Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana

18067 views

Hidroponik merupakan cara menanam tanaman yang masih banyak peminatnya. Karena bertanam hidroponik merupakan cara bertanam yang unik. Hidroponik dapat dilakukan secara sederhana ataupun secara modern. Hidroponik secara modern menggunakan alat yang canggih juga sudah mulai dilakukan. Namun apabila Anda tidak dapat menggunakan hidroponik dengan cara yang canggih, cara sederhana pun bisa anda lakukan, yaitu menggunakan barang barang yang ada di sekitar anda. Walaupun dengan menggunakan Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana, anda masih dapat menanam tanaman dengan hasil yang baik dan tidak kalah kualitasnya dengan hidroponik modern.

Anda dapat membuat tanaman hidroponik sederhana sendiri di rumah dengan menyiapkan berbagai alat, bahan, dan tidak lupa pula tanaman yang akan ditanam. Pertama siapkan alat dan bahan seperti botol bekas ukuran besar, gunting, soldier untuk membuat lubang pada botol, tanaman yang akan ditanam misalnya daun bawang ambil tunas nya, kain flanel, air, dan pupuk hidroponik.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana

Cara membuat tanaman hidroponik sederhana yang pertama dilakukan yaitu potong botol menjadi dua bagian, bagian atas dan bagian bawah. Lalu lubangi botol bagian atas menggunakan soldier, buat lubang satu saja sebesar mata soldier. Setelah itu buat lubang pada tutup botol. Lubangi juga botol bagian bawah, namun jangan terlalu rendah, artinya sedikit di atas, ingat lubangi satu saja.

Penting ! = Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri

Setelah itu, cara membuat tanaman hidroponik sederhana yang berikutnya yaitu siapkan kain flanel. Potong persegi panjang dengan ukuran panjang dan lebar 1x10cm. Buatlah memanjang, dan nantinya akan dimasukkan ke tutup botol. Tumpuk kedua botol dengan botol bagian atas berada di bagian atas, namun dalam keadaan terbalik. Sehingga menutupi botol bagian bawah. Sebelumnya pada botol bagian bawah telah diberi air terlebih dahulu. Pemberian air jangan terlalu banyak, cukup seperempat botol bagian bawah saja hingga menyentuh kain flanel dari botol bagian atas.

Kemudian setelah kedua bagian botol tersebut disatukan, sekarang tinggal botol bagian atas yang tutupnya telah diberi kain flanel. Kain flanel tersebut berfungsi sebagai akar yang akan menyambungkan tanah dengan air. Isi botol bagian atas menggunakan tanah untuk tanaman, pengisian tanah sebaiknya sebanyak volume botol bagian atas tersebut. Tanam tunas daun tanaman yang akan anda tanam, dan sekalian juga diberi pupuk hidroponik. Setelah itu maka, cara membuat tanaman hidroponik sederhanatelah selesai.

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Susah gampang sebenarnya untuk membuat tanaman hidroponik, namun cara membuat tanaman hidroponik sederhanainilah cara yang sangat mudah. Selain itu bahan-bahan yang digunakan pun dapat anda temukan di sekeliling, tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Atau sama sekali anda tidak usah mengeluarkan uang, karena andadapat menggunakan bahan bekas.

Penting ! = Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Sesekali setelah air yang ada di botol bagian bawah apabila habis, anda dapat mengisi kembali lewat lubang yang telah dibuat. Ataupun anda juga dapat mengangkat bagian atas botol untuk mengisi air pada botol bagian bawah. Jadi perlu perhatian khusus untuk merawat tanaman ini, namun anda tidak perlu repot mengisi air setiap hari, karena masih ada air yang ada di botol bagian bawah.

Dengan teknik cara membuat tanaman hidroponik sederhanaseperti ini, anda juga tidak perlu repot repot menyiram tanaman setiap hari, karena ada kain flanel yang berfungsi seperti akar untuk menyangkut air dari botol bagian bawah ke botol bagian atas.

Demikianlah Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana yang bisa langsung anda coba sendiri disini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.