Cara Menanam Tomat Dengan Cara Hidroponik

48151 views

Metode menanam hidroponik semakin digemari saja.Tidak hanya dapat digunakan untuk menanam sayur-sayuran, cara hidroponik juga dapat digunakan untuk menanam tanaman yang memiliki buah. Karena semakin banyak yang kepincut dengan cara menanam yang satu ini, tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang mencari cara menanam tomat dengan cara hidroponik.

Cara hidroponik juga tidak sesulit yang dibayangkan.Anda yang awalnya berpikir menanam dengan cara hidroponik rumit dan membutuhkan alat-alat yang mahal, sebaiknya menghilangkan pemikiran tersebut. Menanam dengan menggunakan cara hidroponik bahkan dapat menggunakan barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi di rumah anda.Yang penting adalah anda memiliki kemauan.Dan cobalah dahulu dengan tanaman-tanaman yang sudah banyak ditanam, seperti menanam tomat.

Cara Menanam Tomat Dengan Cara Hidroponik

Cara Menanam Tomat Dengan Cara Hidroponik

Berikut adalah cara menanam tomat dengan cara hidroponik yang sangat mudah untuk anda praktekkan di rumah.


Cara Menanam Tomat Dengan Cara Hidroponik


Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Polybag yang berdiameter 30 cm dan tinggi 50 cm
  • Pipa dengan ukuran yang lumayan besar
  • Kotak kayu
  • Sekop
  • Gelas plastik, bisa berupa gelas plastik dari minuman yang biasa dan beli. Jangan lupa anda lubangi terlebih dahulu
  • Pasir untuk menggantikan tanah sebagai media menanam.
  • Bibit tomat yang masih berupa biji.

Baca JugaCara Menanam Tomat Hidroponik

Cara Menanamnya :

  • Cara menanam tomat dengan cara hidroponik pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bibit tomat dengan menyemainya terlebih dahulu. Proses penyemaian yang dianjurkan dengan menggunakan cocopeat agar hasilnya lebih maksimal. Bibit akan siap setelah dirawat kurang lebih selama 22 hingga 28 hari tergantung keadaan bibitnya.
  • Jika anda merasa bibit anda sudah siap untuk ditanam, pindahkan bibit tomat yang sudah siap tersebut ke dalam gelas plastik yang sudah anda persiapkan sebelumnya, dan gunakan busa sebagai penjepit. Untuk memindahkannya anda harus sangat berhati-hati, ini agar bibit tomat anda tidak rusak dan ada akarnya yang patah. Jika bibit anda rusak sebaiknya jangan digunakan, karena nanti hasilnya tidak akan maksimal.Gunakanlah garpu yang juga sudah anda siapkan untuk meminndahkannya, untuk membersihkan bibit dari cocopeat, anda bisa memasukkannya ke dalam air terlebih dahulu, lalu menggoyangkannya perlahan.
  • Masukan gelas plastik ke dalam polybag yang sudah anda isi dengan pasir. Perhatikan agar akar tomat tidak masuk seluruhnya ke dalam pasir, ini agar masih ada ruang untuk bernafas.
  • Jika pohon tomat anda sudah semakin tumbuh membesar dan plastik yang anda gunakan sudah tidak mampu untuk menampungnya, sudah saatnya anda untuk memindahkannya lagi ke pipa yang cukup besar yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk mengganti busa pada gelas plastik yang sebelumnya dengan pasir, ini agar lebih subur dan lebih berat.
  • Lubangi dahulu pipa anda pada permukaannya untuk tempat anda meletakkan gelas plastik, dan sisakan satu lubangnya untuk tempat anda mengisi air nutrisi. Dan pada ujung satunya, anda juga membuat lubang untuk sebagai tempat pembuangan air. Lakukan pengujian dahulu untuk mengetahui aliran air anda berjalan lancar atau tidak.
  • Setelah anda memindahkannya, anda hanya perlu merawatnya sampai besar dan menghasilkan buah. Perhatikan intensitas cahaya yang diterima tomat, ini agar buahnya bagus. Berikan tomat air nutrisi yang baik secara teratur dalam jangka waktu tertentu. Dan beberapa saat lagi tomat anda akan siap dipanen.

Itulah cara menanam tomat dengan cara hidroponik yang bisa anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga cara menanam sayuran hidroponik sederhana.