Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah

103338 views

Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah itu seperti apa sih ?  Cengkeh menjadi salah satu komoditas pertanian yang penting dalam perdagangan. Karena itulah banyak dari petani yang membudidayakan salah satu jenis rempah-rempah ini. Di Indonesia, tanaman cengkeh banyak ditemui di berbagai daerah Sulawesi seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan serta Sulawesi Tenggara. Bahkan cengkeh bukan hanya untuk memenuhi permintaan dari pasar lokal, namun juga untuk luar negeri. Maka tidak heran jika banyak petani cengkeh yang mencari cara menanam cengkeh agar cepat berbuah.

Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah

Cengkeh merupakan jenis tanaman yang sangat cocok berada di daerah yang memiliki iklim panas serta curah hujan yang merata. Kisaran suhu yang baik untuk cengkeh kira-kira 22 hingga 30 derajat Celcius dan dengan curah hujan antara 1500 - 4500 mm per tahunnya. Pada daerah yang memiliki potensi berangin kencang tidak dianjurkan untuk membudidayakan tanaman cengkeh, karena tidak cocok.

Baca juga = tanaman obat asam urat dan rematik

Mungkin banyak dari anda yang menginginkan tanaman cengkehnya dapat segera berbuah. Karena hal tersebut menjadi salah satu masalah bagi petani cengkeh. Dan untuk mengatasinya dengan cara memberikan pupuk. Namun bagi anda yang baru ingin memulainya, berikut beberapa langkah cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yang bisa anda coba :


Cara Menanam Cengkeh Agar Cepat Berbuah


  • Penyemaian bibit

Sebagai tahapan sebelum cara menanam cengkeh agar cepat berbuah, dapat dilakukan penyemaian bibit dulu. Pilihlah bibit cengkeh yang mempunyai kualitas bagus, berwarna kuning muda hingga ungu kehitaman, dan kulit buahnya dikupas dengan perlahan jangan sampai terluka. Lalu direndam hingga ± 24 jam di dalam air. Setelah itu dicuci sambil digosok dan diaduk dalam air. Lakukan 2-3 kali pencucian hingga lendir benar-benar hilang.

Gunakan tanah dengan kondisi gembur yang dicampur pupuk kandang sebagai media tanam, dan diisikan ke dalam polybag. Setelah itu, cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yakni media tanam disiram dan lakukan penyemaian dengan posisi benih yang agak meruncing di atas lalu tutup dengan tanah. Benih yang bagus akan tumbuh kurang dari 3 minggu.

Pastikan kelembaban terjaga, penyiraman dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak posisi bibit. Tempatkan pada lokasi teduh yang berpotensi terkena sinar matahari sebanyak 25%. Untuk melakukan penanaman pada lokasi yang sudah ditentukan, perlu menunggu hingga berusia sekitar 1-2 tahun.

cara menanam cengkeh yang baik dan benar

Bibit Cengkeh Yang Siap Tanam

  • Penanaman Bibit

Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yang benar yaitu bersihkan lahan yang sudah disiapkan dari rumput ataupun gulma terlebih dahulu. Tanah dibajak lalu digaruk sampai tanah menjadi gembur dan diberi pupuk kandang. Buat juga drainase tanah. Diamkan sampai beberapa hari supaya tanah menjadi subur. Buat lubang tanam, jarak tanamnya sekitar 8 x 8 meter. Penanaman dilakukan dengan perlahan, lalu ditutupi tanah yang dicampur pupuk kandang.

cara penanaman cengkeh yang benar

 

  • Perawatan

Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah yang juga tidak kalah penting yaitu perawatan. Lakukan perawatan secara intensif dari usia tanam 1 hingga 4 tahun. Bersihkan lokasi sekitar tanaman dari gulma dengan mencangkulnya secara rutin. Selain itu pemberian pupuk dilakukan secara berkala. Selama dua tahun pertama, lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali. Dan sebaiknya gunakan pupuk NPK Grand-S 15 sebanyak 1,5 kg untuk setiap pohonnya.

Pupuk tersebut dibenamkan mengelilingi pohon cengkeh dengan lebar sama dengan lebar tajuk. Pupuk yang digunakan tersebut terdiri atas Nitrogen, Phospor serta Kalium. Ketiga unsur tersebut memiliki peran yang penting dan dapat memenuhi kebutuhan dalam pertumbuhan dari tanaman cengkeh.

cara menanam pohon cengkeh yang baik dan benar

Bagi anda yang tinggal menunggu masa panen, lakukan perawatan dengan baik seperti yang sudah disebutkan pada point di atas. Tahapan perawatan dilakukan secara rutin dan tepat. Selain itu, lakukan juga tahapan terhadap pengendalian penyakit yang dapat menyerang tanaman cengkeh. Dengan melakukan hal tersebut, maka pertumbuhan dari tanaman cengkeh tidak terhambat. Semoga langkah-langkah cara menanam cengkeh agar cepat berbuah di atas bermanfaat. Baca juga tanaman pengusir nyamuk paling ampuh.