Cara Menanam Hidroponik Tomat

36003 views

Cara Menanam Hidroponik Tomat - Menanam hidroponik tomat saat ini masih menjadi salah satu cara yang sering dilakukan oleh petani untuk mengendalikan serangga, gulma, bahkan penyakit yang ditularkan melalui tanah. Hidroponik tomat dapat tumbuh di dalam larutan nutrisi selain tanah. Dengan menggunakan cara menanam secara hidroponik, tanaman tomat bisa tumbuh lebih cepat daripada di tanam pada tanah.

Selain itu hasil buah yang didapat dari cara menanam hidroponik tomat lebih besar. Sedangkan menanam dengan cara hidroponik tidaklah sesulit dan semahal yang dibayangkan, dan modal utama dalam menanam hidroponik tomat hanyalah kemauan dan semangat untuk mencoba. Menanam hidroponik tomat dapat dilakukan dengan memanfaatkan botol-botol plastik bekas, pararon, ataupun bahan lainnya yang dapat dimanfaatkan. (Baca juga >> cara menanam selada hidroponik)

Cara untuk melakukan hidroponik dapat dilakukan dengan beberapa cara dan langkah. Berikut ini langkah-langkah cara menanam hidroponik tomat yang bisa anda lakukan :

Cara Menanam Hidroponik Tomat

Cara Menanam Hidroponik Tomat Media Botol Bekas

Cara Menanam Hidroponik Tomat 1

  • Langkah awal yaitu dengan mengumpulkan beberapa botol plastik bekas air mineral ukuran 1500 ml atau sesuai dengan kebutuhan. Setelah botol-botol yang dibutuhkan siap maka lalu potong botol-botol tersebut hingga menjadi dua bagian.
  • Langkah ke-2 pilihlah bibit tomat yang kualitasnya baik, disarankan untuk membeli bibit di toko pertanian dengan memilih bibit unggul yang hasilnya akan lebih memuaskan. Kemudian semailah bibit tomat dengan menggunakan cocopeat sebagai media semai, lalu rawat dengan baik sampai berumur kurang lebih 21 - 28 hari hingga bibit siap dipindah tanam. Dalam memindahkan bibit yang siap ditanam harus hati-hati agar akarnya tidak rusak atau putus.
  • Langkah ke-3 rendam bibit ke dalam air kemudian goyang sampai cocopeatnya lepas dalam air. Lalu dengan menggunakan busa jepit tanaman tomat, kemudian masukan akarnya ke dalam botol plastik yang telah dipotong yang di ambil bagian atas botol.
  • Siapkan air nutrisi di dalam botol pada bagian bawah yang dicat warna hitam, masukkan akar pohon tomat yang tadi dengan posisi akar jangan sampai terendam sepenuhnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari tumbuhnya lumut di dalam air nutrisi.
  • Setelah beberapa hari tomat akan tumbuh semakin besar. Untuk menghindari kurangnya nutrisi pada tanaman, tomat dipindahkan ke dalam satu wadah yang lebih besar. Sehingga pengecekan nutrisi dapat dilakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan tanaman, sehingga tanaman tomat dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Taruhlah tanaman tomat tersebut ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Setelah tanaman tomat mulai memunculkan bakal bunga maka segeralah pasang tali agar tanaman tomat tersebut bisa berdiri tegak.
  • Dalam waktu beberapa hari bunga akan berubah menjadi buah. Karena pada masa berbuah tanaman membutuhkan nutrisi yang banyak, oleh karena itu lakukan perawatan dengan baik sehingga nutrisi di dalam wadah akan tetap terjaga dan tidak kehabisan. Gantilah nutrisi yang baru atau fresh.
  • Setelah buah tomat mulai matang maka buah sudah siap untuk dipanen, panenlah buah yang sudah mulai berwarna merah.
Cara Menanam Hidroponik Tomat

Cara Menanam Hidroponik Tomat

Cara Menanam Hidroponik Tomat 2

  • Langkah awal siapkan benih tomat kemudian taruh benih dalam nampan pembibitan dengan rockwool. Sebelum menambahkan benih rendam rockwool dalam air dengan pH 4,5 lalu masukan pada nampan pembibitan.
  • Langkah ke-2 cara menanam hidroponik tomat, tempatkan bibit pada sumber cahaya selama 12 jam per harinya setelah tumbuh. Usahakan untuk tidak memberikan cahaya pada akar agar tanaman tidak rusak.
  • Langkah ke-3 Pindahkan bibit tomat ke dalam system hidroponik hingga akar mulai menonjol dari bagian bawah nampan pembibitan.
  • Agar tumbuhan berdiri tegak buatlah tali perambatan.
  • Rawatlah tanaman tomat dengan baik agar hasil buahnya bagus.

Selamat mencoba cara menanam hidroponik tomat di atas ya kawan ! Baca juga >> cara membuat hidroponik sistem NFT.