Cara Menanam Pepaya Di Pekarangan Rumah

32164 views

Cara menanam pepaya di pekarangan rumah sangat gampang lho. Menanam pepaya biasanya dilakukan di kebun, namun sebenarnya anda juga dapat menanam pepaya di pekarangan rumah anda. Banyak orang yang menyukai menanam pepaya, karena buahnya yang memiliki rasa lezat dan memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lainnya, yang sangat bagus bagi tubuh. Oleh karena itu banyak orang yang penasaran dan mencari tahu cara menanam pepaya di pekarangan rumah, guna mereka aplikasikan pada pekarangan rumah mereka sendiri.

Baca juga = menanam sayuran di halaman rumah

Sebelum masuk ke dalam cara menanam pepaya di pekarangan rumah, ada baiknya anda mengetahui nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya, agar anda semakin semangat untuk menanamnya. Buah pepaya mengandung vitamin B kompleks seperti niacin, folat, tiamin dan lain sebagainya. Buah pepaya juga mengandung vitamin A, C, E dan vitamin K.

Selain itu, di dalam buah pepaya juga terkandung beberapa mineral yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya zat besi, kalsium, magnesium, zinc, fosfor dan lain sebagainya. Dan yang tidak kalah penting lagi, pepaya mengandung papain yang sangat baik untuk merawat kecantikan dan kelembaban kulit serta melancarkan pencernaan.

Sehingga pepaya dapat membantu mengobati penyakit jantung, mencegah infeksi, meningkatkan sistem imun tubuh, menyehatkan mata, membantu mempercepat mengobati luka, mengobati gangguan pernafasan, mencegah kanker usus, mengobati diabetes, mengobati sembelit dan masih banyak kegunaan dan khasiat yang lainnya.


Cara Menanam Pepaya Di Pekarangan Rumah


Nah, jika anda sudah lebih semangat untuk menanam pohon pepaya, berikut adalah cara menanam pepaya di pekarangan rumah yang bisa anda lakukan :

  1. Cara menanam pepaya di pekarangan rumah yang pertama

cara budidaya pepaya di pekarangan rumah

Karena pohon pepaya anda tanam pada pekarangan rumah anda, jadi tidak ada salahnya jika pohon pepaya anda buat menjadi ukuran mini. Hal tersebut dapat membuat anda lebih mudah untuk memetik buah pepaya. Cara adalah :

  • Tanam bibit pepaya seperti biasanya pada pekarangan rumah anda. Gemburkan terlebih dahulu sebelum anda menanamnya, dan berikan pupuk kandang.
  • Setelah pohon pepaya menginjak usia sekitar satu bulan dan memiliki tinggi sekitar setengah meter, anda potong bagian pupusnya, sehingga nanti akan tumbuh tunas baru pada bagian batang bawah.
  • Setelah satu minggu kemudian, anda sudah dapat melakukan seleksi tunas dan hanya perlu menyisakan satu tunas yang anda anggap paling bagus kualitasnya.
  • Selanjutnya anda hanya perlu melakukan perawatan seperti biasanya lalu tidak lama kemudian anda sudah dapat menikmati hasilnya.
  1. Cara menanam pepaya di pekarangan rumah yang kedua

cara menanam pepaya di pot

Cara menanam pepaya di pekarangan rumah yang selanjutnya dengan menanamnya di pot. Jenis pepaya yang sangat cocok untuk ditanam di pot adalah jenis kalina. Cara menanamnya adalah :

  • Menyemai bibit pohon pepaya. Bibitnya bisa anda dapatkan dengan membelinya. Setelahnya anda bisa menyemainya di polybag dengan menggunakan media tanam tanah gembur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
  • Setelah bibit memiliki tinggi sekitar 30 cm, anda sudah bisa memindahkannya ke dalam pot dengan ukuran yang cukup besar. Perhatikan agar pohon pepaya anda tidak tergenang air karena bisa mengakibatkan pohon pepaya mati. Media tanam yang cocok untuk anda gunakan menanam di pot adalah sekam arang.
  • Perawatan yang perlu anda lakukan adalah menyiramnya sebanyak dua kali sehari pada awal menanamnya di pot. Perhatikan sinar matahari yang diterima, jangan tempatkan pada tempat yang terlalu panas terik, dan jangan juga taruh pada tempat yang terlalu sering terjadi hujan.
  • Berikan pupuk tambahan pada saat penanaman, berupa pupuk NPK dan juga pupuk CE. Banyaknya pupuk dan waktu yang tepat untuk memberikan pupuk harus benar-benar tepat agar hasilnya bagus.Cara Menanam Pepaya Di Pekarangan Rumah

Selamat mencoba cara menanam pepaya di pekarangan rumah anda. Baca juga cara menanam cabai dalam polybag.