Cara Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

28972 views

Cara Bercocok Tanam Di Lahan Sempit - Memiliki lahan yang sempit terkadang menjadi masalah bagi anda yang menyukai aktifitas bercocok tanam. Anda akan merasa putus asa dengan keadaan tersebut dan memilih meninggalkan hobi anda itu. Namun, kini lahan yang sempit tak lagi bisa dijadikan sebagai alasan anda untuk tidak melakukan aktifitas bercocok tanam. Karena kini sudah banyak cara bercocok tanam di lahan sempit.

Yang terpenting anda memiliki niat untuk bercocok tanam dan memilih tanaman yang tepat. Hal yang perlu diperhatikan ketika anda menggunakan cara bercocok tanam di lahan sempit adalah dengan memilih tanaman yang hemat ruang dan tidak menjalar kemana-mana. Sekarang ini juga sudah banyak pohon cangkokan yang biasa tumbuh besar di halaman namun bisa ditanam di pot dan pohonnya lebih kecil.


Cara Bercocok Tanam Di Lahan Sempit


Cara Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

Cara Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

Jika sekarang anda sudah punya hasrat yang menggebu-gebu untuk memulai menanam sesuatu namun terbentur masalah lahan yang kurang luas, berikut adalah cara bercocok tanam di lahan sempit yang bisa anda coba :

  1. Membuat Kebun Ruang Vertikal

Iya, tentu saja hal tersebut bisa dilakukan. Siapa bilang bercocok tanam hanya dapat dilakukan dengan cara horizontal dan membutuhkan banyak lahan. Anda bisa menggunakan barang yang sudah tidak terpakai, seperti ember, tong sampah atau bahkan rak sepatu anda yang terbuat dari kain atau plastik, dan memberinya gantungan yang lebih kuat. Jangan lupa juga untuk memberinya lubang, lalu anda bisa menggantungnya dimana saja.

Anda bisa menggantungnya disamping tembok rumah. Anda tinggal mengisi kantung-kantungnya dengan tanah subur dan memberinya bibit tanaman. Anda juga bisa menggunakan paralon panjang yang sudah tidak terpakai dengan memberi lubang di setiap sisinya untuk tempat tanaman. Semuanya tergantung kreativitas anda.

  1. Dengan Menggunakan Metode Tambulampot

Cara bercocok tanam di lahan sempit yang berikutnya adalah dengan metode tambulampot, atau tanaman buah dalam pot. Seperti yang sudah disebutkan tadi, sekarang sudah banyak bibit tanaman buah yang sudah khusus untuk ditanam di dalam pot.

Media tanam yang paling cocok untuk menanam di dalam pot ini adalah kompos, tanah dan sekam, dengan perbandingan satu banding satu untuk setiap elemennya. Pot yang anda gunakan juga bebas terbuat dari bahan apa saja, mulai dari plastik, logam, tanah liat dan lain sebagainya. Pilihlah pot yang paling cocok dengan rumah anda. sehingga sekalian berfungsi sebagai aksen untuk mempercantik rumah anda. Baca juga = menanam sayuran dalam botol bekas

  1. Dengan Menggunakan Metode Hidroponik

Cara bercocok tanam di lahan sempit yang selanjutnya adalah dengan menggunakan metode hidroponik, alias tidak menggunakan media tanah, melainkan air. Metode ini sudah lumayan populer dan banyak dikembangkan oleh beberapa pembudidaya di Indonesia. Anda juga menggunakan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai di rumah anda menurut kreatifitas anda.

cara bercocok tanam di lahan yang sempit

cara bercocok tanam di lahan yang sempit dengan hidroponik

Yang perlu diperhatikan adalah air nutrisi yang anda berikan cukup untuk pertumbuhan tanaman anda. Selain itu metode hidroponik ini memiliki beberapa jenis yang dapat anda pilih sesuai dengan kemampuan dan kemauan anda. Cahaya juga merupakan faktor yang penting untuk metode menanam hidroponik ini, sehingga anda diharapkan dapat menempatkan tanaman anda di tempat yang tepat. Baca juga = macam macam media tanam hidroponik

Itulah beberapa cara bercocok tanam di lahan sempit yang sangat mungkin untuk anda praktekkan di rumah anda. Jadi tidak ada lagi alasan untuk malas bercocok tanam karena kekurangan lahan. Pemilihan tanaman yang cepat tumbuh juga dianjurkan agar anda cepat memanennya dan menanam tanaman baru lagi, dan anda tidak merasa bosan. Anda juga harus-harus memilih tempat untuk meletakkan tanaman anda, agar rumah anda tidak terlihat seperti kebun. Selamat mencoba.