Cara Membuat Bibit Durian Bawor

23072 views

Cara membuat bibit durian bawor tidaklah sulit. Durian bawor mungkin belum seterkenal durian montong. Namun jika anda sangat menggemari buah durian, mungkin anda harus berkenalan dengan durian bawor. Yah, karena durian jenis ini baru mulai ada dari tahun 1996. Durian bawor ini merupakan jenis durian asli Indonesia dan dikembangkan oleh orang Banyumas. Durian ini disebut-sebut sebagai pesaing durian montong, bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa durian bawor jauh lebih berkualitas daripada durian montong.

Cara Membuat Bibit Durian Bawor

Namun, bibit durian bawor ini bisa dibilang masih cukup mahal. Banyaknya orang yang mulai penasaran ingin mencoba durian bawor, membuat banyak orang ingin menjadi pembudidaya durian bawor ini. Karena harga bibitnya yang masih mahal maka banyak orang yang mencari tahu cara membuat bibit durian bawor dan mencoba membuatnya sendiri.

Baca juga = bibit durian unggul cepat berbuah

Durian bawor juga sering disebut dengan Durian Bhineka Bawor. Durian bawor ini sendiri merupakan jenis durian montong oranye yang batangnya sengaja disambung langsung dengan jenis durian lain yang dianggap cocok untuk menjadi “kaki baru”, dengan tujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan durian, dan juga menyebabkan lebih cepatnya durian berbuah. Kata bawor ini sendiri bisa diartikan sebagai kaki ganda.

Jadi tidak heran jika durian bawor tidak memiliki pohon yang tinggi, bahkan buahnya bisa hampir bersentuhan dengan tanah. Buah dari jenis durian bawor juga sangat besar dan daging buahnya sangat tebal dengan biji yang sangat kecil. Banyaknya kelebihan tersebutlah yang membuat orang banyak yang penasaran dengan cara membuat bibit durian bawor.


Cara Membuat Bibit Durian Bawor


cara pembuatan bibit durian bawor

Berikut adalah cara membuat bibit durian bawor yang bisa anda coba, anda tentu saja membutuhkan buah durian bawor untuk anda ambil bijinya dan anda jadikan bibit.

  1. Sediakan buah durian bawor yang sudah matang dan tidak ada kerusakan pada buah durian bawor tersebut.
  2. Pilih biji durian yang anda anggap paling bagus dari buah durian bawor tadi.
  3. Sediakan polybag atau pot dan tanah, serta pupuk kompos dengan perbandingan satu banding satu.
  4. Semai biji durian bawor anda pada polybag tadi, lalu anda siram dari larutan ZPT organik dan Trichoderma dengan air.
  5. Cara membuat bibit durian bawor yang berikutnya adalah dengan membiarkan biji durian anda tumbuh menjadi bibit sekitar 20 hari.
  6. Ketika bibitnya telah tumbuh, potong bagian atas bibit dan belah bagian tengah batang sedalam 2 cm. Pastikan anda hanya membelahnya sekali dan benar-benar lurus.
  7. Siapkan pucuk dari dahan pohon durian bawor yang sudah pernah berbuah, pilih pucuk dahan yang bagus dan daunnya lengkap.
  8. Lancipkan bawah pucuk dahan dengan cutter dan buat agar pas dengan bagian bibit yang sudah anda belah tengahnya tadi.
  9. Buang daun dari pucuk dahan pohon, pasangkan bagian yang anda runcingkan dengan batang yang sudah anda belah, lalu ikat dengan tali plastik.
  10. Balut ikatan anda dengan plastik (bisa plastik es lilin) hingga tempat penyambungannya tertutup.
  11. Masukan bibit anda sebatas tempat penyambungan dengan plastik dan ikat hingga rapat agar tidak terjadi penguapan pada sambungan.
  12. Letakkan bibit anda pada tempat yang teduh.
  13. Siram bibit anda setiap sore hingga berusia 3 minggu dan pastikan bibit anda tidak busuk atau mati.
  14. Jika berhasil, siram bibit 2 minggu sekali dengan larutan yang sama seperti point 4.
  15. Pada usia ke 3 bulan, bibit anda sudah bisa ditanam

Itulah cara membuat bibit durian bawor, selamat mencoba dan semoga sukses. Baca juga cara menanam durian montong agar cepat berbuah.