Cara Menanam Kelengkeng Biar Cepat Berbuah

167468 views

Cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah itu bagaimana sih ? Kelengkeng adalah salah satu jenis buah-buahan yang disukai sebagian besar orang, ini karena rasanya yang manis. Buah yang satu ini diminati para petani karena harganya yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah tidaklah terlalu sulit. Bahkan dengan perkembangannya saat ini, kita juga bisa berbudidaya kelengkeng dalam pot lho.

Salah satu problem yang sering dihadapi dalam menanam buah beraroma khas ini yakni jarang ataupun sulit untuk berbuah. Kita tentu tidak hanya ingin bisa menanam kelengkeng hingga tumbuh tinggi, namun juga dapat cepat berbuah bukan ? Jika anda memiliki masalah tersebut simak pembahasan kali ini hingga tuntas. Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah yang perlu anda ketahui :


Cara Menanam Kelengkeng Biar Cepat Berbuah


  • Pemberian pupuk booster

Cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah pertama yaitu pemberian pupuk booster. Pupuk booster merupakan pupuk yang mempunyai kandungan potassium klorat. Potassium klorat adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan mercon atau bom. Pupuk tersebut dapat membuat pohon kelengkeng lebih cepat berbuah, bahkan anda dapat menentukan sendiri waktunya untuk berbuah. Pupuk booster terdiri dengan lengkap dari berbagai unsur seperti asam amino, KNO3, potas juga unsur makro maupun mikro., asam amino, KNO3 dan potas.

Langkah-langkahnya yakni :

  • Syarat untuk pemberian pupuk booster adalah pohon kelengkeng minimal berusia 6 bulan, pohon sehat, pucuk daun setengah tua dengan ditandai daun berwarna hijau muda serta tidak ternaungi.
  • Kulit ari pada batang pokok dikerok dengan bambu, begitu juga pada berbagai cabang primer. Lakukan dengan hati-hati, bagian kulit yang berwarna kecoklatan dikupas secara tipis saja.
  • Bahan untuk pupuk booster dicampurkan dengan air bersih sebanyak 4 - 5 liter, aduk agar semua bahan larut dengan baik.
  • Siapkan lap kain untuk mengelap bagian pohon yang sudah dikerok sampai basah secara merata dengan mencelupkan kain pada larutan dari pupuk booster terlebih dulu.
  • Lalu sisa dari larutan tadi disiramkan pada bagian sekitar pangkal batang.

Pemberian pupuk booster ini lakukan pada pagi hari yang gunanya untuk merangsang tumbuhnya bakal bunga. 1 dosis pupuk booster maksimal digunakan untuk 12 cm lingkar batang. Dan biarkan hingga 4 jam agar larutan benar-benar terserap. Khusus untuk jenis kelengkeng Diamond River, gunakan KNO3 dalam bentuk cair sebanyak 2 botol atau dapat juga diganti NPK 16. Dalam kurun waktu 21 hari sampai 2 bulan bakal bunga akan tumbuh. Pastikan pohon kelengkeng mendapatkan sinar matahari yang cukup agar proses fotosintesis dapat berlangsung secara optimal. Faktor lain juga berpengaruh pada pertumbuhan kelengkeng seperti kesuburan dari tanah, ketinggian tempat serta asal bibit.

Baca juga = cara membuat pupuk organik cair yang benar

  • Pemilihan bibit

cara menanam kelengkeng dari bijinya - cara menanam kelengkeng dengan biji

Bibit merupakan hal penting dalam cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah. Bagi anda baru saja ingin menanamnya, pilihlah kelengkeng jenis pingpong dan diamond river karena dapat berbuah lebih cepat. Dan 2 jenis tersebut cocok untuk ditanam di daerah daratan rendah.

  • Pemupukan

cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah (cara menanam kelengkeng pingpong)

Lakukan secara rutin dalam pemberian pupuk, minimal sebulan sekali. Pupuk yang digunakan yakni NPK 16:16:16. Pada bulan pertama setelah tanam gunakan pupuk taikam atau taodom.

  • Penyiraman

Cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah selanjutnya yaitu penyiraman. Sebaiknya siram pohon kelengkeng sekali dalam 2 hari. Penyiraman diberikan secukupnya saja, jangan sampai terlalu basah hingga akar terendam.

  • Pemangkasan

cara menanam kelengkeng agar cepat berbuah

Pemangkasan juga perlu dilakukan, gunakan pola 1:3:9. Cabang yang banyak akan memperbanyak juga calon dari bakal bunga. Selain itu juga dapat memperindah tajuk.

cara menanam kelengkeng supaya cepat berbuah - cara menanam kelengkeng diamond

Demikian berbagai langkah cara menanam kelengkeng biar cepat berbuah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga cara merancang budidaya tanaman pangan.