Cara Bertanam Hidroponik Sederhana

53737 views

Cara Bertanam Hidroponik Sederhana adalah cara terbaik dalam pemanfaatan lahan sempit. Selain itu, dengan cara hidroponik akan akan mendapatkan sayuran maupun buah-buahan berkualitas sehat, karena bersih dari kandungan pestisida. Hidroponik ini, salah satu cara menanam tumbuhan yang cukup mudah dan sebagai alternatif bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan, dan tidak memiliki lahan yang luas.

Hidroponik sendiri merupakan metode dalam budidaya tanaman menggunakan media tanam utama berupa air dan tidak membutuhkan unsur tanah. Anda bisa melakukannya di pekarangan rumah misalnya. Berkebun memang merupakan aktifitas yang menyenangkan dan bisa mengurangi stres. Kegiatan ini bisa menjadi selingan di tengah aktifitas anda yang padat dan melelahkan. Cara Bertanam Hidroponik Sederhana termasuk cara yang ramah terhadap lingkungan, karena selain tidak memerlukan air yang terlalu banyak juga tidak menggunakan semprotan dari bahan kimia. Anda pun bisa mendapatkan asupan berbagai vitamin serta mineral dari sayuran juga buah tanpa was-was akan bahaya dari bahan kimia.

Cara Bertanam Hidroponik Sederhana

Cara Bertanam Hidroponik Sederhana

Berikut adalah Cara Bertanam Hidroponik Sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah :

Cara paling sederhana dalam bercocok tanaman hidroponik yaitu dengan sistem wick. Metode ini mudah juga tidak mengeluarkan biaya yang banyak, karena menggunakan berbagai barang bekas yang mudah didapatkan di sekitar rumah anda. Salah satunya adalah botol plastik air mineral bekas, tentunya bahan ini sangat mudah dijumpai.

Langkah pertama Cara Bertanam Hidroponik Sederhana yakni menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain :

  • Botol plastik bekas, kira-kira untuk ukuran 1,5 liter hingga 2 liter.
  • Pelubang (anda bisa menggunakan solder).
  • Gunting atau pisau cutter untuk memotong.
  • Arang sekam atau pasir, cocopeat sebagai media untuk tanam.
  • Nutrisi hidroponik (pupuk hidroponik seperti Nutrisi Hidroponik AB Mix.
  • Kain untuk sumbu (sebaiknya gunakan kain flanel).

Penting Untuk DibacaBercocok Tanam Di Lahan Sempit

Langkah kedua

Botol yang sudah disiapkan mula-mula dipotong menjadi dua. Gunakan gunting atau cutter untuk memotongnya, botol bagian bawah lebih panjang beberapa cm ketimbang botol bagian atas. Dan botol bagian atas yaitu bagian leher dan botol bagian bawah dilubangi (salah satu bagian samping botol).

Langkah ketiga

Tutup botol dilubangi  dengan beberapa lubang kecil dan lubang terbesar berada di tengah menggunakan solder. Lubang ini akan dijadikan untuk memasukkan sumbu. Jadi, untuk lubang tengah dikira-kira saja diameter yang cukup untuk sumbu.

Langkah keempat

Masukkan kain flanel ke dalam tutup botol yang sudah dilubangi tadi. Jika tidak ada kain flanel, anda juga bisa menggunakan sumbu kompor sebagai media untuk menyerap air.

Langkah kelima

Botol bagian bawah diisi dengan air larutan nutrisi bagi tanaman. Kemudian masukkan botol bagian atas dengan posisi terbalik (mulut botol berada di di bawah).

Langkah keenam

Isi botol bagian atas dengan media tanam yang sudah disiapkan yaitu arang sekam juga cocopeat. Lalu masukkan bibit yang sudah siap ditanam ke media tanam, lakukan perlahan agar akar tidak rusak. Atau bisa juga dengan diberi 2 sampai 3 biji benih yang akan digunakan

Baca YukCara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan

Langkah ketujuh Cara Bertanam Hidroponik Sederhana

Simpan di tempat yang aman dari guyuran air hujan namun tetap bisa mendapatkan cahaya matahari. Anda bisa membuat rak yang memiliki tingkatan untuk meletakkan tanaman, sehingga anda bisa menanamnya dalam jumlah banyak. Bisa juga dilakukan dengan menggantungnya di tembok. Cara ini bisa diterapkan untuk membuat taman secara vertikal, sehingga lahan yang sempit pun bisa menghasilkan banyak tanaman. Selamat mencoba.