Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dan Contohnya

161003 views

Hidroponik atau menanam menggunakan air tanpa media tanah kini telah mulai diminati. Sebab selain tidak kotor, menanam hirdoponik juga bisa anda lakukan meski tinggal di perkotaan atau perumahan yang tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam. Berbagai hasil sayuran bisa didapat dari cara hidroponik ini seperti selada, sawi, caisim, kemangi, paprika, tomat cabe, dan lain-lain. Sayuran segar bisa anda dapatkan dari pekarangan rumah anda yang sempit. Asal perawatan dan nutrisinya terpenuhi hasilnya juga bisa memuaskan seperti ditanam pada media tanah. Hasil panennya bisa anda nikmati sekeluarga dan menghemat pengeluaran. Cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya juga tidaklah sulit. Untuk kali ini, cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya yang akan dibahas adalah menanam sawi dengan teknik sumbu (wick). Cara ini merupakan teknik menanam hidroponik yang lebih mudah dan murah. Cara membuatnya yaitu :

Siapkan terlebih dahulu bahan dan alat berikut :

  • Benih sawi, untuk jenis sawi nya bisa sesuai selera karna biasanya mudah tumbuh dengan hidroponik
  • Air bersih
  • Botol bekas air mineral
  • Gunting/ pisau
  • Rockwool
  • Arang sekam dan sabut kelapa
  • Nutrisi hidroponik
  • Sumbu dari kompor, kain bekas, kain flannel atau kapas
Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dan Contohnya

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dan Contohnya

Tahapan yang dilakukan dalam cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya meliputi : pembibitan/ penyemaian, pembuatan media tanam, penanaman, dan perawatan. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini :

1. Pembibitan atau penyemaian

Benih terlebih dahulu perlu disemai, agar nantinya terlihat bibit mana yang bagus dan tidak cacat untuk kemudian ditanam. Penyemaian sebaiknya dengan media rockwool, karena bebas hama dan penyakit juga menyerap air dengan baik. Caranya yaitu :

  • Potong-potong rockwool lalu semailah 1-2 biji benih pada satu rockwool.
  • Basahi dengan air.
  • Letakkan pada nampan kemudian simpan di tempat gelap.
  • Tunggu hingga berkecambah.
  • Kemudian pindahkan ke tempat terang, namun tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Semprot rockwool dengan air pagi dan sore secukupnya.
  • Setelah berumur 2 minggu dan tumbuh daun tandanya siap dipindahkan ke media tanam.

Artikel Terkait = Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana

2. Pembuatan Media Tanam

Potong botol bekas menjadi dua bagian atas dan bawah. Bagian atas tutupnya dilubagi secukupnya agar sumbu tidak lepas, dari sumbu inilah air nutrisi akan terserap ke atas untuk kemudian diserap oleh akar. Setelah sumbu terpasang, isikan campuran arang sekam dan sabut kelapa ke dalam botol bagian atas, sedangkan bagian bawah diisi nutrisi hidroponik cair sebanyak 2/3 bagian botol bawah. Setelah selesai, tinggal pasangkan botol bagian atas dan bawah dengan posisi tutup botol menghadap ke bawah.

3. Penanaman

Setelah media tanam dan bibit sawi siap, pindahkan bibit dari tempat penyemaian dengan tanpa merusak akar sawi. Lubangi media tanam kurang lebih 1-2 cm kemudian tanam benih.

Baca Juga = Cara Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana

4. Perawatan

Tahapan terakhir dari cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya adalah perawatan. Sawi tentu dapat berkembang dengan baik bila dirawat dengan benar, salah-salah tanaman sawi justru tidak berkembang dengan baik atau bahkan mati. Tanaman perlu ditambahi cairan nutrisinya setiap hampir habis, bisa juga dengan disemprotkan pada tanaman. Cahaya matahari untuk sawi harus cukup tidak kurang dan tidak lebih. Setelah 60 hari sejak masa tanam, sawi sudah dapat anda panen hasilnya.

Bagaimana? Sudah tertarik menanam tanaman hidroponik? Selamat menanam dan semoga informasi cara membuat tanaman hidroponik dan contohnya di atas bisa bermanfaat.