Cara Menanam Sayuran Di Pekarangan Rumah

63590 views

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah tidaklah sulit. Bagi anda yang suka bercocok tanam, anda pasti akan memanfaatkan lahan yang ada semaksimal mungkin, meskipun lahan yang anda miliki bisa dibilang tidak luas. Anda dapat memanfaatkan pekarangan di rumah anda. Bercocok tanam di pekarangan rumah saat ini bisa disebut sebagai trend tersendiri. Oleh karena itu, semakin banyak saja orang yang mencari tahu cara menanam sayuran di pekarangan rumah, untuk memanfaatkan lahan yang dimiliki semaksimal mungkin.

Kelebihan utama yang dirasakan jika melakukan cara menanam sayuran di pekarangan rumah adalah, anda akan lebih rajin merawatnya, karena tanaman anda selalu terlihat di mata anda. Sehingga membuat anda risih jika terlihat tanaman yang tidak terurus. Namun kekurangannya adalah rumah anda akan sedikit terlihat semak jika anda tidak pintar mengatur posisinya.

Baca juga = cara tanam hidroponik sayuran

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah juga bermacam-macam, anda bisa menjadikannya sebagai kebun vertikal, menggunakan polybag atau pot dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang sangat mungkin untuk anda aplikasikan di pekarangan rumah anda :


Cara Menanam Sayuran Di Pekarangan Rumah


  1. Dengan Cara Menciptakan Kebun Vertikal

cara menanam sayuran di halaman rumah

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang sekarang sedang sangat nge-trend adalah dengan membuat kebun vertikal. Anda bisa membuat rak dengan kayu dengan cara menyusunnya ke atas, bahkan dengan barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti rak sepatu anda. Anda juga perlu memperhatikan tinggi dari kebun vertikal anda, agar tidak kesulitan dalam merawatnya. Selain itu, ketinggian dari kebun vertikal anda juga mempengaruhi cahaya sinar matahari yang diterima. Semakin anda kreatif, semakin banyak pula cara yang akan anda buat.

  1. Dengan Cara Menggunakan Polybag

cara budidaya sayuran di pekarangan rumah

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan polybag. Cara ini sudah lebih dahulu banyak digunakan jika dibandingkan dengan cara yang pertama. Caranya juga sangat mudah tidak berbeda dengan cara menanam sayuran pada lahan biasanya. Anda bisa menyesuaikan ukuran polybag sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga bisa menanam berbagai macam sayuran di pekarangan rumah anda dengan polybag, kelebihan lainnya adalah anda bisa mengaturnya sesuai dengan kemauan anda.

  1. Dengan Menggunakan Ember

cara menanam sayur di pekarangan rumah

Jika anda memiliki baskom ataupun ember cat yang sudah tidak terpakai, mengapa tidak menggunakannya sebagai tempat menanam sayuran pada pekarangan rumah anda ?. Pilihlah warna ember yang menarik, kalau perlu cat ember dengan warna yang serasi dengan pekarangan rumah.

  1. Menanam Di Dinding Rumah dan Pagar

Cara Menanam Sayuran Di Pekarangan Rumah

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan dinding rumah atau pagar anda. Anda hanya perlu menanam sayuran pada botol bekas atau wadah lainnya, dan menempelkannya pada dinding rumah anda. Cukup simple bukan?. Karena cara ini bisa sampai cukup tinggi, anda perlu menggunakan bantuan tangga untuk merawat tanaman anda

Setelah anda mengetahui beberapa cara menanam sayuran di pekarangan rumah, anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menanamnya, yaitu:

  1. Perhatikan agar tanaman anda mendapatkan sinar matahari yang cukup. Karena sinar matahari sangat penting untuk pertumbuhan sayuran anda.
  2. Lakukan penyiraman. Apalagi jika pada musim kemarau, penyiraman sangat penting anda lakukan untuk menjaga kelembaban tanaman sayuran anda.
  3. Ada beberapa sayuran yang memang butuh anda beri pupuk. Anda baiknya pupuk yang anda berikan adalah pupuk organik agar lebih sehat.

Setelah anda mengetahui cara menanam sayuran di pekarangan rumah, sepertinya sudah tidak ada alasan bagi anda untuk bermalas-malasan lagi. Selain itu, menanam sayuran di pekarangan rumah anda juga akan membantu anda berhemat uang belanja, bahkan menghasilkan karena bisa menjual panen sayuran anda pada tetangga-tetangga anda. Baca juga contoh cara membuat bonsai beringin.