Cara Menanam Kangkung Di Polybag

58202 views

Bagi penyuka sayuran, pasti sangat tidak asing dengan sayur kangkung. Menurut kebanyakan orang, kangkung merupakan salah satu sayuran yang enak. Rasanya yang unik membuat kebanyakan orang jadi ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Karena banyak yang menyukai sayuran kangkung, maka banyak juga yang ingin menanam sayur kangkung ini, baik untuk kebutuhannya sendiri ataupun untuk menjualnya. Jika selama ini anda mengenal sayur kangkung ditanam di tempat yang berair, namun kini banyak orang yang mencoba cara menanam kangkung di polybag.

Kangkung memiliki nama ilmiah IpomoeAquatica. Di Asia, kangkung merupakan salah satu sayuran yang paling populer, apalagi di Indonesia. Beberapa olahan kangkung yang sangat populer dan akrab ditelinga adalah tumis kangkung, cah  kangkung dan juga pelecing kangkung. Jika anda memperhatikan, sebenarnya ada, dua jenis kangkung yang sangat sering anda jumpai di warung-warung sayur. Yaitu kangkung jenis daun lurus dan lancip seperti mata panah, dan kangkung yang daunnya tidak lancip dan batangnya memiliki rongga. Kangkung juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan anda yaitu berupa serat, kalsium vitamin A, B dan C, besi, fosfor, protein dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.

Cara Menanam Kangkung Di Polybag

Karena rasa yang khas dan nutrisi yang baik itulah banyak orang yang menggemari sayur kangkung. Jadi, jika anda tertarik untuk menanamnya, berikut adalah cara menanam kangkung di polybag yang bisa anda coba :

Baca Juga = Cara Menanam Bawang Merah Polybag

1. Menyiapkan Bibit Kangkung

Cara menanam kangkung di polybag yang pertama tentu saja menyiapkan bibit kangkungnya terlebih dahulu. Disini sebenarnya terdapat dua pilihan, anda bisa menanamnya secara langsung atau menyemainya terlebih dahulu. Jika anda ingin menanamnya langsung, berarti anda tidak perlu repot namun pertumbuhan kangkung akan lebih lama, jika anda ingin menyemainya terlebih dahulu anda harus menyediakan media semai namun tanaman kangkung anda akan lebih cepat tumbuhnya.

2. Menyiapkan Media Tanam dan Polybag

Cara menanam kangkung di polybag selanjutnya adalah menyiapkan media tanam dan polybagnya. Sediakan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan dua banding satu untuk tanahnya. Dan masukan ke dalam polybag. Biarkan tanah anda terlebih dahulu selama dua hari agar proses pencampurannya berjalan optimal, dan unsur hara yang dibutuhkan juga lebih mudah terserap.

Cara Menanam Kangkung Di Dalam Polybag

Cara Menanam Kangkung Di Dalam Polybag

3. Proses Menanam Kangkung

Untuk bibit yang anda semai terlebih dahulu. Jika bibitnya sudah terlihat bagus, pindahkan bibit kangkung anda dengan hati-hati, ini agar tidak terjadi kerusakan pada akar bibit kangkung. Buat lubang pada tanah anda cukup dengan menggunakan jari telunjuk hingga sedalam 10 cm sebanyak tiga lubang pada setiap polybag. Lalu anda tinggal memasukkan bibit kangkung, dan tutup kembali dengan catatan jangan menutupnya terlalu rapat dan padat. Jika anda memutuskan untuk tidak menyemai bibit kangkung anda terlebih dahulu, anda juga tinggal melakukan hal serupa.

Baca Juga = Budidaya Cabe Merah Dalam Polybag

4. Merawat Tanaman Kangkung

Jika cuaca sedang tidak musim hujan, kangkung perlu disiram pada siang dan sore hari setiap harinya. Cara menanam kangkung di polybag yang dapatanda lakukan selanjutnya adalah, dengan membersihkan tumbuhan lain yang mungkin mengganggu. Jika anda ingin memberikan pupuk, cukup berikan pupuk alami karena sayur kangkung biasanya akan langsung dimasak dan dikonsumsi.

5. Memanen Tanaman Kangkung

Cara menanam kangkung di polybag yang terakhir adalah memanen. Panen bisa anda lakukan jika kangkung sudah memiliki banyak daun pada usia sekitar satu bulan setelah ditanam. Jika anda ingin menjaga kangkung tetap hidup, anda bisa memotongnya, namun jika anda ingin menggantinya dengan tumbuhan lain anda hanya tinggal mencabut tanaman kangkung anda.

Selamat mencoba cara menanam kangkung di polybag dan semoga berhasil.