Cara Membuat Hidroponik Sistem NFT

76317 views

Cara Membuat Hidroponik Sistem NFT - Bagi anda yang suka bercocok tanaman, dan suka mencoba hal-hal baru serta metode baru, anda pasti tidak merasa asing lagi dengan cara hidroponik. Cara hidroponik sebenarnya belum terlalu lama menjadi terkenal, namun semakin lama semakin banyak saja orang yang menyukai cara hidroponik. Teknik dalam melakukan cara hidroponik juga beragam, namun sistem hidroponik yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah sistem WICK dan sistem NFT. Karena sebab itulah semakin banyak orang yang mencari tahu cara membuat hidroponik sistem NFT.

NFT adalah singkatan dari Nutrient Film Technique. Meskipun ada kata film dalam sistem ini, namun sistem ini tidak ada kaitannya dengan film. Sistem NFT ini memiliki konsep dasar cara menanam yang akarnya tidak tertanam dalam pada air, tetapi akar tanamannya hanya tumbuh dengan cukup dangkal pada nutrisinya, sehingga mendapat asupan oksigen dengan baik dan optimal. Namun tetap mendapatkan nutrisi dan air dengan maksimal juga, sehingga tumbuhan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. (Baca juga >> cara membuat nutrisi hidroponik alami)

Jika anda ingin menggunakan cara membuat hidroponik sistem NFT, yang perlu anda perhatikan adalah air yang anda jadikan media tanam, harus selalu mengalir dengan baik dan nutrisi yang anda berikan mencukupi dan seimbang. Jika anda mulai tertarik untuk menggunakan teknik NFT ini, berikut adalah cara membuat hidroponik sistem NFT :

Cara Membuat Hidroponik Sistem NFT

Cara Membuat Hidroponik Sistem NFT

  1. Cara membuat hidroponik sistem NFT yang pertama

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah talang air dengan panjang 1 meter sebanyak 6 buah, styrofoam dengan ukuran 1 m dan sebanyak 6 buah juga untuk dijadikan penutup talang air, pipa air untuk dijadikan tempat aliran air.

Cara pertama yang anda perlu lakukan adalah membuat lubang pada Styrofoam untuk menjadi tempat tanam sebanyak 5 buah, dengan ukuran diameter 6 cm masing-masing lubangnya. Pasang Styrofoam pada talang air dan pasang pipa pada ujung kedua talang sebagai tempat aliran air.

Anda bisa menyusunnya secara vertikal dengan menggunakan rak yang juga bisa anda buat sendiri, terserah dengan kreatifitas anda. Cara menanam tanamannya juga sangat mudah, anda tinggal meletakkan bibit tanaman dan memberikan media tanam rockwoll.

  1. Cara membuat hidroponik sistem NFT yang kedua

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

Bor listrik dengan mata bor hidroponik, tang, gergaji besi, paralon dengan diameter 3 inchi sebanyak 2 buah, paralon dengan diameter 0.5 inchi sebanyak 2 buah, sambungan paralon 0.5 inchi 7 buah, tutup paralon 8 buah ukuran 3 inchi, pompa aquarium, selang, sekam bakar, gelas plastik yang bawahnya sudah dilubangi, paralon berbentuk L, sambungan paralon yang memiliki drat, ember, lem paralon, fiber.

Cara membuatnya adalah :

  • Potonglah paralon 3” menjadi 4 bagian dan beri lubang dengan bor listrik. Ada baiknya anda mengukurnya terlebih dahulu sesuai dengan keinginan anda.
  • Beri lubang pada tutup paralon, pastikan lubangnya pas dengan drat sambungan paralon.
  • Buat instalasi dengan menyusun paralon secara vertikal dan pasang pipa air pada ujung paralon. Instalasi ini bisa anda sesuaikan dengan kreatifitas anda. Lalu pasang drat.
  • Masukan pompa air ke dalam ember yang sudah diisi air nutrisi terlebih dahulu, koneksikan pompa dengan selang agar air dapat mengalir kebagian atas.
  • Lalu anda tinggal memasukkan media tanam ke dalam gelas plastik yang sudah dilubangi dan meletakkan bibit tanaman. Dan anda tinggal memasukkan gelas plastik ke dalam paralon.

Itulah beberapa cara membuat hidroponik sistem NFT yang bisa anda praktekkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga >> cara menanam hidroponik sederhana dan mudah.