Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

129270 views

Cara menanam durian montong agar cepat berbuah itu cukup mudah - Rasanya sedikit sekali yang tidak menyukai buah yang satu ini. Selain karena rasanya yang legit nan lezat, buah durian juga memiliki aroma yang khas. Banyaknya jenis durian membuat penikmatnya semakin senang berburu buah berduri yang satu ini. Namun tetap saja durian montong masih menjadi salah satu jenis durian yang menjadi primadona. Dagingnya yang tebal dan rasanya yang tidak diragukan lagi ini, membuat orang semakin banyak membudidayakannya untuk mendapat keuntungan. Karena hal tersebut tidak mengherankan jika banyak pembudidaya yang mencari cara menanam durian montong agar cepat berbuah.

Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Baca juga >> cara menanam durian musang king

Banyaknya pembudidaya durian montong membuat anda harus pintar-pintar memilih dan menentukan cara menanam durian montong agar cepat berbuah, dan memiliki buah yang maksimal. Berikut adalah cara menanam durian montong agar cepat berbuah yang sebaiknya anda lakukan jika akan menanam durian ini, dan tidak terlalu lama menunggu untuk menikmati buahnya. Hasil buahnya juga bagus dan tidak mengecewakan.


Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah


  1. Pemilihan Bibit

cara merawat pohon durian montong agar cepat berbuah

Cara menanam durian montong agar cepat berbuah yang pertama ini harus sangat anda perhatikan. Pilihlah bibit yang bagus. Bibit merupakan elemen yang sangat penting untuk menentukan, apakah pohon durian anda akan cepat berbuah atau tidak. Namun jika anda memiliki kemampuan khusus, sebaiknya anda melakukan pembibitan sendiri bukan membeli bibit yang sudah jadi.

Baca juga >> bibit durian unggul yang cepat berbuah

  1. Menyiapkan Media Tanam

Hal ini juga menentukan sebagai salah cara menanam durian montong agar cepat berbuah. Perhatikan tempat anda menanam pohon durian anda mulai dari tanah, pH asam dan basa tanah, pengairan, jadwal menanam hingga menetapkan luas area penanaman.

  1. Membersihkan Lahancara menanam durian montong dalam pot

Bersihkan dahulu lahan yang akan anda tanami pohon durian sebelumnya. Singkirkan batu-batu dan tanaman-tanaman lain yang akan mengganggu pertumbuhan pohon durian montong anda.

  1. Membuat Bedengan

Tanah yang akan anda jadikan bedengan harus anda cangkul sedalam kurang lebih 30 cm, dan menjadikan tanahnya menjadi gembur. Campur tanah yang sudah anda cangkul tersebut dengan kompos dan pasir yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Untuk bendengan dengan ukuran lebar 1 m dan panjang 2 m, berikan pupuk kompos sebanyak 5 kg dan pasir juga sebanyak 5 kg. Biarkan tanah tersebut tercampur selama satu minggu dan semprot dengan basamid untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur.

  1. Perhatikan Jarak Antar Tanaman

Jarak yang paling sering digunakan untuk membudidayakan durian montong adalah sekitar 10 hingga 12 meter. Jarak ini akan berpengaruh penting jika pohon durian sudah besar dan akan berbuah.

  1. Cara Menanam yang Benar

Setelah bibit sudah dianggap cukup untuk ditanam di lahan perkebunan dengan tinggi sekitar 75 hingga 150 cm, cara menanam menentukan buah yang akan dihasilkan. Caranya adalah dengan membuka polybag bibit dengan hati-hati, dan masukan bibit ke dalam lubang yang telah digali sampai batas leher. Tutupi pangkal bibit dengan jerami atau rumput kering, lalu siram dengan air. Berikan naungan untuk melindungi bibit yang baru ditanam agar tidak kering dan mati.

  1. Pemeliharaan Pohon Durian Montong

cara merawat durian montong agar cepat berbuah

Lakukan penyiangan untuk menghindari persaingan, pemangkasan dan pemupukan. Pada tahap awal, buatlah selokan kecil untuk meletakkan pupuk dan tutup kembali selokan. Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk buatan, pupuk kompos atau kandang dan pupuk hijau. Setelah tiga bulan, berikan pupuk NPK sebanyak 200 gram per pohon. Setahun sekali berikan pupuk kandang.

Itulah beberapa cara menanam durian montong agar cepat berbuah yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga penanaman durian montong anda sukses. Baca juga macam macam jamur dan fungsinya.