Cara Budidaya Jahe Gajah Dalam Polybag

18283 views

Cara budidaya jahe gajah dalam polybag tidaklah sulit. Jahe adalah tanaman jenis rempah-rempah sekaligus tanaman obat yang mempunyai banyak manfaat. Hal tersebut yang membuat tanaman ini diburu banyak orang untuk memperoleh manfaatnya. Jahe sendiri terdapat beberapa jenis, salah satunya adalah jahe gajah. Jenis tanaman ini sangat cocok berada di daerah dataran tinggi antara 400 s/d 800 mdpl serta pada suhu sekitar 20 sampai 30 derajat Celcius. Dan bisa di tanam di lahan yang luas maupun di lahan yang terbatas.

Baca = macam macam tanaman obat keluarga

Bagi yang memiliki lahan sempit seperti pekarangan rumah, anda masih bisa bertani jahe dengan menggunakan polybag. Bagaimana cara budidaya jahe gajah dalam polybag? Berikut setiap tahapan yang harus dilakukan :


Cara Budidaya Jahe Gajah Dalam Polybag


Cara Budidaya Jahe Gajah Dalam Polybag

Cara Budidaya Jahe Gajah Dalam Polybag 1 : Mempersiapkan Media Tanam

Pada penggunaan polybag sebagai media tanam, sebaiknya gunakan yang memiliki ukuran besar. Dengan begitu jahe gajah yang akan dihasilkan juga semakin banyak dan dan ukuran minimalnya 40 x 50 cm. Media tanam untuk mengisi polybag bisa memakai campuran dari tanah, pasir serta pupuk organik dan perbandingannya 2:1:1. Tanah yang cocok adalah gembur juga subur. Arti dari gembur dan subur disini, kondisi dimana tanah remah serta komposisi antara liat, debu serta pasirnya seimbang dan memiliki unsur hara yang tinggi. Penggunaan pasir apabila kondisi tanah terlalu liat dan gunakan pasir ladu/pasir yang terdapat campuran lumpur. Dan untuk pupuk, gunakan pupuk kandang atau kompos.

cara menanam jahe gajah dalam polybag

Cara Budidaya Jahe Gajah Dalam Polybag 2 : Pemilihan bibit

Demi menghasilkan jahe gajah yang berkualitas bagus, salah satu faktor penentunya adalah bibit yang juga bagus. Kategori bibit jahe yang bagus adalah yang berasal dari induk tanaman jahe yang tua atau paling tidak berumur 10 bulan. Dengan tanda, semua bagian daun pada tanaman jahe gajah telah kering dan mati ( berumur sekitar 9-10 bulan). Kemudian mempunyai mata tunas paling sedikit dua, segar, kulit rimpang tidak cacat atau lecet, tidak terkena penyakit.

Cara Budidaya Jahe Gajah Dalam Polybag 3 : Penyemaian

Gunakan peti kayu untuk penyemaian, pada bagian dasarnya ditaruh selapis bakal bibit. Beri sekam padi atau abu gosok lalu di atasnya bakal bibit, lakukan urutan yang sama hingga beberapa lapis dengan posisi paling atas ialah sekam padi. Sekitar 2-4 bibit akan tumbuh sebagai tanaman muda. Jika sudah memiliki 3-5 helai daun atau dengan tinggi kira-kira 10 cm bibit bisa dipotong dari rimpangnya. Lalu siap untuk melakukan penanaman dengan media polybag. Untuk penanaman bibit, pakailah ukuran diameter dari polybag antara 7 – 10 cm . Tempatkan tanaman Jahe pada ruangan yang tidak mendapat cahaya matahari secara langsung sampai berumur 1,5 - 2 bulan.

Cara Budidaya Jahe Gajah Dalam Polybag 4 : Penanaman

Dalam tahapan penanaman harus dilakukan secara perlahan-lahan. Buat lubang, ukurannya sama dengan polybag bibit lalu bibit jahe dimasukkan ke dalam lubang tersebut dengan menyertakan media penyemaiannya. Setelah itu, ditutupi menggunakan media yang ada di sekitar dengan sedikit memadatkannya. Proses terakhir pada tahapan ini adalah melakukan penyiraman menggunakan air bersih.

Cara Budidaya Jahe Gajah Dalam Polybag 5 : Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman Jahe pada polybag terdiri dari penyiraman, penyiangan, penggemburan, pemupukan serta pengendalian terhadap hama. Penyiraman diberikan pada setiap hari secara rutin dan waktu yang paling cocok adalah sore hari. Dan ketika jelang masa panen, penyiraman dihentikan. Kemudian hilangkan tumbuh yang ada di sekitar tanaman jahe agar tidak mengganggu pertumbuhan. Untuk penggemburan agar memperbaiki sirkulasi udara dibantu dengan memakai cetok. Selain itu, media tanam ditambahkan pupuk organik tiap 2 bulan sekali. Takarannya kira setengah dari polybag yang dipakai. Anda bisa memasang perangkap sebagai pengendalian hama memakai plastik dengan warna terang yang diolesi lem.

Selamat mencoba cara budidaya jahe gajah dalam polybag. Baca juga budidaya jahe dalam keranjang.