Budidaya Tanaman Jagung Manis

23469 views

Budidaya tanaman jagung manis sangat menggiurkan ! Jika anda berjalan-jalan di pusat keramaian kota anda, seperti alun-alun contohnya, salah satu jajanan yang selalu tersedia adalah jagung bakar. Jajanan ini disukai oleh semua kalangan bukan hanya karena harganya yang terjangkau, namun juga karena rasa jagungnya yang manis nan lezat. Selain itu, jagung manis juga sering dijadikan jajanan lain, bahkan juga dijadikan sebagai kue dan yang lainnya. Banyaknya penggemar jagung manis ini membuat banyak orang yang tertarik untuk mencoba budidaya tanaman jagung manis sendiri.

Baca juga = tanaman buah yang menguntungkan


Budidaya Tanaman Jagung Manis


Jagung manis memiliki nama Latin Zea Mays Saccharata, dan merupakan salah satu jenis jagung yang paling banyak digemari. Namun, untuk anda para pelaku atau yang baru ingin melakukan budidaya tanaman jagung manis, yang perlu anda perhatikan adalah, jagung manis juga merupakan salah satu jenis yang jagung yang paling rentan terhadap serangan hama jahat. Jika dihitung dari nilai ekonomisnya, jagung manis merupakan jenis jagung yang paling menjanjikan keuntungan. Selain itu, jagung manis dapat hidup pada berbagai jenis iklim.

hasil budidaya tanaman jagung manis

Di Indonesia sendiri, jagung manis biasa hidup di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, mulai dari dataran rendah, sedang hingga tinggi. Namun pada negara atau benua lain, jagung bisa hidup bahkan pada ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut. Karena itulah budidaya tanaman jagung manis tidak rentan dari kegagalan, selama anda bisa menjaganya dari serangan hama dan penyakit. Suhu terbaik untuk pertumbuhan jagung manis adalah pada suhu 21 hingga 27 derajat Celcius, dan pada masa perkecambahan benih dapat hidup dengan baik pada suhu 23 hingga 27 derajat Celcius.

Untuk urusan keasaman tanah, jagung manis dapat hidup dengan baik pada tanah dengan pH keasaman 5 hingga 8. Jagung manis akan tumbuh dengan baik jika lahan yang digunakan mengandung banyak unsur hara, baik unsur hara mikro maupun makro. Unsur yang paling dibutuhkan untuk budidaya tanaman jagung manis adalah unsur nitrogen, namun tidak berarti anda serta merta memberikan pupuk nitrogen tanpa memikirkan takaran unsur lainnya. Pemberian pupuk yang benar harus memperhatikan kalium, nitrogen dan pospat dalam takaran yang tepat, agar jagung manis anda dapat tumbuh dengan maksimal.

budidaya tanaman jagung manis bonanza f1

Jika anda ingin melakukan budidaya tanaman jagung manis dengan cara organik, anda bisa menggunakan kotoran kambing atau kotoran sapi, dan juga kotoran ayam sebagai pupuk organik. Berikan kotoran sapi atau kambing dan kotoran ayam dengan perbandingan satu banding satu setiap elemennya. Ini agar kadar nitrogen pada pupuk ayam dapat terurai dengan baik dan maksimal. Pada kotoran sapi atau kambing juga memiliki kandungan penting lainnya yaitu berupa kalium dan fosfat.

Budidaya Tanaman Jagung Manis

Seperti budidaya tanaman pada umumnya, cara budidaya tanaman jagung manis juga dimulai dengan pembibitan, pengolahan lahan dan beberapa proses selanjutnya hingga dapat dipanen. Tak perlu lahan yang luas, ditanam di depan rumahpun juga bisa lho.

budidaya tanaman jagung manis sweet corn

Salah satu faktor penting yang membuat budidaya tanaman jagung manis akan selalu laris di pasaran adalah, kandungan baik dalam jagung manis itu sendiri. Seperti yang anda ketahui, jagung manis memiliki kandungan kalori yang tinggi, banyak serat dan juga beberapa senyawa kimia seperti flavonoid, beta karoten, xanthins dan lutein. Jagung manis juga mengandung banyak vitamin A dan vitamin B kompleks, vitamin C, thiamin, folat, protein, karbohidrat, magnesium, selenium, tembaga, energi, dan masih banyak kandungan zat baik lainnya.

Setelah anda mengetahui berbagai kelebihan dari jagung manis tersebut, apakah anda mulai tertarik untuk melakukan budidaya tanaman jagung manis? Jika anda akan mulai budidaya jagung manis, jangan pernah  bingung dengan teknik ataupun cara-cara bertanam yang mendetail. Pokoknya tanam saja bibitnya dan pelihara. Kalau gagal panen ya tidak apa-apa namanya juga belajar. Semoga berhasil dan sukses. Baca juga cara menanam kacang tanah dengan kapas.