Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air

180482 views

Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air

Hidroponik merupakan salah satu cara menanam dengan tanpa menggunakan tanah sebagai media utamanya, cara ini semakin digemari karena bisa menggunakan bahan-bahan bekas dan bisa diletakkan dimana saja, bahkan digantung ditembok rumah anda. Kelebihan lainnya dari cara menanam hidroponik dengan media air ini adalah, bisa semakin mengasah kreatifitas anda dalam menciptakan media-media terbaru untuk bercocok tanam. Bercocok tanam dengan cara menanam hidroponik dengan media air juga lebih efektif, karena bisa dipanen lebih cepat karena proses pertumbuhannya yang sangat cepat.

Namun, anda juga harus memperhatikan beberapa hal jika ingin melakukan cara menanam hidroponik dengan media air. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketepatan dalam pemberian nutrisi, intensitas cahaya yang diterima tanaman anda dan juga suhu disekitar tempat tanaman anda tumbuh.

Sebenarnya, ada beberapa jenis cara menanam hidroponik dengan media air yang sudah banyak dipakai para pecinta tanaman hidroponik. Namun yang paling sering digunakan adalah dua cara berikut :

  1. Dengan Menggunakan Cara NFT (Nutrient Film Technique)

Cara menanam hidroponik dengan media air yang paling populer digunakan diberbagai negara adalah cara Nutrient Film Technique.Teknik yang satu ini memiliki konsep dasar menanam dengan akar tanamannya tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam, dan menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen dan air secara baik dan tercukupi.

hidroponik menggunakan cara nft

Contoh Hidroponik Menggunakan Cara NFT

Peralatan yang paling utama yang dibutuhkan untuk menggunakan cara menanam hidroponik dengan media air dengan sistem NFT ini adalah, tangki untuk dijadikan sebagai penampung, pipa atau talang dan pompa. Cara merangkai tempat untuk menanam dengan cara ini pada dasarnya dengan menyusun beberapa pipa atau talang yang dipersiapkan untuk menjadi tempat menanam tanaman, dengan ditampa bak penampung dibagian yang lebih rendah, dan bagian lebih tingginya disangga oleh tiang tertentu. Kemudian anda tinggal memasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya lebih maksimal.

  1. Dengan Cara WICK

Cara menanam hidroponik dengan media yang kedua dan juga yang tidak kalah populer adalah dengan menggunakan cara WICK. Cara ini sangat disukai karena sangat mudah untuk dibuat sendiri.Jadi tidak mengherankan jika orang-orang yang baru memulai belajar membuat tanaman hidroponik menggunakan cara ini. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan, bahkan bisa  menggunakan bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Bahan-bahan tersebut adalah botol air mineral dengan ukuran besar, alat pemotong, alat untuk melubangi bisa berupa solder atau bisa juga menggunakan paku, sumbu kompor atau juga kain flanel. Dan untuk media tanamnya, terserah anda mau menggunakan apa. Dan tentu saja yang tidak kalah penting adalah air nutrisinya.

Caranya:

  • Pertama anda potong botol bekas menjadi dua bagian dan beri lubang pada bagian tutup botol.
  • Gabungkan kedua bagian botol.
  • Pasang sumbu ataukain flanel pada lubang di tutup botol, pastikan bahwa sumbu atau kain flanel anda bisa menyerap nutrisi dari botol bagian bawah.
  • Tanam bibit tanaman yang anda pilih pada bagian atas botol.
  • Isi bagian botol yang dibawah dengan air nutrisi dan peralatan menanam hidroponik anda siap untuk digunakan.

Itulah dua cara menanam hidroponik dengan media air yang paling sering digunakan diseluruh penjuru dunia. Tidak ada salahnya anda mencoba salah satu caranya untuk menambah kegiatan positif anda diwaktu luang, dan juga dapat memperindah pekarangam rumah anda, supaya menjadi lebih hijau dan sejuk. Selamat mencoba. Baca juga cara menanam hidroponik dengan botol.