Cara Bertanam Hidroponik Untuk Pemula

164595 views

Apakah anda sudah pernah mendengar tentang tanaman hidroponik ? Kebanyakan dari anda pasti pernah mendengarnya atau bahkan sudah pernah mencobanya. Bercocok tanam dengan cara hidroponik merupakan cara menanam yang tanpa membutuhkan media tanah sebagai tempat menanamnya.

Cara ini semakin disukai saja karena tidak membutuhkan bahan dan peralatan yang rumit, bahkan bisa menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Terlebih bagi anda yang menyukai mencoba hal-hal baru, cara menanam dengan teknik seperti ini harus anda coba, karena akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anda. Bagi anda yang masih ingin mencoba jangan khawatir, karena ada banyak cara bertanam hidroponik untuk pemula, sehingga anda bisa mencobanya dengan sistem yang paling sederhana.

Untuk anda para pemula, hal yang harus anda perhatikan adalah, anda harus memastikan air nutrisi yang anda gunakan benar-benar tepat dan dapat terserap secara sempurna (Baca juga : membuat nutrisi hidroponik organik) Ini karena menanam tanpa media tanah ini berarti nutrisi yang didapat tanaman hanya berasal dari air nutrisi yang anda berikan. Hal juga tidak kalah penting adalah cahaya yang diterima tanaman anda, anda letakkan tanaman anda pada tempat yang terlalu panas.


Cara Bertanam Hidroponik Untuk Pemula


Berikut adalah dua cara bertanam hidroponik untuk pemula yang paling sederhana dan mudah untuk dipraktekkan :

  1. Dengan Menggunakan Cara NFT (Nutrient Film Technique)

Cara ini bisa dibilang sebagai cara yang paling populer dan paling banyak digunakan. Teknik yang satu ini memiliki konsep dasar menanam tanaman dengan posisi akar berada pada bagian lapisan nutrisi yang dangkal, alias tidak terlalu dalam. Namun anda harus memastikan sirkulasinya berjalan lancar, sehingga oksigen dan nutrisinya juga berjalan lancar.

Peralatan yang paling utama yang dibutuhkan untuk menanam dengan sistem NFT ini adalah tangki sebagai penampung, pipa dan pompa. Cara membuat tempatnya untuk menanam dengan cara ini adalah, dengan menyusun pipa yang sudah diberi lubang untuk tempat tumbuhannya dengan bak penampung di bagian yang lebih rendah. Dan bagian terakhirnya anda hanya tinggal memasang pompanya untuk melancarkan aliran air nutrisi.

  1. Dengan Cara WICK

Cara bertanam hidroponik untuk pemula yang juga banyak diparaktekkan adalah dengan menggunakan cara WICK, alias sumbu. Cara ini sangat populer karena cara membuatnya yang sangat mudah. Jadi sangat mungkin para pemula yang ingin belajar menanam hidroponik menggunakan cara ini. Selain itu, alat dan bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan bahkan bisa barang-barang di rumah anda yang sudah jarang digunakan lagi

Cara Bertanam Hidroponik Untuk Pemula

Cara Bertanam Hidroponik Untuk Pemula

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah adalah botol plastik air mineral berukuran besar, alat untuk memotong, alat untuk membuat lubang yang ukurannya tidak terlalu besar, sumbu kompor yang sudah tidak terpakai, atau anda juga bisa menggunakan kain flanel dan media tanamnya terserah pilihan anda. Dan jangan lupakan juga air nutrisi yang akan anda gunakan.

Caranya membuatnya :

  • Potong botol plastik bekas milik anda menjadi dua bagian dan beri lubang pada bagian tutup botol.
  • Gabungkan kedua bagian botol tersebut dan pastikan posisinya tepat.
  • Pasang sumbu kompor bekas anda atau kain flanel pada lubang di tutup botol, pastikan bahwa sumbu anda akan dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan secara maksimal.
  • Tanam bibit tanaman yang anda suka.
  • Isi bagian botol yang di bawah dengan air nutrisi.

Cara menanam hidroponik untuk pemula tidak terlalu sulit bukan ? Itulah dua cara bertanam hidroponik untuk pemula yang sangat mudah untuk anda buat sendiri. Semakin anda kreatif, semakin keren juga tempat bertanam anda. Yang penting adalah jangan malas untuk mencoba.