Budidaya Tanaman Hias Kamboja

21728 views

Budidaya Tanaman Hias Kamboja itu sangatlah MUDAH - Kamboja merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer di Indonesia. Bentuk bunganya dan warna bunganya yang banyak banyak pilihan, membuat tanaman ini seperti tidak lekang dimakan jaman. Semakin ke sini, semakin banyak juga orang yang berusaha untuk melakukan budidaya tanaman hias kamboja ini, baik untuk koleksi sendiri maupun untuk dijual guna mendapat keuntungan.

(Baca juga >> jenis tanaman hias dalam ruangan)

Sebelum membahas budidaya tanaman hias kamboja, ada baiknya anda mengenal lebih jauh tanaman kamboja terlebih dahulu. Di Indonesia, pada awalnya bunga kamboja identik dengan tempat pemakaman. Namun semakin ke sini, kamboja sudah semakin dikenal sebagai tanaman hias. Ini karena bentuk bunga kamboja sangat cantik. Bunga kamboja juga memiliki beberapa jenis yaitu jenis Plumeria Bali - Whirl, Plumeria Acuminata, Plumeria Acutifola, Plumeria Kok Putih, Plumeria cenda dan masih banyak jenis yang lainnya.

Budidaya tanaman hias kamboja juga dilakukan karena ternyata kamboja memiliki manfaat secara medis. Manfaat kamboja ini antara lain untuk mengobati demam, meredakan rasa sakit dan nyeri, mengobati radang, mengurangi nyeri disaat datang bulan dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Untuk melakukan budidaya tanaman hias kamboja, tentu saja anda harus tahu cara untuk menanam kamboja. Cara menanamnya adalah dengan menyediakan media tanam dan tempat menanamnya terlebih dahulu, bisa berupa polybag untuk membuat bibit tanaman kamboja, setelah itu anda tinggal menanam bibit kamboja tersebut dengan langsung menanamnya pada tanah. Anda bisa menyertakan polybag dalam penanaman atau mengeluarkannya terlebih dahulu. Karena kamboja bisa tumbuh besar dan sangat lama, jika anda berniat untuk memeliharanya, anda harus memberinya jarak yang cukup dengan tanaman lain agar kamboja bisa tumbuh maksimal.

Selain itu, untuk melakukan budidaya tanaman hias kamboja, anda juga harus mengetahui cara merawat tanaman kamboja. Kamboja bukan jenis tanaman yang membutuhkan perawatan yang rumit, yang penting kamboja mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk terus tumbuh dan berkembang. Namun, kamboja juga mudah teserang hama dan penyakit, jadi anda bisa memberinya insektisida atau fungisida jika anda merasa perlu memberinya.


Budidaya Tanaman Hias Kamboja


Cara perkembangbiakan kamboja untuk melakukan budidaya tanaman hias kamboja juga beragam, beberapa diantaranya adalah :

  1. Dengan cara sambung

Cara ini merupakan cara yang populer untuk melakukan budidaya tanaman hias kamboja. Anda harus menyiapkan batang bawah berupa batang aslinya yang terlihat baik dan sehat untuk kemudian disambung dengan batang lain yang anda inginkan. Setelah anda menyambungnya anda harus mengikatnya dengan benar, dan membiarkannya hingga satu bulan sambil terus mengeceknya apakah sambungan anda berhasil atau tidak.

Cara ini merupakan cara yang paling banyak berhasil dan sering dipilih karena caranya yang mudah. Jika anda rasa sambungan sudah sudah menyatu dengan baik, lepaskan ikatan anda agar nutrisi bisa tersebar dengan sempurna pada batang baru yang baru saja berhasil anda buat.

cara budidaya tanaman hias bunga kamboja

cara budidaya tanaman kamboja dengan sambungan

  1. Dengan cara stek

Cara budidaya tanaman hias kamboja ini bisa dibilang lebih sulit dan lebih lama serta tingkat keberhasilannya lebih kecil jika dibandingkan dengan cara sambung. Caranya adalah dengan menentukan potongan batang yang akan di stek dan membersihkan daun disekitranya. Berikan zat perangsang pada potongan batang dan biarkan selama sehari semalam dan jaga agar selalu lembab. Jika anda berhasil beberapa waktu kemudian akan muncul akar dan batang baru.

Budidaya Tanaman Hias Kamboja

Budidaya Tanaman Hias Kamboja Dengan Stek Batang

  1. Dengan cara mencangkok

Mencangkok tanaman kamboja tidak berbeda dengan mencangkok pada tanaman lainnya. Cara budidaya tanaman hias kamboja ini juga lebih banyak berhasil jika dibandingkan dengan cara stek. Anda hanya perlu mengupas kulit dan membersihkan kambiumnya lalu menempelkannya media tanam dan menutupnya. Jika berhasil dua bulan kemudian akan terlihat akar dan siap untuk diindahkan.

budidaya tanaman hias kamboja jepang

Budidaya Kamboja Dengan Cangkok

Selamat mencoba budidaya tanaman hias kamboja di atas ya. Baca juga jenis tanaman hias outdoor tahan panas.