Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

27927 views

Ikan hias air tawar merupakan salah satu hobi yang tidak pernah surut dari perhatian para pembudidaya. Bentuk-bentuk ikan yang menarik dengan tampilan warna yang elok membuat ikan hias air tawar menjadi salah satu yang sering diburu oleh masyarakat luas. Jenis dari ikan hias beragam dengan kemudahan cara budidaya ikan hias air tawar. Serta permintaan yang tinggi baik dari lokal maupun ekspor, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembudidaya.

Pengertian dari ikan air tawar itu sendiri adalah ikan yang menghabiskan hidupnya di air tawar, seperti sungai dan danau dengan salinitas kurang dari 0,05%. Perbedaan dari lingkungan air tawar dengan lingkungan air laut adalah tingkat salinitasnya.Pada ikan yang hidup di air tawar membutuhkan adaptasi fisiologis yang bertujuan menjaga keseimbangan konsentrasi ion dalam tubuh.

Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Dari 41% spesies ikan sering ditemukan di lingkungan air tawar.Secara fisiologi ikan laut dan ikan air tawar berbeda dalam beberapa aspek. Ikan harus mampu mendifusikan air sembari menjaga kadar garam dalam cairan tubuh secara simultan. Dalam beradaptasi bagian sisik ikan juga memiliki peran penting, pada ikan air tawar yang kehilangan banyak sisik ikan akan mendapatkan kelebihan air yang berdifusi ke dalam kulit dan dapat menyebabkan kematian pada ikan.

Baca Juga = Pengertian Tanaman Hias Bunga

Bagi seseorang yang memiliki hobi memelihara ikan hias,akan rela merogoh kantong jutaan sampai ratusan juta rupiah untuk membudidayakannya. Sehingga untuk dapat mendapatkan hasil budidaya ikan hias yang baik, maka dapat dilakukan dengan menjaga kualitas dan kuantitas. Berikut ini cara budidaya ikan hias air tawar dengan baik :

1. Siapkan wadah untuk pemeliharaan ikan hias air tawar

Wadah yang digunakan dapat dari berbagai jenis selama tidak bocor. Sedangkan dalam budidaya ikan hias air tawar yang sering digunakan adalah wadah seperti akuarium, kolam plastik, kolam bak dari semen, dan sebagainya dengan ukuran yang beragam. Wadah untuk budidaya terdiri dari wadah untuk perawatan induk, wadah untuk pemijahan, wadah untuk penetasan telur, wadah untuk pendederan, wadah untuk pembesaran dan wadah penampungan hasil.Dan wadah yang disediakan tergantung pada jenis ikan.

Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Budidaya Ikan Hias Air Tawar

2. Lingkungan hidup ikan hias air tawar

Cara budidaya ikan hias air tawar yang satu ini harus anda lakukan dengan baik. Lingkungan hidup ikan hias air tawar sangat berpengaruh pada suhu, air, pH (keasaman), kandungan oksigen, kesadahan air, dan juga kecerahan. Lingkungan hidup yang ideal bagi ikan hias rata-rata adalah dalam suhu air 24-300C, pH 6-7, kecerahan air 30-60cm, dan oksigen terlarut >3 ppm.

Artikel Terkait = Jenis Jenis Tanaman Hias Dan Penjelasannya

Untuk mendapatkan sumber air untuk budidaya dapat berasal dari air sungai, air tanah, dan PAM. Dari jenis air tersebut harus diendapkan lebih dahulu selama 12 sampai 24 jam sebelum dipakai agar kandungan oksigen terlarutnya cukup dan gas-gas yang lainnya menghilang.

3. Pakan ikan

Pakan ikan dapat diberikan sesuai dengan jenis ikan, pakan ikan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pakan buatan (pellet yang memiliki kadar protein) dan pakan alami (cacing sutra, ikan hidup, serangga, dan lainnya).

4. Pemilihan calon indukan ikan hias

Cara budidaya ikan hias air tawar yang selanjutnya yaitu memilih calon indukan. Pada induk yang akan digunakan harus mencukupi umur untuk dipijahkan dan sudah matang gonad (kelamin).

5. Siapkan alat, bahan, dan media untuk proses pemijahan

Untuk budidaya ikan hias air tawaryang tidak dapat memijah secara alami, dapat dilakukan dengan cara menyuntikkan hormone perangsangan agar dapat memijah baik secara alami.

6. Penetasan telur

Penetasan telur tergantung pada tiap jenis ikan hias yang dibudidayakan. Pada biasanya telur akan menetas setelah 24 jam menjadi larva.

7. Setelah telur menetas maka ikan hias dipindahkan ke wadah-wadah yang sudah disediakan untuk pembesaran.

Selamat mencoba cara budidaya ikan hias air tawar di atas.