Cara Menanam Cabai Merah Keriting

26941 views

Cara menanam cabai merah keriting tidaklah terlalu sulit. Seperti kita ketahui cabai merupakan kebutuhan utama bumbu dalam setiap dapur rumah tangga. Tidak lengkap rasanya memasak jika tidak menggunakan bumbu. Salah satu jenis cabai yang banyak digunakan adalah cabai merah keriting. Rasanya yang tidak terlalu pedas, dan warnanya yang bagus jika digunakan sebagai bumbu membuat cabai jenis ini banyak digemari.

Jika anda berencana untuk membudidayakannya, cabai merah keriting ini sangat cocok untuk anda tanam. Cara menanam cabai merah keriting juga tidak terlalu sulit, hanya tergantung pada kemauan anda untuk mencobanya. Baca juga = cara menanam cabe merah di polybag


Cara Menanam Cabai Merah Keriting


Jika anda benar-benar ingin membudidayakannya, berikut adalah cara menanam cabai merah keriting yang bisa anda terapkan pada budidaya cabai merah keriting anda :

cara menanam dan merawat cabe merah keriting

  1. Pengelolaan Lahan

Tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah pengelolaan lahan secara tepat. Pengelolaan yang sebaiknya anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Tebarkan dahulu pupuk kandang pada lahan yang akan anda tanami cabai merah keriting.
  • Gemburkan tanah anda dengan cara di garu, dan biarkan selama kurang lebih satu minggu.
  • Berikan dolomit.
  • Buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter, dan beri parit disampingnya dengan lebar sekitar 80 cm.
  • Tutuplah bedengan dengan plastik yang sudah anda lubangi untuk tempat menanam cabai dengan jarak sekitar 60 cm dan 70 cm, dan biarkan selama satu hingga dua minggu.
  1. Benih

Kebutuhan benih anda bisa berbeda-beda setiap luas lahan yang anda butuhkan, yang terpenting gunakan benih dengan kwalitas yang baik. Rendam dahulu biji cabai dengan air hangat dan peram selama satu malam.

Untuk menyemai cabai merah keriting, yang harus anda lakukan adalah :

  • Arahkan tempat persemaian cabe anda mengarah ke timur dan berikan naungan untuk melindungi cabai anda.
  • Media yang dibutuhkan untuk menyemai adalah campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan satu banding tiga. Dan masukan dalam polybag yang kecil.
  • Lakukan penyiraman setiap hari tepatnya pada sore hari dan jangan menyiram terlalu banyak.
  1. Cara menanam cabai merah keriting

Tanamlah pada waktu yang tidak terlalu terik matahari, seperti pada pagi ataupun sore hari. Cara menanamnya anda hanya perlu memindah benih dari tempat penyemaian ke lahan yang sudah anda siapkan, dengan melepaskan benih dari polybag dengan hari-hati. Pilihlah bibit yang sehat yang sudah berumur sekitar 20 – 30 hari, dan sudah memiliki helaian daun sekitar 5 atau 6 helai.

  1. Perawatan Cabai Merah Keriting

Perawatan untuk cara menanam cabai merah keriting yang benar yang sebaiknya anda lakukan adalah :

  • Siram cabai merah keriting anda, bisa dengan cara pengecoran atau penggenangan pada parit yang sudah anda buat.
  • Pemupukan dengan cara pengecoran sebanyak seminggu sekali. Pada umur 1 hingga 4 minggu berikan pupuk SP 36, NASA dan KCL sebanyak 250 gram masing-masing pupuknya untuk ukuran 50 liter berikan sebanyak 50 cc setiap lubang.

cara menanam cabe merah keriting yang benar

  1. Panen

Pemanenan biasanya bisa dilakukan jika cabai telah menginjak umur 60 hingga 75 hari. Jangan panen buah cabai hingga terlalu tua karena akan menjadi tidak awet, dan lakukan penyortiran dari pertama anda memaennya.

Cara Menanam Cabai Merah Keriting

Hama yang sering menyerang cabai merah keriting adalah lalat buah. Jika diserang oleh lalat ini, akan ada cabai yang berisi belatung. Selain itu, penyakit yang biasanya menyerang cabai merah keriting adalah penyakit bercak daun, yang disebabkan oleh jamur dan penyakit busuk buah antraksona. Itulah cara menanam cabai merah keriting yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga cara menanam cabe rawit di polybag.