Cara Menanam Bayam Dalam Polybag

83198 views

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil ini, juga bisa anda tanam di pekarangan rumah anda. Jadi, anda bisa menikmati sayur bayam dari lahan sendiri. Salah satunya dengan menggunakan media tanam berupa polybag. Selain itu, anda bisa menghasilkan sayuran yang sehat, karena bebas dari bahaya zat kimia seperti pestisida. Anda juga bisa memanfaatkan lahan sempit yang ada di pekarangan rumah. Penggunaan polybag ini tentunya tidak membutuhkan lahan yang luas. Cara menanam bayam dalam polybag ini sangat cocok bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan.

Agar lahan sempit yang anda miliki bisa lebih optimal, maka buatkan rak memanjang dan bertingkat untuk meletakkan tanaman bayam. Sehingga hasil bayam yang didapatkan bisa lebih banyak. Menanam tumbuhan dengan metode ini memang menghasilkan, karena lokasinya masih disekitaran rumah anda.  Setelah lelah beraktivitas penuh di luar, mungkin rasa lelah anda akan sedikit berkurang ketika melihat tanaman hijau anda.

Cara Menanam Bayam Dalam Polybag

Berikut ini adalah cara menanam bayam dalam polybag yang bisa anda lakukan :

Alat dan bahan yang diperlukan :

  1. Biji bayam atau bisa juga menggunakan batangnya
  2. Media tanam, seperti tanah dan pupuk kandang
  3. Polybag ukuran kecil dan sedang.
  4. Pestisida alami
  5. Sekop
  6. Sarung tangan
  7. Air

Baca Juga = Cara Menanam Kangkung Di Polybag

Langkah cara menanam bayam dalam polybag yaitu :

  1. Cara menanam bayam dalam polybag yang pertama yaitu siapkan biji bayam yang ingin dijadikan bibit. Jika tidak ingin repot anda bisa membelinya di toko pertanian. Tidak harus menggunakan bibit berupa biji saja, anda bisa menggantinya dengan menggunakan batang bayam. Jadi, metode penanamannya dengan cara stek.
  1. Setelah bibit disiapkan, kini buatlah media tanam untuk tanaman bayam. Caranya, tanah, pupuk kandang atau kompos dicampurkan hingga merata. Sebaiknya remas tanah yang akan digunakan, kemudian diayak terlebih dulu untuk mendapatkan media tanam berupa tanah yang halus.
  1. Tanah tersebut digunakan untuk mengisi polybag yang akan digunakan. Pada bagian dasar polybag diberi pecahan dari genteng sebagai penahan. Hal ini dimaksudkan agar ketika disiram tanah tidak akan mudah keluar.
  1. Cara menanam bayam dalam polybag berikutnya yakni penanaman. Jika anda ingin menggunakan bibit bayam berupa batang, maka dengan menanamnya di polybag berukuran sedang. Caranya yaitu hanya dengan menguburkan bagian akarnya ke dalam media tanam. Untuk bibit bayam berupa biji, semai 2-3 biji bayam ke dalam polybag kecil terlebih dulu.
Cara Menanam Bayam Dengan Polybag

Cara Menanam Bayam Dengan Polybag

  1. Ketika bibit bayam mulai tumbuh, dan kira-kira sudah siap untuk dipindahkan. Mula-mula siapkan media tanamnya, yaitu dengan mencampurkan tanah dengan kompos atau pupuk kandang. Lakukan hal sama pada tanah seperti membuat media tanam untuk penyemaian tadi. Ambil bibit bayam yang sudah tumbuh daun tersebut dengan hati-hati, jangan sampai merusak akarnya. Kemudian pindahkan ke polybag dengan ukuran yang lebih besar. Sebelum menanamnya, media tanam disiram dengan air dulu hingga mendapatkan kelembaban yang tepat. Karena bayam merupakan jenis sayuran yang dapat tumbuh dengan baik pada media tanam yang lembab.

Baca Juga = Cara Menanam Bawang Merah Polybag

  1. Cara menanam bayam dalam polybag selanjutnya, tanaman bayam tersebut siap untuk dipindahkan pada tempat penanaman (rak) yang sudah anda sediakan. Pastikan lokasi yang akan digunakan bisa terkena sinar matahari secara langsung.
  1. Kini tinggal tahap perawatan. Perawatan pada tanaman bayam di polybag ini, tergolong mudah. Yang terpenting anda harus rajin serta teratur dalam menyiramnya, lakukan penyiraman dalam satu hari dengan dua kali penyiraman. Selain itu, anda juga perlu melakukan pengecekan pada pertumbuhan tanaman bayam. Pastikan tidak terserang penyakit atau hama.

Selamat mencoba cara menanam bayam dalam polybag di atas.