Cara Membuat Hidroponik Di Rumah

24421 views

Cara Membuat Hidroponik Di Rumah - Untuk kebutuhan rumah tangga anda, ada baiknya anda memiliki tanaman sendiri berupa sayur agar anda tidak bergantung pada tukang sayur. Cara yang anda gunakan juga dapat beragam, cara yang saat ini paling banyak digemari untuk digunakan adalah cara hidroponik. Karena untuk kebutuhan rumah anda, anda tidak membutuhkan banyak alat yang susah didapatkan dan juga mahal, berbeda dengan jika anda ingin melakukan budidaya yang pasti membutuhkan peralatan yang lebih kompleks dan mahal.

Cara membuat hidroponik di rumah juga tidaklah sulit, caranya bahkan bisa dibilang cukup sederhana. Terlebih lagi, karena tidak menggunakan media tanam berupa tanah anda tidak perlu merasa takut kotor. Hidroponik di rumah anda juga tidak akan memakan banyak tempat, hidroponik bisa anda letakkan di belakang rumah anda. (Baca juga >> kelebihan dan kekurangan hidroponik)

Tanpa perlu dijelaskan panjang lebar, anda pasti sudah memahami bahwa hidroponik merupakan teknik menanam dengan tidak menggunakan tanah. Oleh sebab itu, anda harus memberikan nutrisi pengganti agar tanaman anda tetap bisa tumbuh dan berkembang seperti selayaknya. Maka yang perlu anda perhatikan dalam cara membuat hidroponik di rumah adalah nutrisi apa yang tepat untuk anda berikan pada tanaman anda. karena hidroponik kali ini hanya untuk rumahan, anda tidak perlu memberikan nutrisi yang terlalu kompleks dan rumit seperti anda memberikan nutrisi jika anda melakukan budidaya dalam jumlah besar.


Cara Membuat Hidroponik Di Rumah


Cara Membuat Hidroponik Di Rumah

Cara Membuat Hidroponik Di Rumah

Sekali lagi, karena dalam taraf rumahan, cara membuat tanaman hidroponik di rumah adalah cara yang paling mudah dan bisa dikatakan paling murah juga. Anda tidak perlu menyiapkan paralon dan cara instalasi yang rumit dan sulit, alat yang anda butuhkan adalah :

  • Botol bekas yang bisa anda dapatkan dari botol bekas air mineral yang banyak dijual.
  • Alat untuk melubangi, jika anda tidak memiliki solder, anda bisa menggunakan paku atau alat yang memiliki ujung lancip lainnya.
  • Gunting atau cutter yang akan anda gunakan untuk memotong.
  • Media tanam. anda bisa memilih rockwoll, cocopeat, sekam yang sudah dibakar atau media tanam lainnya.
  • Air nutrisi untuk nutrisi hidroponik, lebih baik jika anda membuatnya dari bahan organik, namun anda juga bisa menggunakan pupuk kimia yang kemudian anda larutkan.
  • Alat untuk menyerap nutrisi bisa berupa akin atau sumbu.

Cara membuat hidroponik di rumah ini adalah sebagai berikut :

  • Potonglah botol bekas yang anda pilih menjadi dua bagian, buat agar bagian atas lebih kecil daripada bagian bawah dengan cara menggunakan alat pemotong yang sudah anda siapkan sebelumnya
  • Kemudian, anda juga perlu membuat lubang pada bagian tutup botol plastik, tidak perlu terlalu besar yang penting pas dengan sumbu yang untuk menyerap air nutrisi. Selain itu buat juga botol di sekitar atas botol untuk sirkulasi udara
  • Pasang sumbu pada lubang, lalu isilah media tanam yang anda pilih dan masukan bibit yang akan anda tanam. akan lebih baik jika bibit tersebut sudah anda semai terlebih dahulu.
  • Isi air nutrisi hidroponik pada bagian bawah botol, tidak perlu terlalu penuh yang penting dapat tercapai sumbu yang sudah anda pasang sebelumnya
  • Cara membuat hidroponik di rumah yang selanjutnya adalah dengan menyatukan kembali botol namun botol bagian atas anda balik sehingga tutup botolnya mengarah ke bawah

Itulah beberapa cara membuat hidroponik di rumah, cara sederhana ini juga biasa disebut dengan sistem WICK. Jika anda menginginkan cara yang lebih canggih, anda bisa membuatnya jika anda sudah mulai mahir dengan teknik-teknik lainnya. Baca juga >> cara membuat hidroponik sistem NFT.