Cara Menanam Sayur Hidroponik

69420 views

Sayuran memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Karena sayuran merupakan sumber berbagai vitamin juga mineral, yang tentunya sangat dibutuhkan tubuh manusia. Dalam pembudidayaan sayuran, terdapat beberapa metode yang digunakan. Salah satunya dengan cara hidroponik. Hidroponik merupakan cara penanaman pada tumbuhan tanpa menggunakan media tanah, melainkan menggunakan air sebagai media tanam.

Cara menanam tumbuhan dengan hidroponik ini dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif bagi anda yang ingin bercocok tanam, namun tidak memiliki lahan yang luas. Selain itu juga mudah, bisa dilakukan oleh siapa dan dimana saja. Terdapat banyak cara dalam menanam sayuran hidroponik sesuai dengan media tanam yang digunakan,  berikut beberapa Cara Menanam Sayur Hidroponik yang bisa anda lakukan :

1. Sistem Kultur Air

Metode ini merupakan penanaman dengan memberikan larutan hara pada bagian dasar media yang digunakan, dengan tujuan larutan tersebut akan diserap oleh akar tanaman. Cara Menanam Sayur Hidroponik ini bisa anda jumpai pada berbagai jenis sayuran, seperti bayam air serta kangkung air, selada.

Cara Menanam Sayur Hidroponik

Cara Menanam Sayur Hidroponik

2. Sistem Kultur Agregat

Selain menggunakan air sebagai media tanam, tanaman hidroponik juga bisa menggunakan media lainnya. Diantaranya seperti batu kerikil, pasir atau pecahan batu bata yang diletakkan pada sebuah pot atau botol plastik. Cara tumbuhan mendapatkan nutrisinya dengan memberikan semprotan air larutan dari campuran unsur hara.

3. Nutrient Film Technique

Cara Menanam Sayur Hidroponik yang ketiga ini yaitu, menggunakan selokan yang dibuat dari besi tipis yang tahan karat sebagai media tanam. Larutan yang merupakan nutrisi bagi tumbuhan akan dialirkan melalui selokan tersebut hingga mengenai semua tanaman yang ada.

Setelah mengetahui beberapa metode menanam sayuran hidroponik yang bisa dipilih, berikut akan dijelaskan salah satu Cara Menanam Sayur Hidroponik yang bisa langsung anda coba :

Cara Menanam Sayur Hidroponik yang pertama yaitu, siapkan alat-alat serta bahan yang diperlukan, diantaranya :

  1. Botol plastik bekas
  2. Gelas plastik bekas
  3. Jerigen plastik bekas
  4. Kain untuk sumbu
  5. Media tanam
  6. Nutrisi hidroponik
  7. Bisa menggunakan rocwool atau media tanam lainnya, seperti kerikil, pecahan batu, pasir, arang, pecahan bata merah.

Cara Menanam Sayur Hidroponik yang berikutnya yakni menggunakan botol bekas :

  1. Botol bekas dipotong menjadi dua bagian yakni atas dan bawah dengan botol bagian bawah lebih panjang.
  2. Masukan kain yang digunakan sebagai sumbu ke leher botol bagian atas (seperti sumbu kompor, kira-kira kain dapat menyerap air).
  3. Masukkan botol tersebut ke botol bagian bawah dengan posisi dibalik (leher botol menghadap ke bawah).
  4. Media tanam yang sudah anda tentukan dimasukkan pada botol bagian atas.
  5. Letakkan bibit sayuran yang akan anda tanam pada media tanam tersebut.
  6. Siram dengan menggunakan air larutan dari campuran berbagai unsur hara.
  7. Letakkan pada area yang bisa mendapatkan sinar matahari, tidak bisa terkena air hujan dan di tempat yang memiliki permukaan rata. Cek secara berkala larutan nutrisi pada dasar media agar bisa terserap oleh kain. Hal ini dimaksudkan agar tumbuhan senantiasa mendapat nutrisi untuk terus tumbuh. Jika nutrisi mulai berkurang maka ditambahkan lagi.

Demikian Cara Menanam Sayur Hidroponik yang bisa anda lakukan. Cukup mudah dan murah bukan?. Bahkan peralatan yang digunakan merupakan barang-barang bekas, selain itu, perawatannya a jucukup mudah. Sayuran yang dihasilkan lebih sehat karena bebas dari pestisida. Anda bisa menanamnya disekitaran rumah tanpa harus menggunakan lokasi yang luas sekalipun. Selamat mencoba. Baca juga cara mudah menanam sayuran di lahan yang sempit.