Cara Menanam Jagung Manis Dengan Baik Dan Benar

12079 views

Cara menanam jagung manis dengan baik dan benar akan membuat anda mendapatkan hasil yang mempunyai kualitas baik juga. Di Indonesia jagung adalah salah satu bahan makan pokok yang sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Tanaman jagung berasal dari Amerika Tengah yang kemudian dikenalkan diseluruh dunia oleh penjelajah Spanyol. Tanaman jagung dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan yang ideal dan merata dengan struktur tanah yang subur.

Baca juga = macam macam tanah dan ciri cirinya

Untuk dapat menanam jagung manis dapat dilakukan secara mudah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Membudidayakan jagung manis dapat dijadikan sebagai kegiatan sampingan bahkan untuk menambah pendapatan. Pedoman pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil jagung manis dengan kualitas yang baik adalah dengan memperhatikan beberapa cara menanam jagung manis dengan baik dan benar berikut ini :


Cara Menanam Jagung Manis Dengan Baik Dan Benar


  • Syarat benih

bibit jagung manis unggulan

Sebaiknya dalam memilih benih dilihat mutu dari benih tersebut dengan daya tumbuh benih lebih dari 90% dengan kebutuhan benih kurang lebih 20 hingga 30 kg/ha. Sebelum menanam benih lebih baik benih direndam dalam POC NASA dalam waktu semalam.

  • Pengolahan lahan

cara menanam jagung manis yang baik dan benar di musim hujan

Cara menanam jagung manis dengan baik dan benar berikutnya yaitu pengolahan lahan. Lahan yang akan digunakan sebagai tempat menanam benih jagung lebih baik untuk dibersihkan terlebih dahulu dari sisa tanaman sebelumnya dengan cara pembakaran, sehingga abunya dapat digunakan sebagai pupuk organik. Cangkul dan olah tanah dengan dicangkul sedalam 15 hingga 20 cm kemudian ratakan. Dalam jarak 3 m buatlah saluran drainase sepanjang barisan tanaman. Lahan sebaiknya diberi pupuk terlebih dahulu untuk mencegah penyakit layu pada tanaman jagung. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 4 cm hingga 5 cm dengan jarak antar lubang tanam berkisar 30 x 60 cm.

  • Cara menanam jagung manis dengan baik dan benar

cara menanam jagung manis yg bagus

Langkah selanjutnya setelah lahan siap adalah masukkan bibit ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat dengan setiap lubang tanam, baiknya diisi satu benih tanaman jagung manis. Menanam jagung manis yang baik sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan.

  • Penyulaman tanaman

Cek pertumbuhan tanaman jagung setelah seminggu benih jagung manis ditanam. Pada benih bibit yang tidak tumbuh dapat diganti dengan bibit baru untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang seragam. Tahap ini merupakan tahap penyulaman tanaman.

  • Penyiangan dan pembumbunan tanaman

cara menanam jagung manis yg baik dan benar - Cara Menanam Jagung Manis Dengan Baik Dan Benar

Cara menanam jagung manis dengan baik dan benar yaitu dengan melakukan penyiangan secara teratur. Pada usia tanam 2 minggu sejak masa tanam bersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman dengan cara mencabut menggunakan tangan maupun pacul kecil. Cara ini sangat alami karena tidak menggunakan pestisida dan merupakan cara menanam jagung manis dengan baik dan benar yang lebih dianjurkan. Hasil panenpun lebih maksimal dan terhindar dari bahan kimia berbahaya. Agar batang tanaman tidak mudah roboh, lakukan pembumbunan dengan cara mengumpulkan tanah-tanah di sekitar tanaman ke arah akar tanaman jagung manis, hingga terbentuk gundukan tanah untuk menguatkan tanaman. Pada tahap pembumbunan dapat dilakukan setelah tanaman berusia kurang lebih 1 bulan setelah ditanam.

  • Penyiraman

Lakukan tindakan penyiraman secara rutin terlebih jika menghadapi musim kemarau, cara ini bertujuan untuk menjaga kelembaban lahan agar tanaman tidak kekurangan kadar air.

  • Pemumupakan susulan

Setelah berusia 2 bulan sejak benih ditanam lakukan pemumukan kembali agar tanah tetap subur dan kaya akan unsur hara.

Semoga cara menanam jagung manis dengan baik dan benar bermanfaat. Baca juga budidaya tanaman jagung manis.