Cara Menanam Cabe Dalam Polybag

29416 views

Cabe merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam masakan. Nilai ekonomis dari Cabe juga cukup tinggi membuatnya banyak dikembangkan oleh para petani. Selain itu, Cabe tidak hanya ditanam pada lahan yang luas, tapi bisa juga di halaman maupun pekarangan rumah. Dan salah satunya dengan menanamnya di bolybag.

Menanam Cabe di polybag merupakan cara pembudidayaan tanaman yang cukup mudah untuk dilakukan. Cara Menanam Cabe Dalam Polybag ini sangat cocok  bagi anda yang ingin menanam Cabe di sekitar rumah. Jadi anda bisa mendapatkan Cabe dari hasil cocok tanam sendiri tanpa harus membeli. Ada banyak jenis Cabe yang bisa dipilih untuk ditanam di polybag, salah satunya yaitu Cabe keriting. Cabe keriting termasuk dalam kategori Cabe yang memiliki rasa pedas. Di bawah ini adalah Cara Menanam Cabe Dalam Polybag yang bisa anda lakukan :

1. Pemilihan bibit

Pilihlah bibit yang baik, gunakan Cabe yang sudah masak serta memiliki bentuk yang sempurna. Keluarkan biji Cabe untuk dijadikan sebagai bibit dengan cara mengirisnya secara memanjang. Kemudian biji dikumpulkan dan  dicuci hingga bersih. Untuk mendapatkan bibit yang bagus, rendam biji Cabe tersebut ke dalam air. Buang biji Cabe yang mengapung, karena memiliki kualitas yang buruk. Selain itu anda bisa mendapatkan bibit Cabe di pasaran, misalnya Cabe keriting.

Ada beberapa varietas Cabe keriting dari jenis hibrida sampai varietas lokal. Cara Menanam Cabe Dalam Polybag pada kedua jenis Cabe tersebut perbedaannya tidak terlalu signifikan. Perbedaannya, pada cabe hibrida dalam perawatannya menggunakan jenis produk obat-obatan tertentu. Pada Cabe keriting lokal cara penanamannya lebih mudah dan sederhana daripada Cabe hibrida. Selain itu juga lebih adaptif terhadap kondisi lingkungan namun produktivitasnya lebih baik hibrida daripada lokal.

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag

2. Penyemaian benih

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag sebaiknya dengan menyemai bibit Cabe terlebih dulu, ini agar dapat dipilih benih yang tumbuh dengan sempurna. Selain itu, agar bibit sampai benar-benar siap untuk dipindahkan. Anda bisa menyiapkan sepetak tanah secukupnya yang dicampurkan dengan kompos sebagai media untuk menyemai benih Cabe. Usahakan agar butiran tanahnya sehalus mungkin dan ketebalan tanah sekitar 5-10 cm.

Setelah benih disemai lalu disiram agar tanah basah, tutup lagi dengan tanah. Gunakan plastik transparan untuk melindungi bibit Cabe dari paparan sinar matahari yang berlebih atau air hujan. Setelah bibir berumur sekitar 3 sampai 4 minggu atau hingga tumbuh beberapa helai, barulah dipindah ke polybag.

Baca JugaBudidaya Cabe Rawit Dalam Polybag

3. Penyiapan media tanam

Ketika bibit siap dipindahkan, siapkan polybag kira-kira memiliki ukuran 35 cm yang sudah beri tanah dengan campuran kompos juga arang sebagai media tanam. Lakukan pengayakan pada tanah agar tanah halus. Beri lubang juga pada polybag untuk pembuangan air pada polybag.

4. Pemindahan bibit

Cara Menanam Cabe Dalam Polybag yang selanjutnya yaitu pemindahan bibit. Waktu terbaik untuk melakukan pemindahan bibit adalah pada saat sore atau pagi hari. Karena pada waktu tersebut matahari tidak terlalu terik, sehingga bisa menghindarkan tanaman dari stres. Pemindahan bibit ke polybag dilakukan dengan perlahan-lahan agar akar pada tanaman tidak mengalami kerusakan.

5. Pemeliharaan serta perawatan

Sebagai tahap perawatan, lakukan pemupukan setiap bulan dengan menambahkan sesendok makan NPK untuk setiap polybagnya. Ketika Cabe mulai berbuah berikan kompos atau pupuk kandang. Sedangkan penyiraman dilakukan minimal sekali setiap 3 hari. Selain itu, mulai dari tanaman berumur 20 hari hilangkan tunas yang tumbuh pada ketiak daun agar tidak tumbuh menyamping. Cabe diberi pestisida hanya pada saat terserang hama saja.

Baca JugaCara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Semoga Cara Menanam Cabe Dalam Polybag di atas bermanfaat.