Cara Memperbanyak Tanaman Pucuk Merah

64961 views

Cara memperbanyak tanaman pucuk merah itu seperti apa sih ? Tanaman pucuk merah yang memiliki nama Latin Syzygium oleana ini merupakan salah satu jenis tanaman perdu, namun belum sepopuler anthurium. Tanaman ini memiliki bentuk kecil memanjang yang berwarna hijau muda, dan tentu saja ujungnya berwarna merah seperti namanya. Semakin banyaknya orang yang menyukai tanaman ini, semakin banyak juga orang yang mencari cara memperbanyak tanaman pucuk merah untuk dibudidayakan. Hal yang paling penting agar tanaman ini dapat menghasilkan pucuknya yang berwarna merah adalah sinar matahari.

Cara lainnya adalah dengan memangkas tanaman ini, yang bertujuan agar tumbuh kembali daun yang muda dan muncul kembali pucuk merahnya. Pemangkasan bisa dilakukan pada setiap tiga bulan sekali. Keistimewaan lain pada tanaman ini adalah, tunas baru yang muncul selalu merata, sehingga pucuknya yang berwarna merah akan terlihat merata dan menawan, asalkan sinar matahari yang diterima juga merata.

Cara Memperbanyak Tanaman Pucuk Merah

Tanaman ini termasuk dalam famili Myrtaceae, tanaman ini juga sangat cocok ditaruh di dalam pot. Tanaman pucuk merah ini biasanya tumbuh dengan tinggi rata-rata sekitar 50 cm hingga 3 meter tergantung ia hidup dimana. Tanaman ini juga tidak harus disiram setiap hari, sehingga bisa dikatakan tidak membutuhkan perawatan khusus. Jika anda ingin memupuknya, anda bisa memberinya pupuk tiga bulan sekali dengan memberinya pupuk NPK.

Baca juga = manfaat tanaman hias bagi kehidupan keluarga


Cara Memperbanyak Tanaman Pucuk Merah


Jika anda sudah mulai tertarik untuk membudidayakan tanaman ini, berikut adalah beberapa cara memperbanyak tanaman pucuk merah yang bisa anda lakukan agar budidaya anda bisa berjalan dengan baik.

  1. Cara Pembibitan

cara mudah memperbanyak tanaman pucuk merah

Cara memperbanyak tanaman pucuk merah yang pertama adalah dengan cara pembibitan. Tahapan untuk melakukan cara ini adalah :

  • Membersihkan lahan yang akan anda jadikan lahan untuk melakukan pembibitan.
  • Mulai menanam bibit, bibit anda bisa dapatkan dengan membeli, atau memintanya pada orang yang sudah memiliki tanaman ini terlebih dahulu.
  1. Dengan Cara Stek
cara memperbanyak pohon pucuk merah

Bentuk stek pucuk merah hampir sama seperti stek jabon ini

Cara memperbanyak tanaman pucuk merah yang kedua adalah dengan cara stek. Untuk melakukan penyetekan, anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :

  • Siapkan terlebih dahulu tanaman pucuk merah yang akan anda stek, pilihlah tanaman yang anda rasa paling baik untuk mendapatkan hasil yang baik juga.
  • Potong daun tanaman pucuk merah yang akan anda stek, dan sisakan beberapa helai daun saja. Sisa daun yang anda sisakan pada tanaman pucuk merah hanya untuk memastikan, apakah tanaman yang anda stek masih sehat atau tidak. Jika daunnya layu berarti tanaman anda berada pada kondisi yang tidak baik.
  • Letakkan tanaman yang sedang anda stek pada tempat yang teduh, sehingga tidak akan kepanasan dan mengurangi resiko stres pada tanaman pucuk merah anda dan mengurangi penguapan yang berlebihan.
  • Berikan cairan atau bubuk yang berguna merangsang pertumbuhan akar tanaman pucuk merah tersebut pada bagian pangkal yang di stek.
  • Pindahkan stek tersebut jika sudah berhasil pada polybag atau pot. Ini agar pertumbuhannya dapat dilihat dengan jelas, dan menentukan apakah stek yang anda lakukan berhasil atau tidak
  • Rawat tanaman pucuk merah yang sedang anda stek dengan cara menyiramnya pada pagi hari dan sore hari.

Itulah beberapa cara memperbanyak tanaman pucuk merah, keberhasilan dalam memperbanyak tanaman anda tergantung pada ketelitian anda. Merawat tanaman ini juga tidak rumit seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Selain dengan pemangkasan, anda juga dapat melakukan pemotesan daun untuk tetap menjaga keindahan tanaman pucuk merah ini, pemotesan ini bisa dilakukan sebanyak dua minggu sekali. Selamat mencoba. Baca juga macam-macam tanaman hias dan gambarnya.