Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

100526 views

Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah - Buah mangga merupakan buah yang sangat disukai semua orang, baik dari anak-anak hingga dewasa. Rasanya yang manis dan da juga yang berasa keasaman membuat buah ini sangat disukai. Buah mangga juga bisa dijumpai dimana saja, dan harganya sangat terjangkau. Buah mangga juga memiliki jenis yang beragam, dan rasa yang beragam pula. Karena semakin banyak tingkat konsumsi buah mangga setiap waktunya, semakin banyak pula orang tertarik untuk menanam pohon mangga baik untuk dikonsumsi sendiri, maupun untuk dijadikan lahan bisnis.

Meningkatnya jumlah peminat untuk menanam pohon mangga tersebut juga berbanding lurus dengan meningkatnya pencarian cara menanam mangga agar cepat berbuah, karena semua orang ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat. Cara menanam mangga agar cepat berbuah yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan bibit cangkokan. Yah, cara ini sangat disukai pada jaman sekarang ini. Jika anda memutuskan untuk menggunakan bibit dari hasil cangkokan, berikut adalah cara menanam mangga agar cepat berbuah yang bisa anda lakukan :

Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

1. Menyiapkan Bibit Mangga Cangkokan yang Unggul

Cara menanam mangga agar cepat berbuah dengan bibit cangkokan adalah dengan menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Jika anda memiliki keahlian untuk membuatnya sendiri, anda bisa membuatnya karena dengan membuatnya sendiri anda bisa memastikan bibit anda berasal dari pohon yang benar-benar baik. Namun jika tidak, anda bisa membelinya. Pilihlah bibit yang unggul untuk mendapatkan hasil yang unggul pula. Ketika anda membeli bibit, pastikan bibit anda tidak sedang terserang hama atau penyakit.

Post Terkait = Tanaman Buah Yang Menguntungkan

2. Menyiapkan Lahan Untuk Menanam

Jika anda sudah mendapatkan bibit yang cocok, cara menanam mangga agar cepat berbuah yang selanjutnya adalah menyiapkan lahan. Hal-hal yang harus anda lakukan adalah

  • Membuka lahan, bersihkan lahan anda dari tumbuhan lain yang sekiranya akan mengganggu pertumbuhan pohon mangga anda. Gemburkan lahan jika diperlukan.
  • Membuat jarak antar pohon, jarak yang biasa diberikan adalah sekitar 10 m untuk setiap pohon mangga.
  • Membuat lubang, lubang yang dibutuhkan adalah lubang yang berbentuk segi empat dengan ukuran 1 m pada tiap sisinya. Gali tanah setengah meter terlebih dahulu, dan gali setengah meter lagi, pada bagian bawah berikan pupuk kandang dan tutup kembali dan biarkan selama 3 hari.

3. Menanam Pohon Mangga

Gali tanah yang sudah anda jadikan lubang sebelumnya lagi dengan lebar 60 cm, dan kedalaman 30 cm. Berikan taburan furadan terlebih dahulu. Lalu guntung polybag tempat bibit anda, dan pindahkan dengan hati-hati ke dalam lubang. Tutup kembali lubang dengan tidak terlalu padat dan siram dengan air pada pagi dan sore hari.

Post Terkait = Bibit Durian Unggul Yang Cepat Berbuah

Jika anda merasa perlu, tanam juga pohon pelindung untuk melindungi pohon mangga anda dari gangguan angin dan hujan yang lebat, karena biasanya pohon dari bibit hasil cangkokan lebih mudah rubuh ketika awal ditanam.

Cara Menanam Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

4. Perawatan

Cara menanam mangga agar cepat berbuah yang selanjutnya perlu anda lakukan adalah perawatan. Perawatan ini bisa berupa:

  • Penyiangan, hal ini untuk membersihkan tumbuhan lain yang dapat mengganggu pertumbuhan pohon mangga anda bisa berupa rumput atau tumbuhan lain.
  • Penggemburan, semakin lama tanah disekitar pohon pasti akan memadat, maka dari itu perlu dilakukan penggemburan tanah.
  • Pemangkasan, jika anda merasa pohon mangga anda memiliki terlalu banyak tunas, anda bisa memangkasnya karena akan mempercepat pohon berbuah.
  • Pengendalian hama dan penyakit, semua pohon pasti beresiko terkena hama dan penyakit, maka anda perlu melakukan pengendalian.
  • Pemupukan, ada berbagai macam pupuk yang perlu anda berikan dan jangka waktunya juga berbeda-beda, pastikan anda benar-benar paham ketika anda akan memberi pupuk pohon mangga anda.

Semoga cara menanam mangga agar cepat berbuah bisa membantu.