Cara Menanam Sayuran Hidroponik

50869 views

Cara Menanam Sayuran Hidroponik

Mungkin belakangan ini anda sering mendengar cara menanam sayuran hidroponik, namun anda belum terlalu memahaminya. Ya, inti dari cara menanam secara hidroponik adalah cara menanam dengan menggunakan media air tanpa menggunakan tanah seperti yang selama ini dilakukan para petani pada umumnya. Hebatnya lagi, cara menanam sayuran hidroponik ini bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Mungkin sebagian dari anda akan bertanya-tanya, apa mungkin tanaman bisa hidup tanpa tanah, sedangkan seperti yang anda ketahui selama ini tanah merupakan penopang tanaman dan juga pemberi nutrisi pada tanaman anda. Tentu saja bisa, karena anda bisa membuat sendiri nutrisi yang dibutuhkan tanaman anda.

Berikut adalah cara menanam sayuran hidroponik yang bisa anda coba :

  1. Dengan Menggunakan Wadah Plastik

Cara menanam sayuran hidroponik yang sangat mudah adalah dengan menggunakan wadah plastik. Bahan yang harus anda siapkan adalah dua wadah plastik (baskom), yang satu wadah plastik persegi biasa dan yang satunya yang bolong-bolong, kain kasa, bibit tanaman (sebagai contoh saya pilih sayur kangkung) dan air nutrisi.

Cara membuatnya:

  • Siapkan wadah plastik yang biasa dan isi dengan air nutrisi.
  • Letakkan kain kasa pada wadah plastik yang bolong-bolong hingga menutupi semua bagian bawahnya.
  • Letakkan wadah plastik yang bolong diatas wadah biasa yang sudah diberi air nutrisi.
  • Taruh bibit kangkung hingga bersemi.

Selanjutnya anda hanya perlu menunggunya hingga terus tumbuh. Yang harus anda perhatikan adalah nutrisi yang anda berikan harus benar-benar cukup untuk pertumbuhan sayuran yang ada tanam. Anda juga perlu memperhatikan paparan sinar matahariya. Jangan letakkan pada tempat yang sinar mataharinya terlalu panas, karena akan merusak tanaman anda.

  1. Dengan Menggunakan Botol Air Mineral

Media yang juga sering digunakan sebagai cara menanam sayuran hidroponik adalah botol air mineral. Bahan yang anda perlukan adalah botol air mineral, alat pemotong, paku untuk membuat lubang, media tanam bisa berupa floral foam dan sumbu (anda juga bisa menggunakan kain flanel).

Caranya membuatnya yaitu :

  • Pertama potong botol bekas menjadi dua bagian, perhatikan agar bagian bawah sedikit lebih besar.
  • Buatlah beberapa lubang pada bagian atas botol sebagai lubang sirkulasi udara. Lubang ini tidak perlu terlalu besar dan jangan terlalu kecil.
  • Buat juga lubang pada tutup botol untuk memasang sumbu atau kain flanel, buatlah lubang yang pas agar sumbu anda tidak terlepas.
  • Pasang sumbu atau kain flanel pada lubang dibagian tutup yang telah anda buat tadi. Perhatikan agar sumbu atau kain flanel dapat menyentuh bagian bawah lubang, agar air nutrisinya bisa terserap keatas.
  • Isi bagian atas botol dengan media menanam yang anda pilih.
  • Tanam bibit tanaman yang sudah anda persiapkan sebelumnya pada botol bagian bekas yang sudah anda isi media untuk menanam.
  • Isi bagian botol yang dibawah dengan air nutrisi secukupnya.
  • Gabungkan kedua botol dengan cara menumpuknya, bagian atas botol dibalik, sehingga tutup botol ada dibawah menghadap bagian botol yang ada dibawahnya.Dan media menanam tanaman hidroponik anda sudah siap digunakan.
cara menanam sayuran hidroponik menggunakan botol

cara menanam sayuran hidroponik menggunakan botol

Itulah cara menanam sayuran hidroponik paling sering digunakan. Cara ini sangat populer karena bahannya yang harganya terbilang terjangkau dan mudah didapatkan. Anda bisa saja memodifikasi cara tersebut sesuai dengan kreatifitas anda, semakin anda rajin mencoba untuk berkreasi, semakin banyak juga cara yang akan anda dapatkan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga cara mudah menanam sayuran di lahan yang sempit.