Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

23679 views

Bagi Anda yang ingin mencoba menanam tomat namun tidak memiliki lahan, jangan khawatir, karena Anda dapat menanamnya di polybag. Berikut ini adalah beberapa cara menanam tomat dalam polybag yang bisa anda lakukan.

Dalam menanam tomat di polybag, sebenarnya tidak memerlukan keahlian yang khusus, karena perawatan tanaman ini tidaklah rumit. Cara menanam tomat dalam polybag yang pertama adalah dengan menyiapkan bahan bahan, seperti bibit tomat ataupun tomat yang sudah tumbuh, kemudian media berupa tanah dan polybag, bila perlu Anda dapat menggunakan pupuk.

Isi polybag menggunakan tanah hingga penuh, kemudian tanam tomat hingga setengah polybag untuk akarnya, supaya tanaman tersebut kuat dan tidak mudah roboh apabila sudah tumbuh besar. Kemudian tutup bagian tomat yang belum terkena tanah. Setelah itu siram menggunakan air secukupnya tidak boleh berlebihan.

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

Sedangkan cara menanam tomat dalam polybag dengan bibit atau biji, Anda cukup meletakkan biji tersebut ke dalam tanah, namun jangan terlalu dalam atau hingga setengah polybag. Tutup sedikit menggunakan tanah dan siram dengan air sedikit saja.

Polybag dapat Anda letakkan di tempat yang cukup akan sinar matahari, dan jauhkan apabila terjadi hujan yang lebat. Karena hujan dapat membuat tanaman tomat menjadi hancur, sehingga akan membuatnya mati atau pertumbuhannya terganggu. Anda juga dapat menyiram tanaman tomat pada saat pagi atau sore hari, namun dalam jumlah air yang sedikit, jangan terlalu banyak. Karena apabila anda menyiram menggunakan air dalam jumlah banyak, justru akan membuat tanaman menjadi mati.

Cara menanam tomat dalam polybag juga harus memperhatikan proses penyinaran tanaman, karena tanpa sinar tanaman atau tumbuhan tidak dapat berfotosintesis. Penyinaran juga dapat andalakukan tanpa menggunakan sinar matahari. Anda dapat melakukan penyinaran tanaman menggunakan sinar lampu. Sinar lampu sebenarnya juga dapat mengganti sinar matahari saat tanaman atau tumbuhan sedang melakukan proses fotosintesis. Dengan proses penyinaran yang baik, maka akan membuat proses fotosintesis menjadi berhasil,sehingga akan membuat tanaman tumbuh subur.

Baca Juga = Cara Menanam Tomat Hidroponik

Semua orang yang menanam tanaman pasti menginginkan tanamannya tumbuh subur. Karena itu andadapat membantunya dengan proses penyinaran serta penyiraman yang cukup. Sebetulnya cara menanam tomat dalam polybag tidaklah rumit, asalkan anda mau melakukannya. Oleh karena itu anda harus sedikit melakukan pengorbanan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca Juga = Cara Menanam Tomat Dengan Cara Hidroponik

Dalam menanam tomat, anda dapat menggunakan polybag dengan ukuran berbagai macam. Karena polybag tersedia dengan ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar, tinggal anda menyesuaikan dengan ukuran tanaman tomat yang akan ditanam. Apabila Anda perlu atau ingin menggunakan pupuk juga boleh boleh saja. Namun penggunaan pupuk dianjurkan untuk menggunakan pupuk yang alami. Karena pupuk yang alami akan membuat tanaman tumbuh subur tanpa memberikan efek yang negatif lainnya. Pupuk alami dapat anda peroleh dari kotoran hewan maupun pupuk kompos dari dedaunan.

Baca Juga = Manfaat Jus Tomat Campur Wortel

Sebenarnya banyak sekali alternatif bagi anda untuk menggunakan pupuk yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Hindari juga penggunaan pestisida saat Anda menanam tomat. Karena pestisida dapat menempel pada tomat, dan apabila saat hendak di konsumsi lalu tidak di bersihkan dengan baik, maka dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan bagi yang konsumsinya. Oleh karena itu, seminim mungkin anda hindari penggunaan pestisida. Karena pestisida dapat membahayakan kesehatan apabila masuk ke tubuh dalam jangka panjang.

Demikianlah cara menanam tomat dalam polybag dan beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.