Cara Menanam Selada Hidroponik

31967 views

Hidroponik adalah cara menanam tanaman yang cukup unik, karena tanaman ini dapat dilakukan secara modern ataupun secara sederhana. Berikut ini anda di bahas cara menanam selada hidroponik. Selada banyak sekali digunakan atau dicari masyarakat karena sayuran yang satu ini biasanya digunakan sebagai lalapan atau penghias masakan. Bagi Anda yang ingin menanam selada secara hidroponik, berikut adalah penjelasannya :

  1. Cara menanam selada hidroponik pertama yang dapat Anda lakukan yaitu, siapkan bahan bahan seperti botol air mineral atau botol plastik lainnya dengan ukuran besar. Siapkan pula tanah, pupuk bila perlu, air, kain flanel, gunting, dan paku serta jangan lupa siapkan selada yang akan ditanam. Setelah menyiapkan bahan dan alat tersebut saatnya anda mulai menanam selada dengan cara hidroponik.

  1. Ambil botol dan potong menjadi dua bagian, kemudian lubangi botol bagian atas menggunakan paku atau bila perlu menggunakan soldier. Beri lubang satu saja dan seukuran dengan ujung soldier. Tumpuk dua belahan botol tersebut dengan bagian tutup botol menghadap ke bagian bawah botol yang kedua.

  1. Sebelum ditumpuk, isi botol bagian bawah menggunakan air setengahnya saja dari botol tersebut. Kemudian pada botol bagian atas tutupnya, diberi lubang menggunakan paku atau soldier. Lalu isi dengan kain flanel dengan ukuran kecil memanjang ke arah atau keluar dari tutup botol.

  1. Setelah di tumpuk, cara menanam selada hidroponik selanjutnya yaitu isi botol bagian atas menggunakan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk. Setelah itu tanam sayur selada yang sudah disiapkan dengan rapi.Kain flanel berfungsi sebagai akar yang menghubungkan air dengan tanah kemudian akar dari selada.

  1. Cara menanam selada hidroponik telah selesai. Sangat mudah bukan?

Menanam secara hidroponik sudah banyak dilakukan oleh masyarakat sekarang ini.Karena menanam secara hidroponik mudah dan tidak memerlukan area yang luas, sehingga sudah cukup banyak orang yang menanam tanaman secara hidroponik.Menanam selada dengan cara hidroponik merupakan salah satu cara hidroponik yang dapat Anda praktekkan di rumah. Karena itu Anda dapat mencoba nya mulai dari sekarang.

Cara Menanam Selada Hidroponik

Cara Menanam Selada Hidroponik

Sayuran selada memang banyak orang yang menyukainya, karena sayuran ini merupakan sayuran yang sangat cocok dijadikan sebagai lalapan.Lalapan merupakan makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia, karena lalapan sudah dari dahulu kala telah ada. Selada juga praktis dalam perawatan dengan cara hidroponik atau tidak rumit. Penanaman yang mudah serta perawatan yang tidak rumit membuat banyak orang ingin atau sudah menanam selada.

Hidroponik merupakan cara menanam tanaman yang dapat dilakukan secara modern, ataupun secara sederhana, seperti yang telah anda jelaskan di atas. Hidroponik mungkin dapat menjadi salah satu cara bagi Anda yang tidak memiliki area luas, namun ingin memiliki tanaman yang dibuat sendiri. Bertanam secara hidroponik memang memberi kesempatan bagi anda yang tidak memiliki lahan luas untuk tetap bisa menyalurkan hobi bagi mereka yang suka bertanam.

Artikel Terkait = Membuat Nutrisi Hidroponik Manual

Karena itu beruntung sekali anda, karena ada cara menanam tanaman secara unik ini. Terlebih hidroponik dapat dilakukan secara sederhana dan andadapat memanfaatkan barang barang bekas yang ada di sekitar.Barang barang bekas yang dapat anda manfaatkan untuk hidroponik seperti botol, kain flanel, dan yang lainnya.

Demikianlah cara menanam selada hidroponik yang bisa langsung anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.