Cara Menanam Selada Di Polybag

82840 views

Cara menanam selada di polybag itu bagaimana sih ? Apakah sampai saat ini anda masih merasa kesulitan untuk menemukan cara bercocok tanam, karena anda tidak memiliki lahan yang luas? Jika anda sedang merasakan masalah tersebut, maka anda harus mencari cara menanam selada di polybag. Bagi anda yang ingin menanam sayuran di pekarangan rumah tetapi tidak memiliki halaman yang cukup luas, ada solusi yang sangat mudah untuk anda, yaitu menanam dengan menggunakan polybag. Salah satu contohnya adalah menanam selada di polybag.

Cara Menanam Selada Di Polybag

Selada yang memiliki nama Latin Lactuca Sativa merupakan salah satu tumbuhan sayur yang biasa tumbuh pada iklim sedang, dan bisa juga pada iklim rendah tropika. Selada biasa anda jumpai untuk digunakan sebagai salad atau lalapan. Selada ini termasuk dalam kelas Magnoliopsida dan Ordo Asteraceae. Selada merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan mineral yang banyak seperti fosfor, iodium, besi, seng, tembaga, kobalt, mangan dan potasium.

Baca juga = cara menanam selada hidroponik

Kembali pada pembahasan cara menanam selada di polybag, bahan-bahan yang butuhkan juga tidaklah sulit untuk dicari. Jika anda sudah tidak sabar ingin mengetahui cara menanam selada di polybag, berikut cara-caranya :


Cara Menanam Selada Di Polybag


  1. Persiapan Benih

cara tanam selada di polybag - biji bibit selada

Untuk menanam selada, tentu saja anda butuh untuk menyiapkan benihnya. Karena ada beberapa jenis selada, anda bisa menentukan dahulu jenis selada apa yang ingin anda tanam. Jenis selada yang bisa anda pilih adalah selada boston, selada bokor dan selada loose leaf. Cara menanam selada di polybag tidak jauh berbeda, jadi anda bisa memilih jenis selada sesuka anda.

  1. Menyiapkan Media Tanam Selada

Cara menanam selada di polybag yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanamnya. Karena anda menggunakan polybag, anda perlu menyiapkan sekam dan pupuk kompos dengan perbandingan satu banding satu. Campur media tanam tersebut hingga benar-benar merata. Setelah merata, masukan media tanam anda ke dalam polybag hingga anda rasa mencukupi untuk menanam selada. Pastikan tidak ada bagian yang kosong pada polybag, caranya yaitu dengan meratakannnya. Pastikan jangan terlalu padat, ini karena agar akar selada lebih mudah untuk berkembang dan air lebih mudah mengalir.

  1. Menyemai Benih Selada

cara menanam selada dalam polybag

Jika anda memiliki tray, anda bisa menyemai benih selada pada tray. Namun jika anda tidak memilikinya, anda bisa menyemai benih anda dengan wadah apa saja yang anda miliki asalkan cocok. Yang sebaiknya anda lakukan di saat menyemai benih selada adalah :

  • Rendam dahulu benih selada dengan air hangat selama semalaman.
  • Sebarkan benih selada ke dalam wadah semai yang sudah anda siapkan.
  • Setelah bibit selada tumbuh cukup bagus selama sekitar satu minggu, pindahkan pada polybag.
  1. Menanam Selada

cara budidaya selada di polybag

Tanam bibit selada yang sudah memiliki daun sebanyak empat atau lima helai, berhati-hatilah ketika memindahkan bibit agar bibitnya tidak rusak.

  1. Memupuk Selada

Jika anda menyukai tanaman organik, gunakanlah pupuk yang alami seperti pupuk kandang atau pupuk bokasi. Lakukan pemupukan pada media tanam sebelum anda memindahkan bibit pada media tanam.

  1. Penyiraman

Pada awal pemindahan bibit, cara menanam selada di polybag yang benar adalah menyiram selada setiap hari sampai anda rasa selada anda hidup dengan baik. Setelah itu anda cukup menyiram selada secukupnya saja, karena selada tidak terlalu butuh disiram.

  1. Memanen Selada

urutan cara menanam selada di polybag

Selada biasanya dipanen ketika telah menginjak usia dua bulan. Jika nada ingin memanen secara permanen, cabut saja selada hingga akarnya. Namun jika tidak anda bisa mengguntingnya.

Itulah cara menanam selada di polybag yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga menanam sayuran di halaman rumah.