Cara Menanam Cabai Dalam Polybag

24132 views

Cara menanam cabai dalam polybag masih saja banyak dicari karena caranya yang mudah dan kebutuhan akan cabai tidak ada habisnya. Jika anda terbiasa memasak, pasti anda akan merasa kurang lengkap jika tidak ada cabai, baik cabai rawit, cabai merah, cabai hijau ataupun jenis cabai lainnya sesuai dengan kegemaran anda. Oleh karena itu, banyak orang yang berinisiatif untuk menanam cabai sendiri si rumah sebagai pemenuh kebutuhan rumah tangga.

Karena untuk kebutuhan rumah tangga anda sendiri, anda tidak membutuhkan banyak, cukup empat atau lima polybag saja. Akan lebih baik jika anda tidak menanamnya bersamaan, jadi cabai akan berbuah pada waktu yang tidak bersamaan pula sehingga jika satu pohon cabai tidak berbuah akan ada kemungkinan pohon lainnya akan berbuah.

Baca juga = tanaman hias gantung tahan panas

Cara menanam cabai dalam polybag ini secara garis besar cocok untuk anda terapkan pada semua jenis cabai, jika ada perbedaan mungkin pada pupuk yang anda berikan saja. Cara menanam cabai dalam polybag adalah sebagai berikut :


Cara Menanam Cabai Dalam Polybag


  1. Menyiapkan Terlebih Dahulu Bibit Cabai

cara penanaman cabai dalam polybag

Anda bisa menyiapkan cabai jenis apapun yang anda inginkan. Jika anda mau sedikit repot namun memberikan wawasan baru, anda bisa membuat bibit cabai anda sendiri. Hal ini baik agar anda bisa menentukan kualitas bibit anda, namun jika anda tidak memiliki banyak waktu anda bisa membelinya. Cara membuat bibit cabai adalah sebagai berikut

  • Siapkan terlebih dahulu beberapa buah cabai yang anda anggap memiliki kualitas terbaik.
  • Lalu anda perlu untuk membuang bagian ujung dan bagian pangkal dari cabai.
  • Setelah itu, untuk mendapatkan biji cabainya, anda bisa menyayatnya dengan menggunakan tangan atau pisau.
  • Setelah anda mendapatkan biji cabainya, anda harus menjemurnya terlebih dahulu pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung agar biji cabainya tidak rusak. Penjemuran ini dilakukan selama tiga hari.
  1. Menyemai Bibit Cabai AndaCara Menanam Cabai Dalam Polybag

Agar pertumbuhan cabai anda lebih baik, anda harus menyemai bibit cabai anda terlebih dahulu. Cara menyemai bibit cabai yang baik dan benar adalah sebagai berikut

  • Pertama, anda harus merendam terlebih dahulu bibit cabai anda dengan air yang hangat dengan waktu sekitar 30 menit.
  • Lalu, anda masih perlu merendamnya lagi dengan cairan khusus yang bisa anda dapatkan di toko pertanian yang dapat merangsang pertumbuhan akar agar berjalan lebih cepat dan maksimal. Perendaman ini dilakukan selama sehari semalam. Pada perendaman ini, anda harus memperhatikan bibit yang mengapung dan tenggelam. Jika bibit anda mengapung, anda harus membuangnya karena tidak akan bisa tumbuh dengan baik.
  • Pada bibit yang masih tetap mengendap atau yang berkualitas bagus, bungkus dengan kain yang basah selama sehari semalam lagi
  • Lalu anda harus membuat media penyemaiannya. Media semai yang diperlukan adalah kompos atau pupuk kandang dan tanah yang telah digemburkan terlebih dahulu dengan perbandingan yang sama. Dan anda tinggal menyemai bibit cabai anda.cara menanam cabe dalam polybag
  1. Menanam Bibit Cabai

Cara menanam cabai dalam polybag yang ketiga tentu saja menanamnya. Anda bisa menanam bibit cabai yang sudah memiliki 4 helai daun ketika disemai. Media tanam yang digunakan juga sama dengan penyemaian. Pindahkan bibit dari tempat semai ke tempat tanam dengan hati-hati.

cara tanam cabai dalam polybag

 

  1. Perawatan Tanaman Cabai

tehnik menanam cabe dalam polybag

Cara menanam cabai dalam polybag yang terakhir adalah merawatnya. Anda perlu mneyiramnya dan memberikan pupuk organik. Dan anda juga perlu membersihkan tanaman lain yang akan mengganggu.

Jika semua proses berjalan lancar anda hanya tinggal memanennya tidak lama lagi. Selamat mencoba cara menanam cabai dalam polybag di atas. Baca juga cara menanam cabai merah keriting.