Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik

49047 views

Cabe rawit adalah jenis bahan masakan yang sangat digemari dan banyak ditanam di Indonesia. Terlebih cabe adalah bahan makanan yang memiliki pengaruh besar di pasaran, karena cabe rawit harganya dapat melonjak tajam. Bagi Anda yang mungkin ingin menanam cabe rawit, berikut adalah cara menanam cabe rawit yang baik yang bisa anda lakukan :

  1. Menyiapkan bibit

Cara menanam cabe rawit yang baik yang paling pertama adalah dengan menyiapkan bibit cabe rawit. Setelah itu siapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam cabe rawit, untuk lahan sebaiknya cangkul lahan hingga tanahnya bercampur atau tidak menggumpal. Kemudian beri lubang menggunakan kayu. Taruh pupuk organik yaitu pupuk dari hewan ataupun pupuk kompos ke dalam tanah yang telah dilubangi. Ambil bibit cabe rawit dan letakkan ke dalam lubang tersebut. Tutup sedikit menggunakan tanah yang ada di sampingnya dengan rata.

Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik

Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik

  1. Menanam dalam polybag

Bagi Anda yang tidak memiliki lahan dan ingin menanam cabe rawit,jangan khawatir. Karena anda masih dapat menanam cabe rawit di polybag. Cara menanam cabe rawit yang baik di polybag yaitu siapkan polybag dan beri tanah hingga penuh, kemudian beri lubang pada tanah yang ada di polybag menggunakan kayu. Letakkan pupuk ke dalam lubang tadi seperti cara yang pertama saat menanam cabe rawit di lahan. Letakkan juga bibit cabe rawit dan tutup menggunakan tanah dengan rata.

Baca Juga = Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah

  1. Memperhatikan tanah dan pupuk

Harus diingat dalam cara menanam cabe rawit yang baik, anda harus menggunakan tanah yang kering namun masih dapat diurai. Karena tanah yang seperti inilah yang sangat baik dan cocok untuk menanam cabe rawit. Kemudian dalam penggunaan pupuk sebaiknya gunakan pupuk organik, yaitu pupuk hewan dan pupuk kompos. Karena pupuk organik lebih bagus serta lebih ramah lingkungan, pupuk kompos dapat anda buat sendiri di rumah misalnya menggunakan dedaunan.

Pupuk kompos dari dedaunan dapat anda buat sendiri di rumah, caranya siapkan dedaunan yang ada di sekitar. Anda dapat menggunakan dedaunan kering ataupun dedaunan yang masih hijau. Kemudian timbun daun tersebut ke tanah, biarkan selama beberapa hari dan Anda dapat menggunakan nya sebagai pupuk.

  1. Pemberian air

cara menanam cabe rawit yang baik selanjutnya yaitu pemberian air. Pemberian air untuk cabe rawit juga perlu diperhatikan, hindari memberikan air terlalu berlebihan ke tanaman cabe rawit khususnya pada cabe rawit yang ditanam di polybag. Karena cabe rawit yang ditanam di lahan biasanya ditanam di musim kemarau. Cabe rawit tidak boleh terlalu banyak mendapat air karena akan membuat tanaman menjadi mati. Perlu diperhatikan betul memang, namun tidak akan menjadi rumit apabila anda menjalankan nya dengan baik.

  1. Hama

Saat menanam cabe rawit kadang anda jarang terhindar dari hama. Apabila terpaksa anda harus menggunakan pestisida untuk mencegah adanya hama, anda dapat menggunakan pestisida namun dalam taraf yang normal. Jangan sampai andamenggunakan pestisida terlalu berlebihan dalam tanaman, karena pemberian pestisida secara berlebihan justru akan membuat hama kebal dengan pestisida. Pemberian pestisida secara berlebihan juga akan mengganggu ekosistem yang ada di sekitar, karena pestisida dapat membunuh organisme organisme kecil yang ada di sekitarnya.

Baca Juga =  Cara Menanam Cabe Rawit Dari Biji

Banyak memang petani yang menanam cabe rawit karena harganya yang cukup menjanjikan di pasaran. Apalagi masyarakat Indonesia menyukai masakan dengan rasa yang pedas, sehingga membuat permintaan pasar akan cabe rawit cukup besar. Dengan Anda menanam sendiri cabe rawit Anda dapat menghemat pengeluaran, karena Anda tinggal memanen sendiri tanpa harus membeli di pasaran. Semoga informasi mengenai cara menanam cabe rawit yang baik di atas dapat bermanfaat untuk Anda.