Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik

36752 views

Cara menanam cabe rawit secara organik tidaklah sulit. Mengingat betapa banyaknya orang yang menggunakan cabe dalam menu sehari-hari, maka semakin banyak juga yang mencari informasi tentang cara menanam cabe rawit secara organik untuk mendapatkan hasil yang bagus. Mungkin, ada sebagian dari anda yang ingin menanam cabe rawit hanya sekedar untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Untuk itu, berikut langkah-langkah cara menanam cabe rawit secara organik yang harus ditempuh, diantaranya :

Hal-hal yang dipersiapkan untuk menanam cabe organik, yakni :

  • Polibag dengan ukuran diameter 25-35 cm. Atau anda bisa juga dengan menggunakan pot.
  • Bibit cabe
  • Siapkan media tanam yakni campuran pupuk organik dengan tanah, perbandingannya 1 : 1
  • Pupuk organik cair (Solbi agro atau mikroorganisme lokal).
  • Pestisida organik
  • Ember dan gayung.
  • Handsprayer

Baca jugacara menanam cabe rawit dari biji


Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik


cara menanam cabai rawit secara organik

  1. Bibit cabe yang sudah dipilih disemai terlebih dulu. Anda bisa memperoleh bibit cabe unggul di toko pertanian atau membuatnya sendiri. Caranya, pilihlah cabe yang mempunyai kualitas baik kemudian belah cabe menggunakan pisau dengan hati-hati dan keluarkan bijinya. Setelah itu biji dianginkan sampai kering.
  2. Sebelum dilakukan penyemaian, rendam benih cabe rawit menggunakan air panas dengan tinggi air 1 cm. Biarkan beberapa waktu hingga airnya benar-benar dingin.
  3. Penyemaian bibit cabe rawit bisa menggunakan polybag, pot, tempayan maupun wadah yang lainnya.
  4. Siapkan media untuk penyemaian yakni tanah yang dicampurkan dengan pupuk organik dan perbandingannya adalah 1 : 1. Setelah media penyemaian siap, siram menggunakan PGPR.
  5. Lakukan penyemaian dengan bibit cabe rawit yang sudah disiapkan.
  6. Tempatkan polibag pada tempat yang teduh, tidak terkena cahaya matahari secara langsung.
  7. Cara menanam cabe rawit secara organik yang selanjutnya yaitu lakukan penyiraman pada bibit tersebut. Hal tersebut untuk menjaga kondisi tanah agar tetap lembab hingga beberapa hari sampai tumbuh daun.
  8. Setelah bibit tumbuh daun sekitar 3 sampai 5 helai daun, bibit tersebut telah siap untuk dipindahkan ke media tanam. Atau kira-kira berumur 10-14 hari setelah penyemaian.
  9. Cara menanam cabe rawit secara organik berikutnya yaitu siapkan media tanam yang dimasukkan ke dalam polibag atau pot, untuk memindahkan tanaman cabe. Persiapan media tanam tersebut sebaiknya dilakukan 2 atau 3 hari sebelum proses pemindahan. Media tanam disiram menggunakan mikroorganisme lokal yang dilarutkan dengan air hingga basah. Lakukan pemindahan dengan hati-hati, jangan sampai akar mengalami kerusakan apalagi patah.
  10. Polybag atau pot yang sudah ditanami cabe rawit, diletakkan pada lokasi yang tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari. Setelah seminggu kemudian barulah dipindah pada tempat yang dapat mendapatkan cahaya matahari secara cukup.

Pemupukan

Cara menanam cabe rawit secara organik yang tidak juga kalah penting yaitu pemupukan. Pemberian pupuk dilakukan secara teratur, pada cabe rawit organik tentunya tidak menggunakan zat kimia. Gunakan pupuk organik cair, anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan berbagai bahan nabati. Pemupukan diberikan mulai dari usia tanam pada cabe kira-kira 7 hari. Selain itu, lakukan juga penyemprotan menggunakan pestisida organik. Kemudian buanglah tunas yang tumbuh pada bawah bagian cabang yang pertama.

Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik

Cara menanam cabe rawit secara organik berikutnya yaitu lakukan pengamatan terhadap hama maupun penyakit yang menyerang tanaman cabe. Apabila terdapat hama, ambil bagian tanaman yang diserang hama. Sebaiknya pisahkan tanaman tersebut agar tidak menularkan pada tanaman yang lainnya.

Itulah cara menanam cabe rawit secara organik yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam berkebun. Selamat mencoba. Baca juga cara membuat bibit durian bawor.