Cara Budidaya Jahe Gajah Di dalam Karung

28142 views

Cara budidaya jahe gajah di dalam karung itu cukup mudah lho. Siapa bilang budidaya yang menjanjikan hanyalah pohon mangga dan durian? Ada budidaya lain yang selama ini disepelekan, namun sebenarnya sangat menghasilkan dan menjanjikan. Salah satunya adalah budidaya jahe, dan yang semakin digemari belakangan ini adalah budidaya jahe gajah.

Budidaya jahe gajah ini disukai karena caranya yang tidak rumit dan modal awal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Teknik yang bisa digunakan juga beragam salah satunya adalah menanam jahe gajah di dalam karung. Teknik ini cukup menarik perhatian sehingga banyak orang yang mencari tahu cara budidaya jahe gajah di dalam karung.

Baca juga = tanaman obat keluarga dan manfaatnya

Jahe gajah ini sendiri merupakan jenis jahe yang paling banyak disukai pasar, baik pasar lokal maupun internasional. Hal tersebut dikarenakan rasa dari jahe gajah tidak terlalu pedas, dan ukuran dari jahe gajah yang besar dan terlihat gemuk. Warna dari rimpang jahe gajah ini bisa putih maupun kuning, tergantung dari unsur hara yang diterima ketika ditanam.


Cara Budidaya Jahe Gajah Di dalam Karung


Jika anda berniat melakukan budidaya tanaman jahe gajah, berikut adalah cara budidaya jahe gajah di dalam karung yang bisa anda lakukan :

  1. Pemilihan Bibit Jahe Gajah

cara budidaya jahe gajah dalam karung bibit jahe

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, maka anda harus menyediakan bibit yang baik pula. Pilihlah bibit yang anda ambil langsung dari kebun jangan yang anda beli dari pasar. Pilih bibit dari tanaman yang sudah dewasa, yaitu yang sudah berusia sekitar sepuluh bulanan. Jangan gunakan bibit jahe yang rusak atau lecet dan layu. Jangan langsung tanam bibit, namun semaikan dahulu bibit hingga berkecambah, sehingga pertumbuhannya lebih baik.

  1. Menyiapkan Media Tanam

Cara budidaya jahe gajah di dalam karung yang kedua adalah dengan menyiapkan media tanamnya. Karena anda memilih teknik menanam dengan menggunakan karung, maka persiapkan karung dengan ukuran yang tidak terlalu kecil, dan tentu saja tanah yang menurut anda subur dan campur dengan pupuk kompos. Masukan tanah ke dalam karung jangan terlalu padat, sehingga pertumbuhan akarnya nanti akan lebih mudah.

  1. Menanam Jahe Gajah

Cara Budidaya Jahe Gajah Di dalam Karung

Berhati-hatilah ketika anda akan menanam jahe gajah di dalam karung. Buat lubang yang muat dengan tempat anda melakukan pembibitan atau penyemaian bibit jahe gajah anda. Masukan bibit anda ke dalam karung yang sudah diisi dengan tanah dan, tutup kembali dengan tanah. Kemudian siram dengan air untuk menjaga bibit jahe agar tidak layu.

  1. Pemeliharaan Tanaman Jahe Gajah

cara menanam jahe gajah dalam karung

Cara budidaya jahe gajah di dalam karung yang berikutnya tentu saja dengan melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan yang penting dilakukan untuk menjaga tanaman jahe gajah anda adalah sebagai berikut :

  • Lakukan penyiraman setiap hari ketika sedang jarang hujan. Ketika tanaman jahe anda sudah tua dan tidak lama lagi akan dipanen anda sudah bisa menghentikan penyiraman.
  • Ketika jahe anda berumur 2 bulan lakukanlah pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan batang baru dan untuk menyeragamkan pertumbuhan jahe dalam satu karung.
  • Penggemburan tanah. Ini sebaiknya dilakukan agar pertumbuhannya baik dan sirkulasi udara terjaga.
  • Pupuk yang diberikan adalah pupuk organik setiap dua bulan sekali. Selain itu anda juga perlu melakukan pembumbunan untuk menutupi rimpang jahe yang mulai muncul ke permukaan.
  • Pengendalian hama. Biasanya hama yang menyerang adalah ulat dan belalang, jadi anda harus sering-sering mengecek jahe anda dan juga menyemprotkan insektisida.

Setelah anda melakukan cara budidaya jahe gajah di dalam karung di atas, maka anda tinggal menunggu panennya ketika usia jahe sudah mencapai 10 bulan. Cirinya adalah jahe anda akan mengering. Anda harus memanennya dengan hati-hati agar jahe anda tidak rusak. Baca juga cara menanam pepaya di pekarangan rumah.