Cara Menanam Durian Musang King

121349 views

Cara menanam durian musang king sebenarnya tidak sesulit yang anda bayangkan. Pohon durian tumbuh di daratan rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Pohon durian tumbuh subur di daerah yang beriklim basah atau daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi dengan tanah yang lembab, gembur, subur dengan kedalaman air tanah tidak lebih dari 1 meter. Bibit dari pohon durian mudah untuk dibudidayakan dengan hasil yang baik, salah satunya jenis durian yang sangat sering ditanaman adalah pohon durian dengan jenis durian musang king.

Durian musang king menjadi durian terbaik sampai saat ini, di Negara asalnya durian ini disebut dengan Mou San Wan yang berarti raja kucing, yang dikenal pertama kali pada tahun 1990. Durian ini menghasilkan buah dengan karakter yang istimewa, dengan daging buah yang berwarna kuning, tampak lembut, rasa yang dimiliki durian ini manis pahit, dan memiliki biji yang kempes sehingga dagingnya terlihat tebal. Para ahli mengatakan bahwa durian musang king tergolong durian yang berdaging buah kering dan merupakan jenis terbaik di kelasnya.

Cara Menanam Durian Musang King

Cara Menanam Durian Musang King

Berikut Cara menanam durian musang king :

1. Langkah pertama cara menanam durian musang king yaitu, carilah bibit pohon durian musang king dengan melihat bentuk daunnya, bentuk daun durian musang king memiliki daun yang lonjong dan memanjang.

2. Kemudian cara menanam durian musang king berikutnya yaitu bersihkan lahan yang akan digunakan untuk menanam bibit pohon durian musang king dari gangguan, seperti rumput dan tanaman liar yang juga dapat mengganggu tanah disekitar lahan. Singkirkan pohon yang mengganggu masuknya sinar matahari ke lahan yang akan digunakan untuk menanam bibit. Pastikan bibit durian musang king ditanamn di lahan yang terkena sinar matahari penuh.

3. Cara menanam durian musang king selanjutnya yaitu buatlah lubang untuk menanam bibit yang sudah disiapkan, dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm untuk ukuran bibit dengan tinggi 1 meter. Sebelum menanam bibit biarkan lubang yang dibuat terkena sinar matahari selama 2 hingga 3 hari, ini agar bakteri di dalam tanah mati sehingga bibit yang akan ditanam terhindar dari bakteri di dalam tanah.

4. Setelah lubang yang dibuat sudah siap untuk ditanami, cara menanam durian musang king selanjutnya yaitu masukan bibit dengan membuka pembungkus bibit yang biasanya terbuat dari plastik. Korek sedikit tanah untuk memasukkan tanah polibek, dan pendam tanah bibitnya tadi, namun jangan sampai tanah memendam batang pohon. Pastikan batang pohon bebas dari tanah dengan menanam bibit rata dengan tanah yang dibawa oleh bibit. Uruglah tanah kekiri dan kekanan, atau melingkari bibit durian musang king.

5. Bagi lahan yang terlalu panas seperti di tepi sawah, lebih baik untuk menutup bawah bibit dengan menggunakan jerami, hal ini bertujuan agar siraman air dibawah bibit tidak mudah menguap. Siramlah setiap sore pada saat musim kemarau agar bibit tetap segar.

6. Untuk mendapatkan hasil bibit yang tumbuh maksimal, makacara menanam durian musang king selanjutnya yaitu pemberian pupuk organik setiap bulan. Caranya yakni dengan menyiramkan ke bagian bawah bibit durian musang king. Perhatikan petunjuk dosis pupuk agar sesuai dengan kebutuhan dengan melihat anjuran yang tertera pada botol pupuk atau wadah pupuk.

7. Selain pupuk organik, setelah bibit tumbuh hingga usia 3 bulan berilah pupuk kandang dengan ukuran seperempat karung untuk pohon yang sudah tumbuh setinggi 1 hingga 2 meter. Selain itu, berilah pada pohon yang sudah berusia 2 tahun sampai 1 tahun pada saat berbuah. Hal ini dapat mempercepat pertumbuhan pohon dan juga buah.

8. Rawatlah pohon dengan baik agar tidak terkena gangguan dari tanaman pengganggu. Selamat mencoba cara menanam durian musang king di atas.