Cara Menanam Tanaman Aquascape

77712 views

Cara menanam tanaman aquascape tidak semudah menanam tanaman di daratan. Karena dengan aquascape anda membutuhkan cara cara khusus, supaya tanaman yang anda tanam dapat tumbuh subur di dalam air. Sekarang sudah banyak orang yang menanam tanaman aquascape, karena memiliki keindahan sendiri ketika dipandang. Dengan aquascape, maka akuarium akan menjadi lebih segar dan hidup. Bagi Anda yang ingin menanam tanaman aquascape, berikut adalah cara menanam tanaman aquascape yang bisa anda lakukan :

Pertama Adalah Dari Unsur Akuarium Itu Sendiri

Sebenarnya menanam tanaman di akuarium dapat dilakukan dengan akuarium ukuran apapun. Namun jika anda menggunakan akuarium dengan ukuran yang sedikit lebih besar, maka akan membuat tanaman leluasa untuk tumbuh.Sehingga akan menjadi keindahan tersendiri. Namun apabila Anda ingin menggunakan akuarium dengan ukuran yang sedikit lebih kecil, boleh-boleh saja, tinggal anda mencari tanaman aquascape dengan ukuran yang lebih kecil.

Cara Menanam Tanaman Aquascape

Kedua Yaitu Memperhatikan Airnya

Untuk airnya anda dapat menggunakan air seperti kran ataupun air bersih lainnya. Asalkan air yang digunakan tidak mengandung limbah, maka air tersebut aman untuk ditanami tanaman aquascape. Air merupakan unsur terpenting dalam menanam tanaman aquascape, karena itu anda harus mengatur penggunaan air sebaik mungkin.

Baca Juga = Ekosistem Budidaya Tanaman Hias

Ketiga Yaitu Pompa Air

Kemudian perlu juga adanya pompa air. Dengan pompa air, maka sirkulasi udara yang ada di akuarium akan menjadi lancar. Khususnya sirkulasi udara yang dibutuhkan oleh tanaman yang akan ditanam. Pompa air memang sangat dibutuhkan sebenarnya dalam akuarium, karena apabila tidak menggunakan pompa air,tanaman yang hidup di akuarium akan cepat mati, karena sirkulasi udaranya tidak lancar.

Cara Menanam Tumbuhan Pada Aquascape

Cara Menanam Tumbuhan Pada Aquascape

Cara Menanam Tanaman Aquascape Yang Selanjutnya Yaitu Suhu Air

Suhu air juga harus diperhatikan, tanaman aquascape akan lebih baik tumbuh di suhu yang sejuk. Namun masih juga bisa tumbuh di suhu yang sedikit tinggi, misalnya berkisar antara 30 derajat Celsius. Dengan suhu yang pas, maka tanaman aquascape dapat tumbuh dengan subur.

Unsur Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting sekali apabila anda ingin menanam tanaman aquascape. Karena pencahayaan atau sinar dibutuhkan untuk proses fotosintesis tanaman tersebut. Dengan fotosintesis yang baik, maka tanaman akan cepat tumbuh dan subur. Pencahayaan yang tepat akan membuat tanaman aquascape tumbuh dengan baik. Pencahayaan dapat menggunakan lampu dengan ukuran watt skala kecil. Namun akan lebih baik jika pencahayaan dalam skala besar, karena dengan pencahayaan besar akan mempercepat proses fotosintesis tanaman, sehingga akan menjadi subur.

Baca Juga = Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan

Berikutnya Yaitu Pupuk

Saat menanam tanaman aquascape, Anda dapat menggunakan pupuk ataupun tidak. Namun apabila Anda ingin menggunakan pupuk, jangan sampai pupuk yang digunakan akan membahayakan keselamatan tanaman yang hidup di akuarium. Pilihlah pupuk yang tepat, akan tetapi menggunakan pupuk atau tidak tanaman Anda masih dapat tumbuh.

Selanjutnya Yaitu Penempatan Pasir

Penempatan pasir di dalam akuarium juga harus diperhatikan, jangan sampai penempatan pasir akan mengganggu pertumbuhan si tanaman. Karena itu penempatan pasir sebaiknya rata dan disusun dengan rapi. Dengan pasir, maka penampilan dari tanaman aquascape akan semakin indah.

Terkahir, Cara Menanam Tanaman Aquascape Yaitu Tata Letak Tanaman

Meletakkan atau menanam tanaman aquascape juga harus tepat,agar keindahannya dapat dinikmati dengan baik. Dengan penempatan yang sesuai, maka anda dapat melihat akuarium dari sisi tersendiri.Anda juga harus sering mengontrol dan juga melihat kebersihan akuarium. Karena apabila akuarium kebersihannya tidak terjaga, maka dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman aquascape. Selamat mencoba.