentang)

Budidaya Tanaman Pangan Kentang

Berbagai faktor penunjang tersebut perlu dipertimbangkan dengan teliti. Curah hujan harus dalam pertimbangan yang matang karena setiap jenis dari tanaman pasti mempunyai kebutuhan air juga kelembaban yang berbeda. Ada pada beberapa jenis tanaman yang apabila terkena hujan justru akan menyebabkan bunga rontok.

Perhatikan suhu udara, pada sebagian tanaman membutuhkan suhu udara yang lembab dan sebagian yang lain justru membutuhkan suhu hangat untuk pertumbuhannya. Pemilihan jenis tanaman juga disesuaikan dengan kondisi tanah juga iklim yang terdapat pada lokasi untuk melakukan budidaya tanaman. Sehingga bisa diketahui dengan benar jenis tanaman apa yang memiliki potensi bagus untuk dikembangkan pada lokasi yang sudah ditentukan.

  • Perencanaan Proses Budidaya
cara budidaya tanaman pangan kentang

budidaya tanaman pangan kentang di lahan

Seusai melewati berbagai proses penelitian meliputi iklim, kondisi tanah, potensi tanaman pangan pada lokasi tersebut, peluang pengolahan dan peluang pasar sehingga memperoleh keputusan. Setelah memutuskan jenis tanaman yang dipilih untuk dibudidayakan, tahapan cara merancang budidaya tanaman pangan berikutnya adalah merancang proses budidaya tanaman. Langkahnya yakni dimulai dari menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk media tanam hingga proses panen. Rancangan dibuat secara detail, meliputi sarana, waktu serta berbagai proses yang mesti dilakukan. Tahapan dilakukan secara matang terhadap setiap detailnya sehingga bisa mencapai target yang diinginkan.

  • Pelaksanaan dan Evaluasi pada Budidaya Tanaman Pangan

cara mendesain budidaya tanaman pangan kentang

Pada setiap proses budidaya tanaman yang sudah ditentukan, mulai dari penyemaian bibit, penanaman, perawatan hingga panen sebisa mungkin pelaksanaanya disesuaikan dengan rencana yang sudah dirancang. Kemudian lakukan juga pengamatan secara berkala pada perkembangan tanaman pada setiap prosesnya. Sebagai bahan evaluasi, pengamatan yang dilakukan dengan membuat laporan tertulis. Sehingga dapat mempermudah dalam mengevaluasi baik dari pertumbuhan hingga masalah yang dialami tanaman. Pencatatan secara berkala tentang proses pertumbuhan tanaman. Dan hasil dari evaluasi bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki perancangan budidaya yang selanjutnya. Selain itu, cara merancang budidaya tanaman pangan ini juga bisa digunakan sebagai dasar dalam melakukan penanganan terhadap masalah yang dihadapi.

Baca juga = cara mudah menanam sayuran di lahan yang sempit

Rancangan dalam budidaya tanaman pangan ini tentu sangat diperlukan, ini agar dapat berjalan secara terorganisir. Kemudian untuk meminimalisir kerugian akibat adanya berbagai masalah. Bagi setiap orang tentu mendambakan keberhasilan akan budidaya tanaman pangannya. Semoga setiap pemaparan setiap tahapan tentang bagaimana cara merancang budidaya tanaman pangan ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang ingin bercocok tanam.

Dalam keberhasilan bercocok tanam, tentunya ditentukan oleh banyak faktor yang harus dipahami dan dipraktekkan dengan tepat. Kesabaran serta keuletan juga diperlukan terutama untuk menghadapi setiap masalah maupun kendala yang dihadapi dalam budidaya tanaman pangan atau yang lainnya. Baca juga ciri khusus tumbuhan putri malu dan fungsinya.