Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah

36023 views

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah

Untuk kehidupan rumah tangga, memiliki tanaman hijau meskipun di pekarangan yang kecil sangatlah menyenangkan. Selain untuk menyejukkan mata, menanam tanaman juga merupakan kegiatan positif yang sangat bagus untuk dilakukan bersama keluarga, untuk mengisi waktu luang dan mempererat hubungan antara anggota keluarga. Salah satu teknik menanam yang sangat cocok untuk anda gunakan di rumah anda adalah cara hidroponik. Cara membuat tanaman hidroponik di rumah juga terbilang mudah dan tidak memakan banyak tempat, hal ini tergantung pintar-pintarnya anda menyusun tanaman anda.

Hal yang perlu diperhatikan untuk membuat tanaman hidroponik adalah air dan nutrisinya. Ya seperti namanya, air adalah komponen utama untuk menggantikan tanah dalam memberikan asupan nutrisi dan unsur hara. Tapi tidak perlu khawatir, karena sekali lagi cara membuat tanaman hidroponik di rumah terbilang tidak sulit. Selain itu, jika anda sudah mulai mahir, anda bisa menjual hasilnya pada tetangga-tetangga anda, sehingga bisa menambah pundi-pundi penghasilan anda.

Cara yang aling sederhana adalah dengan menggunakan sistem wick, berikut adalah cara membuat tanaman hidroponik di rumah paling sederhana yang bisa anda buat :

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Botol bekas air mineral dengan ukuran besar, biasanya 1,5 liter sampai dengan 2 liter.
  2. Alat untuk membuat lubang, bisa berupa solder atau pake, yang penting memiliki ujung yang runcing.
  3. Alat untuk memotong bisa berupa cutter atau gunting.
  4. Media untuk menanam, anda bisa menggunakan sekam yang sudah dibakar atau cocopeat.
  5. Nutrisi atau pupuk hidroponik, anda bisa membeli yang sudah jadi atau meraciknya sendiri. Namun meracik nutrisi hidroponik tidak bisa dibilang mudah tapi anda bisa menghemat biaya.
  6. Sumbu kompor atau anda juga bisa menggunakan kain flanel.
Tanaman Hidroponik Sederhana

Tanaman Hidroponik Sederhana

Cara membuatnya:

  1. Cara membuat tanaman hidroponik di rumah yang pertama, anda potong dahulu botol bekas menjadi dua bagian. Pastikan bagian atas lebih kecil dengan gunting atau cutter yang telah anda siapkan sebelumnya
  2. Cara membuat tanaman hidroponik di rumah selanjutnya adalahmembuat lubang dengan solder atau paku pada bagian atas botol dibawah bagian tutup botol, inisebagai tempat pembuangan dan lubang udara.Anda juga perlu membuat lubang pada bagian tutup botol untuk memasang sumbu atau kain flanel untuk mengalirkan air nutrisi.
  3. Gabungkan kedua bagian botol dengan posisi bagian atas yang sudah dipotong tadi dengan posisi lubangnya menghadap kebawah dan ditumpuk pada bagian bawah botol.
  4. Pasang sumbu ataukain flanel pada lubang di tutup botol yang sudah anda buat sebelumnya, untuk sarana untuk menyalurkan air nutrisi dari botol bagian bawah.
  5. Masukan nutrisi pada botol bagian bawah secukupnya yang penting sumbu atau kain flanel dapat menyentuh air nutrisi.
  6. Tanam bibit tanaman yang yang anda inginkan pada botol bagian bekas yang sudah anda isi sekam atau media menanam lainnya. Cara membuat tanaman hidroponik anda sudah selesai dan anda tinggal menunggu hasilnya.

Itulah cara membuat tanaman hidroponik di rumah yang sangat mudah untuk anda lakukan. Anda juga harus memperhatikan cahaya matahari agar jangan terlalu panas dan suhu, sehingga dapat merusak tanaman hidroponik anda. Jika anda mencoba membuat tanaman nutrisi sendiri, anda harus benar-benar membuat takaran yang tepat. Jadi tidak akan merusak tanaman hidroponik anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga cara membuat nutrisi hidroponik alami.