Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag

17037 views

Cara menanam cabe merah di polybag itu seperti apa sih ? Karena hidup di negeri yang tidak bisa jauh dari cabe sebagai bumbu penyedap masakan atau dikonsumsi langsung dengan makanan lainnya, rasanya tidak mengherankan jika semakin lama permintaan pasar akan cabe semakin meningkat, baik cabe rawit, cabe keriting maupun cabe merah. Namun permintaan itu tidak berbanding lurus dengan lahan yang semakin lama semakin tergerus kalah dengan pembangunan yang terjadi. Sehingga para petani atau pembudidaya cabe merah harus pintar-pintar untuk menemukan tempat lain sebagai tempat menanam cabe merah.

Tempat yang sampai saat ini masih banyak disukai untuk digunakan adalah polybag, sehingga tidak mengherankan jika banyak orang mencari tahu tentang bagaimana cara menanam cabe merah di polybag. Baik bagi orang yang baru mau memulai menanam cabe atau yang ingin mengganti tempat menanamnya.

Baca juga = cara menanam cabe rawit yang baik


Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag


Berikut adalah urutan cara menanam cabe merah di polybag yang sebaiknya anda lakukan :

  1. Menyiapkan Bibit Cabe Merah

Cara menanam cabe merah di polybag yang pertama tentu saja dengan menyiapkan bibitnya. Menyiapkan bibit ini bisa dengan menggunakan dua cara, yaitu dengan membeli bibit atau anda membuatnya sendiri. Jika anda ingin membuatnya sendiri, caranya adalah :

  • Pilih dahulu buah cabe merah yang ingin anda jadikan bibit, tentu saja anda harus memilih buah cabe dengan kualitas yang baik dan tanpa cacat.
  • Setelah anda sudah memilih beberapa buah cabe merah, selanjutnya buang pangkal cabe dan juga ujung cabe merah.
  • Sayatlah bagian buah cabe yang tersisa untuk mendapatkan biji cabenya.
  • Lalu anda tinggal menjemur biji cabe merah tersebut selama tiga hari dengan meletakkannya di tempat yang tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung.
  1. Penyemaian Bibit Cabe Merah

Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag

Agar bibit anda pertumbuhannya lebih baik dan cepat, anda sebaiknya menyemai bibit cabe merah terlebih dahulu. Caranya adalah :

  • Rendam dulu bibit yang sudah anda jemur dengan air hangat selama kurang lebih setengah jam.
  • Kemudian rendam kembali bibitnya dengan larutan yang dapat merangsang tumbuhnya akar selama sehari semalam agar akarnya dapat tumbuh lebih cepat dan optimal.
  • Pada saat perendaman di point 2, perhatikan jika ada bibit cabe merah yang mengapung berarti bibitnya tidak bagus dan anda bisa membuangnya. Sisa bibit cabe merah yang tetap tenggelam silahkan dibungkus dengan kain dan lembab dan anda biarkan selama semalaman.
  • Siapkan media untuk menyemai bibit cabe merah anda. Gemburkan terlebih dahulu tanahnya dan dicampur dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan sama alias 1 : 1. Buat juga naungan yang berfungsi untuk melindungi bibit yang sedang anda semai dari gangguan berupa angin atau hujan secara langsung. Anda bisa menyemai bibit pada sekotak tanah atau bisa juga menggunakan polybag yang kecil.

  1. Proses Menanam Cabe Merah Di Polybag

Cara Menanam Cabe Merah Di Polybag Dengan Cepat

Cara menanam cabe merah di polybag yang selanjutnya tentu saja menanam bibit yang telah tersemai dengan baik. Bibit yang bisa anda tanam biasanya telah memiliki daun sebanyak 4 helai. Cara menanamnya adalah dengan memindahkan bibit ke polybag atau juga ember / pot plastik yang sudah diisi dengan tanah dan kompos atau pupuk kandang juga dengan perbandingan satu banding satu. Pindahkan bibit anda dengan hati-hati agar tidak rusak dan stres.

  1. Perawatan Cabe Merah

cara menanam cabai merah di polibag

Perawatan cabe merah tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiramnya, memberi pupuk dan membersihkan tanaman liar yang dapat mengganggu tanaman cabe merah anda serta membuang daun yang busuk sehingga tidak menulari daun yang lainnya. Nanti lama kelamaan akan muncul bakal buahnya.

Setelah anda mengetahui cara menanam cabe merah di polybag ini, mengapa anda tidak mencobanya di rumah anda? Selamat mencoba. Baca juga cara menanam cabe rawit secara organik.