Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana

14578 views

Pasti tidak ada salahnya jika anda memiliki tanaman sayuran sendiri di rumah anda. Karena memiliki tanaman sayuran membuat anda tidak perlu repot-repot membeli sayuran di pasar atau tukang sayur keliling, bahkan jika memiliki hasil yang baik anda juga bisa membagi hasil panen anda ataupun menjualnya pada tetangga-tetangga anda. Menyenangkan bukan? Yang awalnya anda hanya berniat untuk memenuhi kebutuhan anda juga bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Pada saat menanam sayuran di rumah, teknik yang paling sering digunakan adalah teknik hidroponik karena tidak memakan banyak tempat. Karena untuk di rumah, maka yang kali ini akan dibagikan adalah cara menanam sayuran hidroponik sederhana sehingga tidak akan merepotkan anda.

Untuk cara menanam sayuran hidroponik sederhana ini, anda tidak perlu merasa akan direpotkan dengan hal-hal yang rumit.  Berikut adalah cara menanam sayuran hidroponik sederhana yang bisa anda coba :

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana

Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana

1. Cara menanam sayuran hidroponik sederhana dengan wadah plastik

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan wadah plastik, wadah plastik ini bisa berupa baskom atau toples yang berbentuk persegi panjang namun tidak tinggi, dan alat berikutnya yang anda perlukan adalah wadah plastik yang bolong-bolong seperti jaring, bibit sayuran yang ingin anda tanam, kain kasa dan tentu saja air nutrisinya. Cara membuatnya sebagai berikut :

  • Isikan air nutrisi yang telah anda buat ke dalam wadah plastik yang tidak bolong.
  • Lalu, letakkan kain kasa pada seluruh bagian wadah plastik yang bolong, kain kasa ini berfungsi sebagai media tanamnya.
  • Setelah kain kasanya menutupi semua permukaan wadah yang bolong, taruh wadah yang bolong diatas wadah satunya yang telah anda beri air nutrisi.
  • Letakkan bibit sayuran anda hingga bersemi.

Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menunggu sayuran anda terus tumbuh dengan memperhatikan nutrisi yang anda berikan agar selalu mencukupi kebutuhan. Sesekali, cek paparan sinar matahari yang diterima sayuran anda, jangan letakkan sayuran anda pada tempat yang terlalu panas karena sayuran anda bisa rusak.

2. Cara menanam sayuran hidroponik sederhana dengan menggunakan botol air mineral

Pada cara yang selanjutnya, alat dan bahan yang perlu anda siapkan adalah berupa botolnya tentu saja, alat untuk memotong, media tanam bisa berupa floral foam, paku untuk membuat lubang dan juga sumbu (atau anda bisa menggunakan kain flanel).

Baca Juga = Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Cara membuatnya adalah :

  • Potong botol bekas air mineral anda menjadi dua bagian, buatlah agar bagian bawah botol menjadi lebih besar sedikit.
  • Lalu, anda juga perlu membuat beberapa lubang pada bagian atas botol sebagai sirkulasi udara dan satu lubang pada tutup botol untuk memasang sumbu atau kain flanel anda.
  • Selanjutnya, anda harus memasang sumbu anda dengan catatan memberikan sumbu yang lebih panjang pada bagian bawahnya seperti ekor agar sumbu tersebut bisa menyerap air nutrisi nantinya.
  • Pada bagian atas botol, isi dengan media tanam yang telah anda siapkan, lalu tanamkan bibit sayuran anda.
  • Pada botol bagian bawah, isi dengan air nutrisi. Pastikan airnya dapat dijangkau oleh sumbu yang sudah anda pasang sebelumnya.
  • Gabungkan kembali kedua bagian botol dengan posisi tutup botol menghadap ke bawah.

Media hidroponik menanam sayuran anda sudah siap untuk menanam dan anda tinggal menunggu sayuran anda menjadi semakin besar dengan sesekali mengecek air nutrisi dan juga mengecek keadaan sayuran anda.

Itulah cara menanam sayuran hidroponik sederhana yang bisa anda contoh untuk di rumah anda. Selamat mencoba.