Cara Menanam Tomat Hidroponik

65058 views

Cara Menanam Tomat Hidroponik

Langkah pertama cara menanam tomat hidroponik

Sebagai langkah awal adalah menyemai benih tomat. Lakukan dengan bantuan cocopeat agar hasil tanamannya nanti akan lebih bagus. Lakukan perawatan yang baik pada bibit tersebut hingga siap untuk dipindahkan atau sampai tumbuh daun (bibit berumur sekitar 21 sampai 28 hari).

Langkah kedua cara menanam tomat hidroponik

Apabila tomat dirasa sudah siap untuk dipindahkan, maka pindahkan bibit tomat yang sudah tumbuh daun tersebut pada gelas plastik yang sebelumnya sudah  disiapkan. Lakukan tahapan pemindahan ini dengan perlahan dan sangat hati-hati, agar akar benih tomat tidak sampai rusak apalagi hingga putus. Untuk menghindari hal buruk tersebut terjadi, ketika proses pemindahan gunakan garpu, kemudian benih tomat tersebut rendam di air selama beberapa waktu. Setelah itu lakukan gerakan menggoyang-goyangkan sampai cocpeat tidak ada yang menempel.

ilustrasi menanam tomat hidroponik

Ilustrasi Menanam Tomat Hidroponik

Langkah ketiga cara menanam tomat hidroponik

Setelah langkah kedua berjalan dengan baik, kini benih tomat tersebut dimasukkan ke dalam gelas plastik. Pada tahapan ini gunakan bantuan busa untuk menjepit tanaman tomat. Lalu masukkan akar dari tanaman tomat dengan pelan  ke dalam botol plastik (plastik dipotong terlebih dahulu).

Langkah keempat cara menanam tomat hidroponik

Langkah selanjutnya yakni memasukkan gelas plastik ke polybag. Sebelumnya polybag diisi pasir, terlebih dulu buat pembuangan air pada polybag dengan cara melubangi dasar polybag. Usahakan jangan sampai semua akarnya masuk ke dalam pasir. Hal ini dilakukan agar ada sedikit ruang untuk tanaman bisa bernafas.

Baca juga : Pengertian Tanaman Hidroponik

Langkah kelima cara menanam tomat hidroponik

Semakin bertambahnya hari, tentunya tomat akan semakin besar. Dan memungkinkan media plastik tidak lagi cukup untuk menampungnya. Oleh karena itu, anda bisa memindahnya ke dalam pipa yang besar.

Langkah keenam cara menanam tomat hidroponik

Gantilah busa yang ada di botol plastik dengan pasir. Tujuannya agar menjadi semakin berat juga bisa tumbuh dengan lebih subur.

Langkah ketujuh cara menanam tomat hidroponik

Lubangi pipa bagian atas untuk tempat gelas plastik, dan sisakan satu lubang yang akan dimanfaatkan untuk mengisi air. Kemudian bagian samping yang satunya sebagai pembuangan air. Sebelumnya lakukan uji coba menggunakan air, pastikan drainasenya lancar

Langkah Terakhir cara menanam tomat hidroponik

Langkah terakhir adalah tahapan perawatan hingga tomat tumbuh besar dan menghasilkan buah. Anda juga perlu memidahkan tomat ke lokasi lain yang bisa terkena sinar matahari secara langsung ketika tomat mulai tumbuh besar. Siramlah tomat secara teratur.