Cara Membuat Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya

27207 views

Karena semakin banyak teknik yang bisa digunakan untuk melakukan bercocok tanam, semakin banyak juga cara yang bisa anda lakukan untuk menyalurkan hobi anda menanam, tanpa perlu jauh-jauh pergi ke kebun. Salah satu teknik yang sering dilakukan adalah hidroponik. Hidroponik semakin sering digunakan karena dianggap sebagai salah satu cara yang efektif dan efisien. Oleh karena itu tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang mencari tahu cara membuat tanaman hidroponik beserta contohnya.

Karena hidroponik belum terlalu lama mulai booming seperti beberapa tahun belakangan ini, maka banyak sekali cara membuat tanaman hidroponik beserta contohnya yang sangat sederhana. Jika anda sudah semakin sering mencoba membuatnya, anda akan semakin mahir dan bisa membuat sendiri hidroponik sesuai dengan kreatifitas dan kebutuhan anda. karena instalasi hidroponik sebenarnya bisa anda modifikasi sendiri secara bebas, yang penting nutrisi yang dibutuhkan dapat berjalan lancar dan tumbuhan anda bisa bertumbuh kembang dengan baik dan optimal.

Baca juga = cara membuat nutrisi hidroponik sederhana

Untuk tanaman yang anda bisa tanam sebenarnya bebas, namun yang paling sering ditanam berupa sayuran dengan daun hijau. Karena pada contoh kali ini adalah contoh yang sederhana, anda juga sebaiknya memilih sayuran sederhana yang tidak tumbuh terlalu besar dan memakan banyak tempat seperti kangkung atau sawi. Jika anda ingin menanam tanaman yang lebih besar dan menghasilkan buah, anda bisa menggunakan teknik hidroponik lain yang lebih kompleks dan juga lebih canggih juga pastinya.

Baca juga = cara membuat hidroponik sistem NFT

Berikut adalah cara membuat tanaman hidroponik beserta contohnya yang sederhana yang pasti bisa anda ikuti di rumah.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :

  • Wadah untuk menanam, karena ini adalah contoh yang sederhana anda bisa menggunakan botol bekas dari air mineral atau minuman bersoda yang biasa anda dapati di warung-warung sekitar rumah anda
  • Alat untuk memotong botol bekas anda, anda bisa menggunakan gunting, cutter atau pisau dapur biasa.
  • Alat untuk membuat lubang, anda bisa menggunakan paku. Siapkan paku dengan ukuran berbeda karena nantinya anda akan membuat lubang dengan ukuran berbeda.
  • Media tanam yang ingin anda gunakan, tentu saja bukan tanah karena hidroponik tidak menggunakan tanah sama sekali. Media tanam ini bisa berupa rockwoll, sekam atau yang lainnya.
  • Nutrisi untuk tanaman hidroponik, gunakan nutrisi organik karena tanaman kali ini akan anda konsumsi sendiri.
  • Sumbu ataupun kain flanel yang nantinya akan digunakan untuk menyerap nutrisi.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya

contoh cara membuat tanaman hidroponik

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya

cara membuat tanaman hidroponik dengan botol bekas

Cara membuat tanaman hidroponik dengan botol bekas

  • Untuk cara membuat tanaman hidroponik beserta contohnya yang pertama yang perlu anda lakukan adalah memotong botol bekas anda hingga menjadi dua bagian. Pastikan bahwa anda memotongnya dengan rapi dan bagian atas lebih kecil.
  • Buatah lubang pada tutup botol dengan paku yang lebih besar, namun jangan terlalu besar agar ketika sumbu dipasang tidak terlalu longgar. Buat juga lubang di bagian atas botol dengan paku yang lebih kecil untuk tempat udara masuk dan keluar.
  • Kemudian anda perlu memasang sumbu pada lubang di tutup botol. Biarkan sumbu menjuntai agar nantinya dapat menyentuh air nutrisi dan menyerapnya.
  • Isilah air nutrisi yang sudah anda buat ke bagian bawah botol.
  • Isikan juga media tanam ke bagian atas botol lalu tanam bibit sayuran anda.
  • Dan yang terakhir adalah dengan menyatukan kembali kedua bagian botol yang telah dipotong dengan posisi tutup botol menghadap ke bawah.

Jika semua proses berjalan lancar maka anda tinggal menunggu sayuran anda tumbuh membesar dan siap untuk dipanen. Selamat mencoba cara membuat tanaman hidroponik beserta contohnya di atas. Baca juga artikel cara menanam tanaman hidroponik.