Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik

69286 views

Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik - Bawang merah adalah satu jenis bumbu yang sering kali disertakan dalam berbagai masakan. Seolah, bawang merah menjadi bumbu yang wajib, setelah bawang putih. Pada dasarnya, bawang merah adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik, baik itu di dataran yang sedang juga dataran yang rendah.

Dalam budidayanya, bawang merah membutuhkan adanya cahaya matahari yang cukup, namun tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak. Nilai ekonomis dari bawang merah juga cukup tinggi, bahkan sering kali mengalami kenaikan harga. Hal ini yang menimbulkan banyak orang ingin mencoba untuk membudidayakannya, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun sebagai peluang usaha. Anda bisa menanamnya di lahan yang luas maupun di pekarangan rumah.

Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik

Baru-baru ini, anda juga orang yang menanam bawang merah dengan cara hidroponik. Pada dasarnya cara menanam bawang merah secara hidroponik maupun sayuran lainnya hampir sama. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan cara menanam bawang merah secara hidroponik berikut ini :

a). Cara menanam bawang merah secara hidroponik yang pertama yaitu menyiapkan bahan. Bahan dan alat yang digunakan meliputi :

  1. Botol plastik bekas
  2. Sekam bakar
  3. Tanah
  4. Benih bawang merah
  5. Kain Flanel
  6. Gunting atau cutter
  7. Air
  8. Nutrisi hidroponik

Baca Juga = Cara Menanam Bawang Merah Polybag

b). Cara menanam bawang merah secara hidroponik berikutnya yaitu membuat media tanam, menggunakan botol plastik bekas. Langkah-langkahnya yaitu :

  1. Potong botol menjadi dua bagian dengan botol bagian bawah lebih panjang sekitar 4 cm.
  2. Tutup botol dilubangi menggunakan cutter secara melingkar dan satu lubang di tengah yang lebih besar. Anda juga bisa menggunakan soldir agar pelubangan pada tutup botol lebih mudah.
  3. Botol bagian atas dilubangi dengan diameter sekitar 1 cm pada bagian atas leher. Lakukan juga pada botol bagian bawah namun jangan terlalu ke bawah.
  4. Masukkan kain flanel yang memiliki lebar sekitar 2 sampai 3 cm melalui lubang tengah tutup botol. Kain flanel ini fungsinya sebagai sumbu untuk perantara air ke tanaman. Anda juga bisa menggunakan sumbu kompor.
  5. Masukkan nutrisi hidroponik pada botol bagian bawah hingga kira-kira di bawah lubang agar larutan hidroponik tidak keluar dari botol.
  6. Tutup botol yang sudah diberi sumbu dipasangkan pada botol bagian atas lalu masukkan ke botol bagian bawah dengan posisi terbalik (tutup botol berada di bawah).
  7. Siapkan media tanam yang akan digunakan yakni tanah dan sekam padi. Sebelumnya lakukan pengayakan pada tanah hingga mendapatkan tanah yang halus. Kemudian campurkan keduanya dengan perbandingan 1:1 dan aduk sampai merata.
  8. Masukkan media tanam ke dalam botol.
Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik

Cara Menanam Bawang Merah Secara Hidroponik

c). Cara menanam bawang merah secara hidroponik selanjutnya yaitu penanaman.

  1. Siapkan benih bawah merah, pilihlah yang sudah tua, sangat kering dan mengkilat. Sebaiknya, pilih umbi bawang merah yang sudah ada akarnya. Atau jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mendapatkan bibit unggul dari bawang merah di toko pertanian maupun di tempat penjualan benih lainnya.
  2. Bersihkan bawang merah lalu potong ujungnya sedikit menggunakan gunting atau cutter.
  3. Sebelum umbi bawang merah akan ditanam, media tanam disiram dulu hingga basah.
  4. Tanam bawang merah sampai tertutupi tanah namun cukup dengan separuh badannya saja.
  5. Simpan pada tempat yang teduh namun masih bisa terkena sinar matahari.

Baca Juga = Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri

Selain menggunakan botol bekas. cara menanam bawang merah secara hidroponik juga bisa menggunakan metode lain, misalnya menggunakan pipa. Namun cara paling sederhana dan mudah adalah menggunakan botol tersebut (sistem wicks). Cara menanam bawang merah secara hidroponik ini tentunya sangat cocok bagi para pemula, atau bagi anda yang hanya sekedar ingin menyalurkan hobi atau mengisi waktu luang. Selamat mencoba.