Cara Memelihara Ikan Hias Di Akuarium

21243 views

Bagi Anda penggemar ikan hias pasti sudah tidak asing lagi dengan cara memelihara ikan hias di akuarium. Namun bagi Anda yang baru pertama kali memelihara ikan hias di akuarium, maka perlu pemahaman serta referensi yang banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa cara memelihara ikan hias di akuarium yang bisa anda lakukan :

  1. Cara memelihara ikan hias di akuarium yang penting adalah dengan merawat kebersihan akuarium. Karena dengan kebersihan akuarium maka ikan akan hidup dengan nyaman. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam kebersihan akuarium seperti kebersihan kaca akuarium. Kaca dalam akuarium perlu dibersihkan karena kalau tidak akankotor sehingga mengganggu penglihatan dari luar serta akan membuat kesehatan ikan menjadi terganggu. Bersihkan kaca akuarium beberapa minggu sekali dengan mengelapnya.

  1. Kemudian air dalam akuarium selama beberapa minggu atau sebulan sekali juga perlu diganti. Karena air adalah sumber kehidupan ikan, jadi membutuhkan perawatan yang maksimal. Air perlu diganti supaya kotoran yang ada dapat hilang sekaligus membersihkan sisa-sisa makanan ataupun kotoran si ikan. Dengan air yang bersih dan tidak tercemar, maka ikan dapat tumbuh dengan sehat.
Cara Memelihara Ikan Hias Di Akuarium

Cara Memelihara Ikan Hias Di Akuarium

  1. Memperhatikan oksigen atau sirkulasi udara di dalam akuarium juga merupakan cara memelihara ikan hias di akuarium yang sangat penting. Karena apabila tidak dibersihkan sirkulasi udara atau pompa air di akuarium, dapat membuat ikan cepat mati. Dengan udara yang lancar ikan dapat tumbuh dengan sehat.

  1. Makanan ikan juga wajib diberikan. Anda dapat memberikan makanan untuk ikan pada pagi dan juga sore hari, bila perlu pada saat sore hari juga diberikan. Namun perlu diingat bahwa pemberian makanan untuk ikan hias tidak boleh berlebihan, karena dapat membuat ikan mati. Ikan akan terus makan apabila ada sesuatu makanan di depannya, dan ikan juga tidak tahu apakah dirinya sudah kenyang atau tidak. Oleh karena itu apabila anda memberikan terlalu banyak makanan, ikan akan makan terus menerus sehingga membuat nya mati. Cara memelihara ikan hias di akuarium yang juga perlu diperhatikan dalam pemberian makan untuk ikan yaitu,sesuaikan ukuran makanan ikan dengan jenis ikan yang ada. Jangan sampai makanan ikan terlalu besar padahal si ikan sendiri ukuran nya kecil.

  1. Biasanya sebuah akuarium terdapat lampunya untuk menerangi akuarium ketika malam hari. Anda tidak boleh lupa akan hal ini, karena lampu sangat bermanfaat untuk ikan dimana dengan sinar khususnya di malam hari, ikan dapat mencari makan dengan baik. Kemudian dengan adanya lampu akan membuat keindahan akuarium semakin terpancar. Jadi jangan lupakan untuk memberi lampu pada akuarium.

Baca Juga = Cara Merawat Ikan Hias Di Akuarium Kecil

  1. Cara memelihara ikan hias di akuariumberikutnya yaitu memelihara ikan sapu-sapu. Dengan demikian, dapat membuat akuarium tampak bersih. Ikan sapu sapu memakan kotoran ataupun limbah yang ada di dalam akuarium, karena itu ikan sapu sapu dapat membantu membersihkan akuarium secara maksimal.Anda dapat memelihara satu sampai dua ekor ikan sapu sapu di dalam akuarium.Sebelumnya harus diingat pula bahwa Anda harus menyesuaikan ukuran ikan dengan ukuran akuarium. Jangan sampai ikan dengan ukuran yang besar ditempatkan di akuarium dengan ukuran yang kecil.

Baca Juga = Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape

  1. Anda juga dapat menanam tanaman aquascape di dalam akuarium. Dengan adanya tanaman yang ada di dalam akuarium,maka dapat menambah keindahan akuarium. Selain itu dengan adanya tanaman di dalam akuarium akan membuat ikan lebih bergerak kesana kesini mencari tempat persembunyian. Tambahkan pula batu-batu atau pasir pantai untuk semakin menambah keindahan akuarium. Semoga cara memelihara ikan hias di akuarium di atas bisa membantu.