Cara Menanam Strawberry Di Polybag

51357 views

Siapa yang tidak menyukai buah strawberry? Pastinya banyak orang yang suka dengan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Bentuk yang menarik dan cantik membuat buah ini menjadi sangat populer. Ciri khas warna merah menawan dan memiliki rasa asam yang khas membuat buah ini sering dibudidayakan. Cara menanam strawberry di polybag juga tidaklah sulit. Buah strawberry sering dijumpai di daerah dataran tinggi dengan suhu yang dingin. Kandungan nutrisi buah ini dapat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Buah strawberry selain sebagai makan untuk dikonsumsi secara langsung, buah ini sering diolah menjadi berbagai bentuk macam makanan seperti pemanis pada kue, selai, dan juga sebagai produk minuman. Buah strawberry dapat digunakan sebagai masker wajah untuk membersihkan kulit wajah karena memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dari polusi udara.

Sering sekali orang-orang didaerah dataran tinggi menanam strawberry, selain dapat tumbuh dengan subur, buah yang dihasilkannya pun sangat besar dan menjadi nilai ekonomis tersendiri bagi para petani strawberry. Namun bagi anda yang ingin menanam sendiri strawberry di rumah, berikut ini ada cara yang mudah dengan cara menggunakan polybag sebagai tempat menanam tanaman strawberry.

Cara Menanam Strawberry Di Polybag

Cara Menanam Strawberry Di Polybag

Cara Menanam Strawberry Di Polybag 1

  1. Pertama-tama perhatikan tempat yang nantinya akan dijadikan sebagai lokasi penanaman.
  • Suhu udara harus sekitar 17C hingga 20C dan dengan suhu udara minum antara 4C hingga 5C
  • Kelembaban udara 80% hingga 90%
  • Penyinaran matahari 8 jam sampai 10 jam tiap hari
  • Memiliki curah hujan berkisar 600 hingga 700 mm/tahun dengan ketinggian daerah 500 hingga 1300 di atas permukaan laut,
  1. Siapakan polybag, tanah yang gembur, pupuk kandang, gabah padi, sarung tangan, pupuk NPK, dan air yang akan digunakan untuk menyiram.
  2. Campurlah tanah dengan pupuk kandang dan gabah padi lalu diamkan selama 1 jam, jika ada serangga ataupun cacing dalam tanah, segera singkirkan dari tanah. Setelah itu masukan campuran tanah tersebut kedalam polybag yang sudah disiapkan.
  3. Tanam batang strawberry, strawberry memiliki batang kecil yang merambat sehingga hal ini akan membuat strawberry berkembang biak dengan cara stek akar.
  4. Bersihkan tanaman strawberry dari tanaman pengganggu di daerah polybag. Lakukan juga membersihkan daun strawberry dari serang atau hewan kecil yang menempel. Daun yang layu dicabut kemudian siram pohon strawberry minimal dua kali sehari pagi dan sore dan usahakan untuk tetap membuat tanaman ini terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Setelah memasuki usia 2 bulan maka lakukan pemupukan NPK di pohon strawberry. Gunakan sarung tangan pada saat pemukan.

Baca Juga Sob = Durian Bawor Inilah Montongnya Banyumas

Cara Menanam Strawberry Di Polybag 2

  1. Pemilihan bibit strawberry. Pemilihan dengancara memilih bibit kualitas tinggi agar strawberry dapat tumbuh maksimal. Selain itu pemilihan bibit yang baik akan membuat tanaman strawberry terbebas dari hama penyakit.
  2. Pengolahan lahan tanam. Mempersiapkan polybag yang akan digunakan untuk budidaya strawberry dengan ukuran 5 kg.
  3. Siapkan media tanah, pupuk kandang, pasir, dan sedikit kapur. Kemudian campur bahan-bahan tersebut hingga merata lalu diamkan hingga 2 sampai 3 hari. Dan setelah itu masukkan ke dalam polybag.
  4. Masukan bibit strawberry kedalam lubang pada polybag yang sudah disediakan sebagai tempat untuk menanam bibit. Menanam strawberry lebih baik dimulai pada pagi hari sebelum matahari naik, agar bibit yang baru ditanam tidak mudah layu.
  5. Dalam memindahkan bibit harus dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai akar bibit.
  6. Peliharalah bibit strawberry yang sudah ditanam dengan menyiram 2 kali sehari pagi dan sore.

Selamat mencoba cara menanam strawberry di polybag di atas.