Cara Menanam Sayuran Di Polybag

70301 views

Cara menanam sayuran di polybag bisa dilakukan dengan mudah, bahkan ibu rumah tangga pun bisa melakukannya. Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan halaman rumahnya untuk bercocok tanam, biasanya yang sering ditanam dihalaman rumah adalah tanaman sayuran yang mudah ditanam dan dirawat. Dalam bercocok tanam, media tanam merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Karena media tanam akan menentukan baik buruknya pertumbuhan tanaman, yang pada akhirnya mempengaruhi hasil produksi.

Akan tetapi sering kali ibu rumah tangga mengalami kesulitan, karena tidak dapat mendapatkan tempat untuk bercocok tanam. Terlebih lagi bagi seseorang yang tinggal dikota besar dengan jumlah penduduk yang padat dan rumah yang tidak lagi memiliki halaman luas. Di kota-kota besar sudah sangat jarang sekali rumah yang memiliki pekarangan maupun halaman yang dapat ditanami tanaman.

Cara Menanam Sayuran Di Polybag

Cara Menanam Sayuran Di Polybag

Tanaman setiap jenisnya memiliki sifat dan karakteristik media tanam yang berbeda-beda.Pada tanaman jenis sayuran daun, lebih membutuhkan media tanam yang gembur dan mudah ditembus akar. Cara menanam sayuran di polybag cukup mudah dalam perawatannya, karena dapat mudah dipindah-pindah, dan dapat mudah dipindah ke pot yang lebih besar.

Pada awalnya menanam sayuran di dalam polybag hanyalah sekedar hobi pada saat waktu senggang untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Namun bertanam sayuran dengan menggunakan polybag dapat dilakukan dengan cara besar-besaran dengan hasil yang baik, sehingga menjadi usaha komersial. Penggunaan polybag merupakan salah satu cara yang sering digunakan, karena tidak membutuhkan biaya yang lebih mahal karena tidak perlu membeli pot.

Dalam menanam sayuran dengan menggunakan polybag dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Berikut adalah beberapa cara menanam sayuran di polybag yang bisa anda lakukan :

  1. Cara Menanam Sayuran Di Polybag Secara Organik
  • Pertama-tama yang dibutuhkan adalah menyediakan media tanam yang baik. Fungsi dari media tanam adalah sebagai penompang tanaman, menyediakan akar tanaman untuk berkembang maupun tumbuh, dan memberikan nutrisi pada tanaman. Membudidaya tanaman dalam polybag membutuhkan media tanam yang dibuat sebagai pengganti tanah, media tanam yang baik biasanya memiliki sifat-sifat fisika, biologi dan kimia sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman.
    • Siapkan tanah yang gembur dan subur lalu ayak tanah tersebut sampai menjadi butiran-butiran halus, dengan mengusahakan tanah salam keadaan kering agar bahan-bahan dapat bercampur dengan merata.
    • Siapkan pupuk kompos yang telah matang kemudian ayak, sehingga menjadi butiran halus.
    • Siapkan arang sekam.
    • Kemudian campurkan tanah, pupuk kompos dan juga arang sekam dalam satu wadah dengan perbandingan 2:1:1 lalu aduh hingga rata.
    • Siapkan polybag kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam polybag dan media tanam siap untuk digunakan.
  • Siapkan bibit sayuran yang akan di tanam ke dalam polybag.
  • Setelah media tanam siap ditanami, tanam bibit sayur ke dalam polybag yang sudah diberi media tanam.
  • Rawatlah bibit sayuran hingga tumbuh dengan menyiramnya setiap sore hari.

Artikel Terkait = Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

  1. Cara Menanam Sayuran Di Polybag Secara Sederhana
  • Mula-mula campurkan tanah kebun dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dan juga pasir dengan perbandingan 1:1 lalu masukan ke dalam polybag.
  • Aturlah polybag hingga dapat berdiri tegak, sebelum polybag digunakan alangkah baiknya untuk dilubangi terlebih dahulu agar dapat mengalirkan air yang berlebihan.
  • Isilah polybag dengan tanah hingga permukaan polybag, lalu tanam bibit sayuran dengan kualitas unggul (bibit sayuran yang terbebas dari hama) yang akan ditanam ke dalam polybag yang sudah diisi oleh tanah.
  • Lakukan pemupukan dengan pemupukan kimia dalam waktu 30 hari secara berkala
  • Penggunaan polybag dapat mempermudah memindahkan sayuran ke tempat yang dikehendaki.

Pemeliharaan tanaman tidak hanya sekedar merawat tanaman yang sedang terserang penyakit, namun pemeliharaan secara lengkap dari menaruh pada polybag, menyiangi rumput, menyiram tanaman, serta pemupukan. Selamat mencoba cara menanam sayuran di polybag.