Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

55091 views

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Cabe rawit atau yang sering juga disebut Cabe kathur, merupakan buah yang masih dalam anggota ordo solanales dan famili solanaceae serta genus capsicum.Cabe rawit sangat populer dibeberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti di negara Singapura dan Malaysia yang diberi nama cili padi, sedangkan pada negara Thailand diberi nama phrik khi nu, dan pada negara Filipina diberi nama siling lebuyo. Begitu populernya Cabe rawit ini membuat petani Indonesia banyak yang menanam Cabe rawit, dan semakin kesini semakin banyak yang berinovasi dalam menanam Cabe rawit, contohnya dengan menggunakan polybag. Sehingga banyak orang yang mencari Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag.

Jika anda ingin mulai menanam di dalam polybag, berikut Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag yang benar sesuai dengan urutannya :

  1. Mempersiapkan Bibit

Untuk mempersiapkan bibit, anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Memilih buah Cabe yang sehat dan bentuknya bagus, matang sempurna dan ukuran buahnya lebih besar daripada buah yang lain. Hal ini sangat penting untuk menghasilkan bibit yang unggul.
  • Cara selanjutnya adalah dengan membuang bagian pangkal Cabe dan ujung Cabe.
  • Kemudian anda ambil biji Cabe dengan cara menyayat bagian buah Cabe yang tersisa.
  • Setelah anda mendapatkan bijinya, jemurlah biji tersebut pada tempat yang tidak mendapat paparan sinar matahari secara langsung selama sekitar 3 hari.
  1. Menyemai Benih

Untuk menyemai benih, cara yang harus dilakukan adalah:

  • Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan merendam benih selama sekitar 30 menit dengan menggunakan air hangat.
  • Lalu anda harus merendamnya kembali selama sehari semalam dengan menggunakan larutan perangsang akar, agar pohon Cabe dapat tumbuh dengan maksimal.
  • Perhatikan benih yang mengapung ketika proses perendaman benih tersebut. Benih yang mengapung harus dibuang, karena pertumbuhannya tidak akan maksimal dan tidak akan menghasilkan buah Cabe yang bagus. Untuk benih yang tetap tenggelam, bungkus menggunakan kain basah dan biarkan selama sehari semalam lagi.
  • Lalu anda harus menyiapkan media untuk menyemai diwaktu yang bersamaan dengan perendaman benih. Media tersebut berupa tanah yang gembur yang dicampur dengan pupuk kandang, dengan perbandingan satu banding satu. Masukan media semai yang sudah tercampur tersebut ke dalam plastik kecil dengan diameter sekitar 3 – 5 cm dan tinggi 6 cm. Jangan lupa memberi lubang secukupnya untuk sirkulasi udara, dan siram dengan larutan perangsang akar. Media penyemaian ini sebaiknya ditempat pada tempat yang memiliki naungan untuk melindungi dari paparan sinar matahari langsung, kucuran hujan dan hembusan angin.
  • Pindahkan bibit jika sudah memiliki 4 helai daun yang sempurna.
Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Menanam Cabe Rawit Di Polybag

  1. Penanaman

Anda harus mempersiapkan media penanaman berupa polybag yang telah diisi tanah gembur dan pupuk kandang, dengan perbandingan satu banding satuyang sudah disiapkan 2 minggu sebelum penanaman. Kemudian anda tinggal memindahkan bibit dari media penyemaian kedalam polybag.

  1. Perawatan tanaman

Cara menanam cabe rawit di polybag yang tidak boleh dilewatkan adalah perawatannya. Perawatan  tersebut berupa penyiraman, diberi pupuk perangsang tumbuh setelah 7 hari, membuang daun-daun yang tua dan hampir busuk, mencabut tanaman liar yang mengganggu dan menyemprotkan pestisida untuk membunuh hama serta penyakit. Perawatan ini terus dilakukan hingga Cabe matang dan siap dipanen.

Itulah cara menanam cabe rawit di polybag yang benar dan sesuai urutannya. Selamat mencoba dan semoga mendapat hasil yang maksimal. Baca juga cara menanam cabai merah keriting.