Cara Menanam Kacang Tanah Dengan Kapas

37067 views

Cara menanam kacang tanah dengan kapas itu gimana sih ? Pada jaman sekarang ini, tanah bukan lagi menjadi satu-satunya tempat untuk melakukan aktivitas menanam. Ada beberapa media lain yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menanam suatu tumbuhan. Salah satu media yang bisa dijadikan tempat menanam adalah kapas, namun tentu saja tidak semua tanaman bisa ditanam di kapas, karena kapasitasnya yang terbatas.

Tanaman yang bisa ditanam di kapas biasanya tanaman-tanaman kecil, dan yang paling sering dilakukan untuk diuji coba adalah tauge dan kacang tanah. Ini seperti yang pernah dilakukan apabila anda melakukan praktek pelajaran biologi pada saat masih bersekolah. Ada banyak orang yang penasaran dengan hal tersebut, jadi tidak jarang orang yang mencari cara menanam kacang tanah dengan kapas.

Cara Menanam Kacang Tanah Dengan Kapas

Kacang tanah ini sendiri merupakan jenis tanaman tropika yang tumbuhnya secara perdu, dengan kisaran tinggi 30 hingga 50 cm. Kacang tanah berasal dari Amerika Selatan. Kacang tanah termasuk dalam kelas dicotyledoneae yang berarti biji berkeping dua, atau dikotil dan termasuk dalam ordo rosales.

Baca juga = ciri ciri tanaman kacang hijau

Namun, cara menanam kacang tanah dengan kapas memiliki kekurangan yaitu karena tidak terdapatnya unsur hara makro dan mikro yang membuat tanaman anda tidak akan tumbuh dengan sempurna. Biasanya media kapas hanya dijadikan tempat perkecambahan saja, karena tekstur kapas yang dapat lebih lama menjaga kelembaban daripada media tanah, dan juga karena kapas bertekstur lembut. Sehingga lebih mudah menerima pertumbuhan akar kacang tanah yang masih sangat lemah. Tetapi jika anda merasa penasaran dan sangat ingin mencobanya, berikut adalah cara menanam kacang tanah dengan kapas :


 Cara Menanam Kacang Tanah Dengan Kapas


  1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah kapas tentunya, wadah untuk menanam, cukup siapkan wadah yang kecil saja jika anda hanya ingin melakukan percobaan, air dan kacang tanah secukupnya.

  1. Kemudian rendam dahulu kacang tanah untuk memudahkan proses perkecambahan. Salah satu proses dalam cara menanam kacang tanah dengan kapas ini sangat penting untuk dilakukan untuk mengefektifkan waktu.
  2. Lalu masukan kapas ke dalam wadah yang telah anda persiapkan sebelumnya, dan taruh beberapa butir kacang tanah.
  3. Beri air pada kapas secukupnya dan jangan sampai berlebihan, karena akan membanjiri kapas da bisa mengakibatkan kacang tanah tidak mau tumbuh.
  4. Tunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya.

cara menanam biji kacang tanah dengan kapas

Biasanya setelah beberapa hari, kacang tanah akan mulai berkecambah dan mulai mengeluarkan daun. Tapi ingat, jika anda ingin menanam kacang tanah untuk menikmati buahnya, media kapas bukanlah media yang tepat. Karena keterbatasan kandungan nutrisi yang didapat kacang tanah dari air dan kapas tidak akan membuat kacang tanah tumbuh maksimal, dan menghasilkan buah seperti ketika anda menanamnya di kebun dengan media tanah.

Seperti yang anda ketahui, untuk tumbuh dengan maksimal, tumbuhan membutuhkan unsur hara makro yaitu nitrogen (N), magnesium (Mg), fosfor (P), sulfur (S), kalium (K), dan kalsium (Ca) dan juga unsur hara mikro yang berupa mangan (Mn), klor (Cl), besi (Fe), seng (Zn), boron (B) dan molibdenum (Mo). Karena sebab itu cara menanam kacang tanah dengan kapas bukanlah media yang tepat untuk melakukan budidaya dan meraup keuntungan.

cara menanam kacang tanah menggunakan kapas

Karena anda sudah mengetahui cara menanam kacang tanah dengan kapas, tidak ada salahnya anda melakukan percobaan di rumah untuk menambah pengetahuan. Anda juga bisa melakukan beberapa penelitian dengan menggunakan beberapa media, dan menempatkannya pada tempat dengan kelembaban suhu dan paparan cahaya matahari yang berbeda. Ini bertujuan untuk melihat perbedaannya. Selamat mencoba. Baca juga cara menanam bawang merah di musim hujan.